Alat Musik Tradisional Padang

Di dalam artikel ini teman-teman pembaca akan membaca artikel tentang nama-nama alat musik tradisional Padang yang menjadi daya tarik pendatang, serta kearifan lokal yang seharusnya kita lestarikan.

Padang, merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat yang meliputi hampir sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera. Mayoritas penduduk yang bermukim di Sumatera Barat merupakan etnis atau suku Minangkabau asli.

Kesenian di Kota Padang

Beberapa literatur juga banyak menghubungkan alat musik tradisional dari Padang mirip dengan alat musik tradisional Minangkabau, karena memang Suku inilah yang mendominasi Provinsi Sumatera Barat.

Selain Minang ada juga suku Batak dan Mandailing, sebagian dari masyarakat memang memiliki darah keturunan asli dan besar disana, sebagian lainnya merupakan pendatang yang menetap, beberapa kesenian Padang, seperti:

  • Alat musik tradisional seperti Bansi, Saluang dan akan dibahas sisanya
  • Tarian tradisional seperti tari Piring, tari Payung dan tari Indang
  • Lagu tradisional seperti kambanglah bungo, barek solok.
  • Perayaan adat seperti upacara karek pusek.
  • Rumah Gadang, salah satu contoh rumah adat Padang

Tapi fokus pembahasan di artikel ini adalah tentang alat musik Padang, dan selengkapnya teman-teman bisa melanjutkan membacanya di bawah.

Alat Musik Tradisional Padang

Instrumen musik Padang terkenal dengan suara yang khas Melayu Minang. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan dengan musik Melayu, selain musik ada juga tarian yang merupakan salah satu bentuk perpaduan berbagai etnis, yaitu tari Balanse Madam.

alat musik tradisional padang
Kumpulan alat musik tradisional dari Padang

Adapun beberapa nama alat musik tradisional Padang, adalah:

  • Bansi
  • Pupuik Batang Padi
  • Pupuik Tanduak
  • Rabab
  • Saluang
  • Serunai
  • Tabuik / Gendang Tabuik
  • Talempong
  • Tambua

Di daerah Padang tersimpan banyak jenis alat musik, mulai dari melodis, ritmis, perkusi, hingga alat musik membranofon (menghasilkan suara dengan memukul selaput) hadir di sini.

Mungkin saja masih ada alat musik yang tidak kami ketahui dan jika nanti informasinya valid, tentu akan dimasukkan ke dalam sini.

Alat Musik Bansi

Bansi dikenal sebagai alat musik tradisional yang ditiup dari Padang, Sumatera Barat yang mampu mengiringi berbagai instrumen tradisional lokal. Alat musik tradisional Padang ini kerap mengisi telinga pendengar yang datang pertunjukan daerah.

Bansi termasuk alat musik yang paling banyak digemari untuk dipelajari, alat musik ini juga termasuk kebudayaan Minangkabau. Bansi sangat mudah dikenali dari ciri khasnya yang memiliki 7 buah lubang.

alat musik tradisional bansi
Gambar alat musik tradisional Bansi

Alat musik tradisional tiup ini juga tidak terlalu panjang, sehingga tak masalah jika teman-teman yang ingin mempelajarinya memiliki jari tangan yang pendek. Bansi juga dikenal dengan panggilan Seruling Minang atau Seruling Minangkabau.

Seperti seruling lainnya, Bansi baru akan mengeluarkan suara ketika ditiup dan beberapa lubangnya ditutupi dengan jari tangan. Semakin ahli seorang pemain, semakin indah juga melodi yang dimainkan.

alat musik bansi
Gambar alat musik Bansi

Bansi biasanya dimainkan bersama dengan alat musik Saluang, bisa teman-teman baca dalam artikel cara memainkan alat musik Saluang. Biasanya acara seperti pertunjukan musik, acara adat, tarian tradisional, juga menggunakan Bansi sebagai pengiringnya.

