Alat Musik dari Barang Bekas

Alat musik dari barang bekas lebih kita kenali dengan sebutan alat musik perkusi yang dimana penggunaannya tidak terlalu sering kita temui dalam pementasan dan lebih sering digunakan disaat acara tertentu saja, mengapa? tentu karena memang alat musik kreatif dari barang bekas tidak bernada.


Bagaimana penggunaan alat musik dari barang bekas dan cara membuatnya? hal ini tentu sangat menarik bagi kita, terutama karena kita tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli peralatan yang mahal. Seperti misalnya beberapa contoh alat musik perkusi dari barang bekas di bawah ini:

  1. Drum
  2. Shaker
  3. Suling
  4. Xylofon
  5. Rainstick

Di Indonesia sendiri juga cukup banyak alat musik dari barang bekas yang bisa kita lihat tiap harinya disaat kita masih kecil dulu, misalnya menggunakan:

  1. Botol beling
  2. Botol plastik
  3. Pipa peralon
  4. Aqua gelas
  5. Ember logam
  6. Seng
  7. Galon air

Alat Musik dari Barang Bekas

alat musik dari barang bekas
Berbagai macam alat musik dari barang bekas

Sudah menjadi pengetahuan umum dimana keberadaan alat musik sudah dikenal sejak lama dengan fungsi yang bermacam-macam pula. Selain menggunakan bahan alami, ternyata ada juga beberapa alat musik dari barang bekas yang menggunakan barang rumah tangga sebagai bahan pembuatannya seperti menggunakan ember bekas menjadi Drum. Nah, berikut ini adalah beberapa alat musik dari barang bekas dan cara membuatnya.


Drum dari Barang Bekas

Drum Alat Musik dari Barang Bekas
Orang yang Memainkan Drum dari Ember Bekas

Untuk membuat barang ini, ada beberapa bahan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu, seperti:

  • Wadah
  • Balon
  • Plester
  • Sumpit

Pertama, carilah benda yang bisa dijadikan kerangka drum, maka dari itu saya menuliskan wadah. Pilihlah wadah yang memang kokoh dan layak digunakan sebagai kerangka drum, jangan menggunakan wadah yang berbahan kaca atau bahan rapuh lainnya.

Kedua, persiapkan balon dan sangat mungkin untuk membuang banyak balon saat pembuatannya karena nantinya balon akan ditarik-tarik sebagai bagian membran yang dipukul. Cari dan pilih balon yang kuat dan berukuran besar, ukuran balon dan bahan yang digunakan juga tergantung dari wadah kalian dan potong bagian balon sehingga dapat menutupi bagian wadah.

Ketiga, disinilah manfaat plester yang tadi sudah kalian persiapkan. Kalian bisa menggunakan selotip, double tip, plester luka, ataupun paku (bantuan orang dewasa) atau sekedar lem yang memang kuat untuk menahan bagian drum yang sudah direkatkan tadi. Cara membuat alat musik sederhana dari barang bekas ini sangat mudah dan bisa kalian lakukan di rumah.


Shaker dari Barang Bekas

Shaker dari Barang Bekas
Alat Musik Shaker yang Dibuat dari Barang Bekas

Apa itu shaker? shaker adalah alat musik semacam marakas, jadi kalian memainkannya dengan cara digoyang atau dikocok menggunakan tangan seperti namanya shake dan tips membuat alat musik dari barang bekas ini mungkin bermanfaat untuk kalian. Adapun beberapa bahan yang kalian perlukan, seperti:

  • Sebuah wadah bertutup
  • Beras kering, kacang, manik-manik, dll.
  • Plester
  • Cat atau stiker

Pertama, seperti membuat drum, kalian harus menentukan terlebih dahulu wadah yang digunakan untuk membuat shaker ini. Bisa dari kaleng kopi, kaleng minuman soda aluminium atau apapun. Wadah yang terbuat dari kayu juga menghasilkan suara yang baik, jadi jangan ragu untuk memilihnya, tetapi suara yang dihasilkan juga berbeda

Kedua, pilihlah bahan kecil yang nantinya kalian gunakan sebagai pengisi yang dikocok di dalam wadah. Bisa berupa berbagai macam, misalnya manik-manik atau batu, koin kecil, biji-bijian, pasir, dsb. Ingat jangan sampai wadah bocor atau jika bocor isinya bisa keluar atau bahkan suara jadi tidak asik.

Ketiga, Masukkan bahan pengisinya dan lalu tutup shaker dengan rapat-rapat. Rekatkan sisi dari shaker menggunakan plester agar tidak ada bahan pengisi yang jatuh. Kalian juga bisa menghias alat musik dari barang bekas ini agar terlihat lebih enak dipandang mata.


