Alat Musik Tradisional Makassar

Alat Musik Tradisional Makassar – Kebanyakan dari alat musik ini dimainkan dalam setiap acara, baik itu pesta perkawinan, khitan maupun pesta rakyat, di kalangan masyarakat Bugis – Makassar, Terutama di kawasan/daerah Gowa, Takalar , Jeneponto , Bantaeng dan sebahagian Maros dan Pagkep[src].

Alat musik tradisional Makassar
Kumpulan alat musik tradisional Makassar

Khusus untuk Kecapi dapat dimainkan satu orang maupun berdua/berduet, dengan peralatan yaitu berupa, Kecapi yang memiliki tali Gitar dua sampai tiga, hanya saja para pemainnya sudah mulai sepuh, dan ini perlu dilestarikan karena tanpa proses regenerasi kesenian ini akan punah ditelan waktu.

Alat Musik Tradisional Makassar

Makassar adalah sebuah daerah yang terdapat di sebuah daerah di Indonesia, tepatnya di Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari sisi pembangunan dan dari segi infrastruktur, kota Makassar ini menjadi salah satu kota yang besar dan modern di Indonesia.

Baca juga:

Berikut daftar nama alat musik tradisional Makassar beserta gambar dan penjelasannya:

1. Batti

Alat musik tradisional Makassar Batti
Gambar alat musik tradisional Batti

Batti adalah salah satu nama alat musik tradisional Makassar Musik yang mempergunakan alat sejenis Gambus. Biasanya di pertunjukan pada pesta perkawinan dan sunatan atau acara-acara lain yang merupakan pesta kegembiraan. Jenis musik ini berasal dari daerah Selayar.

2. Kecapi Bugis

Kecapi adalah merupakan salah satu alat musik tradisional petik yang mungkin cara memainkan alat musik ini sedikit sulit untuk dipelajari dibanding dengan alat musik lainnya di atas.

Baca juga: alat musik tradisional yang dipetik

Biasanya alat musik ini diperuntukkan sebagai alat untuk memperkaya dari gabungan suara yang dihasilkan dari dalam musik-musik tradisional. Kecapi memiliki beberapa senar yang dipetik agar mengeluarkan bunyi

3. Kesok – Kesok

Salah alat musik tradisional dari Makassar yang terkenal adalah alat musik tradisional yang digesek berdawai dua. yaitu alat penggeseknya terbuat dari bulu kuda. Cara menggeseknya ialah dengan menegakkan kesok-kesok tersebut, lalu di gesek. Sinrilik merupakan jenis sastra lisan yang masih hidup di masyarakat Makassar.

Alat musik tradisional Makassar Keso Keso
Gambar alat musik tradisional Keso Keso

Sinrilik biasanya menceritakan tentang perjalanan sejarah, petuah dan kisah tokoh-tokoh penting yang masih hidup dalam masyarakat. Pembacaan syair puisi biasanya dilakukan sambil diikuti oleh kesok-kesok (rebab) dengan irama tertentu yang spesifik.

4. Orkes Turiolo

Alat musik tradisional Makassar Orkes Turiolo
Gambar alat musik tradisional Turiolo

Musik ini adalah gabungan yang terdiri dari beberapa instrumen musik yang berada di daerah Makassar dengan mempersembahkan beberapa lagu asli atau turiolo yang berasal dari daerah Makassar yang menghantarkan kita pda zaman alam di Sulawesi Selatan.

5. Suling Bugis

Alat musik tradisional Makassar Suling Bugis
Gambar alat musik tradisional Suling

Suling bugis adalah alat musik tradisional bugis Makassar. Alat musik ini terdiri dari 3 jenis yaitu

  • Suling panjang (suling lampe), memiliki 5 lubang nada. Suling jenis ini telah punah.
  • Suling calabai (Suling ponco), sering dipadukan dengan piola (biola) kecapi dan dimainkan bersama penyanyi
  • Suling dupa samping (Musik bambu), Musik bambu masih terplihara di daerah kecamatan lembang. biasanya digunakan pada saat acara karnaval (baris-berbaris) atau acara penjemputan tamu berlangsung.

Baca juga: alat musik tradisional yang ditiup

6. Tunrung Pakkanjara

Merupakan perpaduan irama beberapa bunyi nyanyian klasik (karawitan) terdiri dari gendang, pui-pui dan gong. Irama gendang ini ditabuh sedemikian rupa hingga menimbulkan bunyi yang menggebu-gebu diiringi tiupan pui-pui.

Alat musik tradisional Makassar Tunrung Pakkanjara
Gambar alat musik tradisional Tunrung Pakkanjara

Pui-pui adalah alat musik tradisional suku Makassar yang tepatnya berada di daerah Gowa yang mengeluarkan suara melengking memekakan telinga.

Baca juga: alat musik tradisional yang dipukul

Dengan adanya artikel ini, semoga pandangan kalian dapat terbuka dan semakin menambah wawasan dalam mengenal sedikit demi sedikit alat musik tradisional yang di buat di daerah Makassar dan juga berguna untuk kalian. Artikel ini juga sudah pernah saya bahas dalam artikel saya yang berjudul alat musik tradisional Sulawesi Selatan.