Alat Musik Pupuik Batang Padi

Namanya hampir sama dengan Pupuik Tanduak, namun alat musik tradisional Padang. Alat musik ini berbentuk seperti tanduk namun bahannya bukanlah tanduk. Seperti namanya, alat musik ini memiliki ukuran kecil dan besar tergantung penggunaannya

Di beberapa kesempatan seperti ketika petani selesai bekerja di sawah, pupuik batang padi dimainkan untuk mengisi waktu dan ketika event acara adat, ada juga yang berukuran besar dengan bentuk seperti tanduk.

Pupuik batang padi juga merupakan salah satu alat musik tradisional yang ditiup asli Indonesia loh.

alat musik tradisional pupuik batang padi
Gambar alat musik tradisional pupuik batang padi

Untuk dapat menghasilkan irama yang bagus, pemain harus memahami teknik permainan dan mengenal nada yang akan ia mainkan. Meskipun alat musik ini terlihat biasa dan hanya iseng-iseng, ternyata pupuik batang padi merupakan alat musik tradisional Padang yang menarik.

Dalam acara ritual tertentu bahkan pupuik batang padi merupakan salah satu alat musik yang penting, seperti di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pupuik batang padi dibuat dari batang padi yang sudah dipotong dan diberikan beberapa lubang.

alat musik pupuik batang padi
Gambar alat musik pupuik batang padi

Alat musik pupuik batang padi menghasilkan suara yang tidak terlalu kencang, sederhana dan mungkin kurang cocok di telinga yang baru mendengarnya.

Alat Musik Pupuik Tanduak

Pupuik Tanduak, salah satu alat musik tradisional Padang yang terbuat dari tanduk hewan (kerbau). Masyarakat etnis Minang/Minangkabau meyakini bahwa setiap bagian dari hewan kerbau memiliki fungsi yang bermanfaat selain dagingnya.car

Salah satu bagian yang dimanfaatkan ialah tanduknya. Selain tanduk, bagian lain seperti kulit, ekor, tengkorak kepala juga diolah, baik itu menjadi hiasan atau menjadi barang keperluan sehari-hari.

alat musik tradisional padang pupuik tanduak
Gambar alat musik tradisional pupuik tanduak

Pupuik Tanduak merupakan salah satu hasil dari pemanfaatan Tanduk kerbau menjadi alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Jika dilihat dari nada yang dihasilkan, mungkin ini adalah sejenis alat musik perkusi

Dalam memainkannya, Pupuik Tanduak bisa ditiup langsung lewat lubang peniupnya atau ditambahkan modifikasi semacam kayu yang berlubang seperti Suling, sehingga pemain dapat mengatur nada yang dihasilkan

Alat Musik Rabab

Rabab adalah alat musik tradisional Padang atau bisa dikatakan Minang yang menghasilkan suara sendu dan seakan merubah suasana menjadi serius. Alat musik Rabab berbentuk seperti layaknya alat musik tradisional yang digesek seperti Rebab atau yang modern seperti Biola.

Rabab biasanya hanya memiliki 2 buah senar yang dimainkan dengan menggunakan alat gesek. Teknik menggeseknya tidak sembarangan dan membutuhkan teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu. Cara memainkannya hampir sama seperti cara memainkan alat musik Rebab.

Rabab adalah salah satu alat musik tradisional yang digesek dan alat geseknya juga dibuat khusus, sehingga jika sembarangan buat suaranya akan berbeda dengan tujuan pembuatannya

alat musik tradisional padang rabab
Gambar alat musik tradisional Rabab

Rabab sangat cocok dimainkan sendiri dan juga cocok dimainkan dalam sebuah pementasan musik. Rabab merupakan salah satu alat musik gesek Minangkabau yang berkembang di pariaman, SumBar.

Rabab Galuak adalah salah satu rabab khas Pariaman yang masih dimainkan. Leher alat musik yang panjang dan bentuk tubuh bundar yang kecil membuat alat musik ini mudah untuk dipegang, namun tidak terlalu mudah dimainkan.