Suling dari Bahan Bekas

Untuk membuat sebuah suling dari barang bekas tentunya memerlukan sedikit keahlian dalam mengolah benda di sekitar kita. Di bawah ini akan saya berikan sebuah contoh suling yang bisa dibuat dari bahan botol kaca atau potongan kayu yang dilubangi. Beberapa barang yang nantinya kalian perlukan dalam pembuatannya, antara lain:

  • Botol kaca
  • Pemotong kaca
  • Pelindung mata

Selain menggunakan botol kaca, teman-teman juga bisa menggunakan potongan kayu yang besar namun akan sedikit sulit membentuknya seperti suling. Jadi saya contohkan bahan dari botol kaca.

Pertama, siapkan wadah yang akan dijadikan suling. Meskipun teman-teman yakin dengan cara membuat alat musik sederhana dari barang bekas ini bisa kalian lakukan sendiri, ada baiknya meminta bantuan orang yang ahli. Pilihlah botol yang memiliki leher kurus agar cocok dan mudah saat digunakan

Kedua, buatlah sebuah lubang berukuran sebesar ibu jari pada bagian bawah botol. Lebih mudah jika kalian memiliki alat potong semacam bor. Ingat, jaga mata kalian karena yang kalian lubangi adalah kaca dan sangat berbahaya jikalau ada pecahan kecil yang masuk ke mata.

Terakhir, kalian bisa mencoba dengan meniup melalui lubang yang ada pada botol. Posisikan bibir senyaman mungkin dan kalian bisa mengubah nadanya dengan cara menaikkan dan menundukkan kepala seraya meniup botol tersebut. Jika kalian ingin mencoba beberapa tips membuat alat musik dari barang bekas dari saya, buatlah lubang lain pada botol tersebut sehingga kalian memiliki nada yang lebih.


Xylofon dari Barang Bekas

Mungkin ada beberapa teman-teman pembaca yang belum mengetahui apa itu Xylofon. Xilofon sebenarnya merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan diyakini berasal dari Slowakia. Xylofon termasuk alat musik perkusi yang sering digunakan pada beberapa pementasan musik.

Xylofon dari Barang Bekas
Orang yang Sedang Memainkan Xylofon dari Gelas

Untuk membuat alat musik perkusi dari barang bekas ini, ada beberapa bahan yang kita butuhkan dan tentunya bahan kayu kita ganti dengan yang lebih mudah didapatkan yakni botol.

  • 5 buah botol air berukuran 0,6 liter dengan dasar yang rata
  • Gelas ukur
  • Air putih
  • Sendok

Pertama kita membutuhkan botol yang dasarnya rata, mengapa? agar air yang terdapat di dalam botol terukur dengan akurat. Pilihlah botol yang bermulut lebar agar mudah dimasuki air, teman-teman juga bisa menggunakan toples atau tremos kecil.

Kedua, Isilah botol yang sudah kita siapkan barusan dengan air jernih dan tambahkan sedikit demi sedikit namun terukur dengan akurat. Untuk besarannya mungkin teman-teman bisa eksperimen nantinya, tapi sekarang ada baiknya untuk menggunakan gelas ukur lalu, isi botol dengan urutan sebagai berikut:

  • Botol 1: 0,56 liter yang akan menghasilkan nada F.
  • Botol 2: 0,38 liter yang akan menghasilkan nada G.
  • Botol 3: 0,33 liter yang akan menghasilkan nada A.
  • Botol 4: 0,24 liter yang akan menghasilkan nada C.
  • Botol 5: 0,18 liter yang akan menghasilkan nada D.

Bagaimana cara memainkan alat musik xylofon ini? mudah saja, gunakan sendok yang sudah kita siapkan tadi. Ketuk sendok pada bagian atas botol untuk menghasilkan bunyi yang berbagai nada. Jangan lupa untuk berlatih dan ingat, jangan sampai tumpah.

Tips Membuat Alat Musik dari Barang Bekas

Untuk pembuatan drum, teman teman bisa mengganti wadahnya dengan ember yang diwarnai kemudian tutupi ember dengan cat tembus pandang agar terlihat mengkilap. Lakukan dengan ember lainnya dan ikatkan menjadi satu. Setelah kering dan selesai, kalian memiliki set drum versi murah pribadi.

Untuk pembuatan rainstick tidak saya sertakan disini karena sepertinya sedikit berbahaya pada bahan yang digunakan. Untuk membuat rainstick kalian memerlukan paku dengan jumlah yang banyak, untuk pembuatannya mungkin teman-teman bisa membacanya via sumber artikel ini, yaitu WikiHow.

Demikian artikel tentang alat musik dari barang bekas dari alatmusikindonesia.com, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman untuk semakin meningkatkan imajinasinya, sekian dan terimakasih.