Alat Musik Tradisional Bengkulu

Alat musik tradisional Bengkulu – Bengkulu adalah sebuah Provinsi sekaligus nama dari Ibukota Provinsi itu sendiri seperti halnya pada Provinsi Jambi. Pada zaman dulunya, terdapat beberapa kerajaan yang berdiri diatas tanah ini sehingga tentunya cukup banyak peninggalan yang bisa kita pelajari di Provinsi Bengkulu.

Selain kerajaan, Bengkulu juga terkenal dengan kerajinan tradisionalnya yakni Batik yang dihiasi dengan huruf-huruf Arab gundul yang telah diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia, batik tersebut bernama Batik Besurek.

Benkulu juga menyimpan kebudayaan yang memiliki ciri berbeda kebudayaan tersebut dipengaruhi oleh suku yang bermacam-macam, seperti suku Rejang, Serawai dan Lembak.

Alat musik tradisional Bengkulu
Kumpulan alat musik tradisional Bengkulu

Tak sampai disitu saja, karena saya akan mencoba sedikit menambahkan mengenai alat-alat musik tradisional Bengkulu yang sangat disayangkan jika terlewatkan. Salah satu kesenian yang terkenal dalam bidang ini adalah alat musik tradisional Bengkulu Doli.

Alat Musik Tradisional Bengkulu

Selain wisata alam Pantai Pasir Putih, Bengkulu memiliki kisah sejarah yang cukup menarik untuk didengar. Sebuah kisah menjelaskan tentang Bengkulu pada masa penjajahan selain artefak kuno-nya, adalah tempat Bung Karno dulu diasingkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Jika anda berencana untuk pergi ke kota ini, bawalah batik besureknya yang memiliki pola yang khas Rafflessia arnoldi atau makanan khas daerah tersebut. Jika anda tertarik bawalah sebuah alat musik tradisional yang bisa menemani waktu luang anda.

Baca juga:

Berikut daftar nama alat musik tradisional Bengkulu dan penjelasannya:

Dol / Doli – Doli

Alat musik tradisional dari Bengkulu ini bernama Dol. Sebuah alat musik tradisional yang memiliki sejarah cukup sakral dan dimainkan dengan cara dipukul. Pada zaman dulu, Dol merupakan alat musik tradisional yang dimainkan hanya pada saat perayaan Tabot, dalam rangka mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW.

Alat musik tradisional Bengkulu Dol
Gambar alat musik tradisional Doli – Doli / Dol

Orang yang memainkan Dol (penabuh) juga bukanlah orang yang sembarangan melainkan keturunan dari Tabot itu sendiri, seorang warga Bengkulu yang memiliki darah keturunan India (mereka menyebutnya Sipai).

Cara memainkan Dol

Dol memiliki 3 buah teknik dasar yang hingga sekarang bisa kita pelajari, yakni: Suwena, Tamatam, dan Suawri yang penggunaannya tergantung dari keperluannya. Suwena digunakan ketika suasana sedang berduka cita, Tamatam saat suasana sedang riang gembira dan Suwari untuk penyemangat.

Baca juga: cara memainkan lesung

Ritme, tempo yang konstan dan lambat juga mempengaruhi performa dari permarinan Dol di Bengkulu. Dalam sebuah pementasan Dol, digunakan pula alat musik lain yang digunakan untuk mengiringi seperti Tassa, serunai dan lainnya.[src]

Rebana Kerincing / Tassa / Tasa

Nama asli dari alat musik tradisional ini adalah Tasa / Tassa, namun beberapa golongan menyebutnya alat musik rebana kerincing. Alat musik ini terbuat dari logam seperti tembaga, besi atau aluminium dan nanti permukaannya ditutupi dengan kulit binatang yang telah dikeringkan (umumnya kambing).

Alat musik tradisional Bengkulu Rebana Kerincing
Gambar alat musik tradisional Rebana Kerincing

Baca juga: cara memainkan rebana

Sesuai namanya, alat musik ini memang berbentuk seperti rebana, dan dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional Bengkulu lainnya.

Redap

Radap adalah alat musik tradisional Bengkulu yang terbuat dari bahan seperti gendang yakni kayu, rotan dan kulit binatang. Redap juga memiliki bentuk seperti rebana dan termasuk alat musik yang cukup lama karena keberadaannya lebih dulu ada dibandingkan alat musik Dol.

Alat musik tradisional Bengkulu Redap
Gambar alat musik tradisional Redap

Baca juga: cara memainkan rebab

Redap dimainkan dengan cara dipukul pada bagian kulit binatangnya,alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi acara-acara daerah seperti kesenian Safaral Anam yang nantinya Redap akan dikolaborasikan dengan Serunai dan Gendang Panjang.

Gendang Panjang

Gendang Panjang terbuat dari kayu dan kulit binatang, seperti gendang pada umumnya rotan juga termasuk dalam bahan pembuatannya. Gendang panjang berbentuk silindris dengan kepala ganda (bagian yang dipukul).

Alat musik tradisional Bengkulu Gendang Panjang
Gambar alat musik tradisional Gendang Panjang

Gandang panjang juga termasuk kedalam instrumen yang dibunyikan menggunakan telapak tangan untuk mengatur ritme dan irama yang dihasilkan. Teknik pemukulan yang dilakukan pemain juga menentukan bagus atau tidaknya irama yang dihasilkan dari Gendang Panjang ini.

Baca juga: cara memainkan gendang

Gendang Panjang biasanya dipadukan dengan alat musik tradisional Bengkulu lainnya pada saat acara adat, seperti pernikahan atau penyambutan tamu penting yang datang. Kesulitannya juga bertambah ketika anda harus mengetahui bahwa Gendang ini memiliki 2 sisi yang ukurannya berbeda.

Harmonium

Harmonium adalah sebuah alat musik yang terbuat dari logam, kayu, kulit dan kawat. Alat musik ini berbentuk seperti orgel kecil dan untuk memainkannya, anda cukup menekan tombol yang akan bergetar karena angin terpompa

Baca juga: cara memainkan harmonika

Harmonium merupakan bagian dari kesenian orkese gambus dan biasanya dimainkan dengan alat musik rebab dan biola.[src]

Kulintang / Kolintang

Kulintang Bengkulu merupakan alat musik tradisional yang bentuknya sama seperti Kolintang, yakni barisan gong-gong kecil yang tersusun rapi mendatar dalam sebuah wadah yang terbuat dari Kayu. Kulintang biasanya dimainkan bersamaan dengan gong dan alat musik modern.

Alat musik tradisional Bengkulu Kolintang
Gambar alat musik tradisional Kulintang / Kolintang

Tempat alat musik ini terbuat dari kayu yang kuat dan ringan sehingga mampu menghasilkan suara yang indah. Nama alat musik tradisional Bengkulu yang satu ini juga mirip dengan Kolintang yang ada pada gamelan jawa

Baca juga: cara memainkan kenong

Perkembangan zaman memang membuat semuanya menjadi lebih mudah, terlebih dari bagian seni yang sekarang penggunaannya bisa digantikan dengan perangkat elektronik atau bahkan menggunakan komputer untuk membuat suara.

Begitulah sedikit informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber mengenai alat musik tradisional Provinsi Bengkulu dan semoga dapat membantu anda dalam mempelajari budaya lokal Bengkulu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog tentang alat musik tradisional milik saya untuk informasi lebih banyak tentang kesenian musik daerah