Alat Musik Saluang

Saluang adalah salah satu alat musik tradisional Padang yang sering dimainkan bersama dengan Bansi. Keduanya merupakan alat musik tiup yang sangat cocok mengiringi, baik itu musik tradisional ataupun modern.

Saluang berbentuk seperti Seruling tradisional dengan ukuran yang lebih panjang dari Bansi. Ukurannya berkisar antara 40 hingga 60 cm dengan garis tengah 3 – 4 cm, kita langsung bisa mengenalinya ketika dimainkan bersama Bansi.

alat musik tradisional saluang
Gambar alat musik tradisional Saluang

Suara yang dihasilkan dari alat musik Saluang terdengar merdu dan menurut saya pribadi sedikit bernuansa mistis (hanya opini). Saluang biasanya digunakan juga untuk mengiringi nyanyian daerah, bahkan mungkin kalian pernah mendengar namun tidak tahu namanya.

Alat musik ini terbuat dari bambu dengan ukuran lebih panjang dibanding Bansi, suara yang dihasilkan Saluang berbeda jauh dengan suling biasa, karena itulah Saluang juga memiliki nilai budaya yang tinggi.

alat musik saluang
Gambar alat musik Saluang

Teknik memainkan Saluang juga tergantung dari pemainnya, bahkan ada teknik memainkan “tanpa mengambil nafas” dalam artian sang pemain menarik dan meniup udara sambil memainkan Saluang.

Saluang berbentuk seperti Suling, pada bagian atasnya diserut hingga membentuk sudut 45o. Kemudian dilubangi pada bagian atasnya, suara yang dihasilkan Saluang mampu mengembalikan nostalgia akan kampung halaman.

Alat Musik Serunai

Serunai adalah alat musik tradisional Padang. Penyebarannya diyakini berasal dari penduduk India yang datang ke Indonesia, alat musik ini dimainkan pada acara adat yang ramai.

Dalam permainannya, Serunai seakan tak ada aturan khusus baik dari segi teknik maupun cara memainkan alat musik Serunai itu sendiri yang padahal tentu ada tata caranya. Alat musik ini memiliki nama lain, yaitu Puput dan Shehnai.

alat musik tradisional serunai
Gambar alat musik Serunai

Serunai dapat dimainkan sendirian ataupun berkelompok, Serunai juga dimainkan oleh para petani ketika mereka beristirahat di sawah, tapi itu dulu dan mungkin menjadi momen langka untuk era modern.

Serunai juga populer untuk dimainkan sebagai pengiring pencak silat daerah, pengisi acara pernikahan dan kolaborasi dengan alat musik tradisional Minang lainnya. Tak sedikit pula kolektor yang ingin memiliki Serunai Minang.

alat musik serunai
Gambar alat musik tradisional Serunai

Di sisi lain, Serunai Minang tidak hanya sekedar Suling biasa, nada yang dihasilkan telah diatur sedemikian rupa oleh pembuatnya, bahan pembuatannya juga tidak cuma kayu dan bisa terbuat dari Bambu.

Untuk mengatur suaranya, lubang yang dibuat juga sudah diukur. Biasanya bambu yang digunakan terbuat dari bambu talang atau tanaman yang kayunya keras di luar namun tidak terlalu keras di dalam agar mudah dilubangi.

Alat Musik Tabuik / Gendang Tabuik

Tabuik atau Gendang Tabuik adalah salah satu alat musik tradisional yang dipukul asal Padang, Sumatera Barat yang memiliki ukuran besar dan suara yang dihasilkan keras. Gendang ini dimainkan bersamaan dengan alat musik lain.

Gendang ini juga merupakan salah satu unsur kebudayaan akulturasi dari budaya Indonesia dan India yang diawali dengan orang India yang datang ke Bengkulu pada zaman dahulu dan sempat jauh ke tangan Belanda.

alat musik tradisional gendang tabuik
Gambar alat musik tradisional Gendang Tabuik

Dalam beberapa acara khusus seperti Oyak Tabuik (acara adat daerah Sumatera Barat), alat musik ini dimainkan sebagai alat musik yang sakral. Gendang Tabuik merupakan salah satu kebudayaan Minang yang tetap dilestarikan.

