Alat Musik Perkusi

Alat musik perkusi – Instrumen musik perkusi atau beberapa orang menyebutnya juga instrumen musik perkusi, merupakan pengertian dasar dari makna bahwa setiap benda yang dapat menghasilkan suara karena dipukul, digosok, diadukan, dipukul, ditiup dan lainnya dan membuat mengeluarkan suara/getaran disebut alat musik.

Istilah instrumen perkusi itu sendiri biasanya digunakan pada sebuah benda-benda yang memang sengaja digunakan sebagai alat tambahan yang dianggap sebagai pengiring dalam permainan musik. Tak jarang musik perkusi juga dapat menambah keramaian sebuah pentas seni musik.

Alat Musik Perkusi

Alat musik keluarga perkusi adalah alat musik yang berasal dari benda yang dapat menghasilkan suara dengan cara baik dipukul, digesek, diadukan, atau sekedar digoyang baik dengan tangan kosong atau-pun alat bantu.

alat musik perkusi
Gambar beberapa alat musik perkusi

Jenis alat musik perkusi cukup beragam karena memang diyakini bahwa usia dari “musik perkusi” yang sudah ada sejak sangat lama.

Pengertian alat musik perkusi

Alat musik perkusi merupakan sebuah instrumen yang telah dikategorikan ke dalam beberapa macam kriteria, namun tergantung juga pada konstruksi nya apakah itu sebagai tradisi/adat atau fungsinya dalam sebuah orkes.

Ciri alat musik perkusi

  1. Alat perkusi biasanya hanya berperan sebagai pelengkap dari instrumen musik
  2. Alat perkusi ada yang bernada ada yang tidak bernada
  3. Tersusun lebih dari 1 atau 2 alat musik yang dimainkan bersamaan
  4. Susunan perkusi dari barang bekas lagu daerah sebagai pengiringnya
  5. Barang apapun bisa dijadikan perkusi (sapu, pot bunga, botol galon)

Instrumen musik perkusi juga terkadang dikategorikan sebagai instrumen yang berintonasi atau instrumen tak berintonasi mudahnya alat musik perkusi bernada atau tak bernada. Meskipun demikian. Menurut sumber, dikatakan bahwa klasifikasi secara luas terlihat kurang tepat karena pengertian musik perkusi cukup rumit.

Sejarah musik perkusi

Ahli sejarah atau sejarawan biasanya berpendapat bahwa instrumen musik perkusi hanya sebatas alat bantu bermain musik yang pernah diciptakan. Sementara itu, peran aktifnya merupakan suara manusia itu sendiri, contoh alatnya seperti:

  1. Tangan
  2. Kaki
  3. Tongkat
  4. Batang Kayu
  5. Batu
  6. Daun yang ditiup

Merupakan contoh beberapa kumpulan alat perkusi sederhana yang pernah ada dan menjadi akar dari evolusi dunia musik.

Baca juga: alat musik membranofon

Seiring perkembangnya zaman dan penemuan beberapa perkakas yang digunakan masyarakat berburu, bercocok tanam dan teknologi lainnya, membuat manusia juga akhirnya menemukan perkembangan instrumen yang lebih baik dan kompleks. Contoh, sebuah batang kayu yang akhirnya digunakan sebagai alat pemukul gendang.

Alat musik perkusi dari barang bekas

Membuat alat musik perkusi tradisional tidaklah sesuatu yang sulit, bahkan barang disekitar rumah atau bahkan sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk dijadikan alat perkusi, alat musik dari barang bekas juga bisa dikategorikan kedalam keluarga musik perkusi, seperti:

Contoh alat musik perkusi dari barang bekas

  1. Bebatuan
  2. Botol bekas
  3. Botol galon
  4. Botol sirup
  5. Kaleng minuman
  6. Kayu
  7. Pipa besi
  8. Pot bunga
  9. Roda sepeda
  10. Sapu
  11. Tas plastik
  12. Tong

Jika tidak ada barang yang disebutkan di atas, jangan khawatir karena barang apapun itu bisa dijadikan kategori perkusi jika dapat menghasilkan suara atau getaran kecil jika dipukul, digoyang baik menggunakan tangan atau alat bantu lainnya. Cara memainkan alat musik ini juga bisa beragam tergantung dari suara yang dihasilkannya.

Baca juga: alat musik dari barang bekas

Demikian informasi dalam artikel tentang alat musik perkusi dan penjelasannya, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Tentunya dengan membaca sedikit tentang kebudayaan bangsa dapat menambah rasa cinta kita akan kekayaan Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat & terimakasih.