Gendang Tabuik tidak memiliki nada jelas karena penggunaannya yang juga sebagai alat musik perkusi. Meski begitu alat musik ini juga masih bisa ditemukan jika kita mencarinya di Internet. Cara memainkan tabuik sama dengan cara memainkan alat musik Gendang lainnya.

Saat ini kita mungkin masih bisa melihat permainannya di daerah Maninjau atau juga Pariaman. Jika anda beruntung, alat musik Tabuik ini juga digunakan pada upacara ritual di daerah tersebut.

Alat Musik Talempong

Talempong adalah alat musik tradisional Padang yang khas dengan nuansa musik Minangnya. Talempong mirip dengan Bonang, alat musik penyusun instrumen Gamelan (Jawa) dan talempong juga dikenal sebagai salah satu alat musik tradisional Sumatera Barat atau Padang.

Bahan dasar pembuatannya berasal dari logam kuningan, namun untuk meja tempat penyusunya terbuat dari kayu yang diukir. Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian seperti Tari Piring, pengisi pertunjukan dan penyambutan tamu.

alat musik tradisional talempong
Gambar alat musik talempong

Cara memainkan alat musik talempong adalah dengan dipukul pada bagian yang menonjol di tengahnya. Bagian ini memiliki diameter lebih kecil, sekitar 1/3 atau 1/4 dari total diameter alat musiknya sehingga kita lebih mudah memukulnya.

Alat pukul yang digunakan untuk memainkan Talempong terbuat dari kayu, nada yang dihasilkan berbeda-beda tergantung dari ukuran Talempong.

alat musik talempong
Gambar alat musik tradisional Talempong

Lain di Indonesia, lain juga di Negeri Malaysia. Alat musik Talempong di sana alat musik ini dikenal dengan nama Caklempong, adanya alat musik ini di negeri tetangga dikarenakan etnis kita pernah mendatangi daerah tersebut dulunya.

Selain alat musik, talempong juga memiliki Orkes yang menggunakan nada diatonik dan musiknya. Orkes minang dimainkan oleh hingga 6 orang (termasuk dirigennya), sebagian instrumen yang digunakan adalah idiofon dan metalofon dan memainkan lagu-lagu Minang seperti Tak Tongtong.

Alat Musik Tambua

Alat musik Tambua merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kayu berukuran besar dan dilubangi pada bagian tengahnya. Seperti yang kalian bisa lihat, alat musik ini biasanya digunakan pada acara adat.

Tambua memiliki ukuran besar, berkisar 60 hingga 70 cm dengan diameter 40 – 50 cm. Pada tiap sisinya, Tambua memiliki membran yang terbuat dari kulit binatang yang dikeringkan lalu dikencangkan dengan tali.

alat musik tradisional tambua
Gambar alat musik tradisional Tambua

Tubuh alat musik ini dihiasi dengan lukisan-lukisan yang membuatnya semakin kaya akan warna.Di beberapa daerah seperti Maninjau, Tabua dimainkan secara berkelompok dengan jumlah orang ganjil.

Tambua yang dimainkan pada acara-acara adat biasanya dimainkan oleh pemuda. Lagu yang digunakan beragam, salah satu yang sering dimainkan adalah Silek Galombang. Tambua merupakan satu dari banyaknya alat musik tradisional yang dipukul asal Indonesia

Alat musik tradisional khas Minangkabau ini sangat cocok untuk mengisi acara yang ramai seperti festival, arak-arakan, dll. Kesulitan membuat alat musik Tambua terletak pada mencari bahan kayu yang ukurannya sesuai.

Sekian sedikit ulasan dari saya, untuk artikel cara memainkan alat musik lainnya, teman-teman bisa mengeceknya di kategori cara memainkan alat musik saya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Sumber: Kota Padang