Alat Musik Tradisional Papua Barat

Alat musik tradisional Papua Barat – Papua Barat adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak dibagian paling ujung Barat pulau Papua dengan ibukotanya yaitu Manokwari. Sebelum berdiri sendiri dan menjadi Papua Barat dulunya Provinsi ini dinamai Irian Jaya Barat.

Sejarah dari Papua Barat juga tidak bisa dibilang semudah itu, pada abad ke-15 (era Kerajaan Majapahit) tertulis dalam Kitab Negara Kertagama yang ditulis Mpu Prapanca bahwa wilayah Papua merupakan bagian dari kekuasaan Kerajaan Majapahit yang tentunya kita bisa membayangkan banyaknya peninggalan yang mungkin belum ditemukan hingga sekarang[src].

alat musik tradisional Papua Barat
Gambar alat musik tradisional Papua Barat

Papua Barat adalah Provinsi yang mempunyai potensi yang sangat besar, baik itu dari segi pertanian, pertambangan ataupun dari sisi pariwisatanya. Raja Ampat adalah satu dari banyaknya “kearifan lokal” yang terdapat di Provinsi ini. Salah satu hal yang mungkin anda kenali dari Papua Barat mungkin dari segi industri tenun yang disebut Kain Timor dari Kab. Sorong Selatan.

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Papua Barat juga memiliki wisata alam yang “eskotis” dan menjadi salat satu daya tarik para pendatang untuk mengunjungi Provinsi ini, salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Tapi kali ini kita akan membahas seputar kesenian lokal dan segala yang berhubungan dengan alat musik tradisional dari Papua Barat.

Guoto

alat musik tradisional Papua Barat Guoto
Gambar alat musik tradisional Papua Barat Guoto

Alat musik tradisional Papua Barat Guoto adalah alat musik tradisional Papua Barat yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai / senarnya. Permainan musik semacam ini tentunya menjadi daya tarik terendiri bagi pada tamu asing karena sangat jarang bisa kita saksikan memainkan Guoto. Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu dan senar, serta kulit binatang lembu.

Yi

alat musik tradisional Papua Barat Yi
Gambar alat musik tradisional Papua Barat Yi

Alat musik tradisional Papua Barat ini terbuat dari kayu dan bambu, dengan cara memainkannya dengan cara dipukul sekeras mungkin. Yi dulunya digunakan oleh masyarakat Papua Barat untuk memanggil penduduk jikalau ada informasi yang penting ingin disampaikan. Seiring berjalannya waktu, Yi kini juga digunakan untuk mengiringi seni tari-tarian daerah tersebut.

Pada saat memanggil penduduk, biasanya Yi digunakan oleh ketua setempat yang hendak menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakatnya. Yi dibuat dari kayu gelondongan dengan bagian dalamnya berrongga.

Triton

alat musik tradisional Papua Barat Triton
Gambar alat musik tradisional Papua Barat Triton

Sekilas bila kita mendengar nama alat musik tradisional dari Papua “Triton” seperti tidak asing, Triton memang merupakan nama suatu wilayah (sebuah teluk lebih tepatnya) yang “katanya” memiliki keindahan hayati yang lebih indah dari Raja Ampat.

Triton merupakan alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pantai, terutama di distrik Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Amat. Awalnya, Triton ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai pemanggil / pemberi tanda. Triton juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan dan perlengkapan musik tradisional.

Krombi

alat musik tradisional Papua Barat Krombi
Gambar alat musik tradisional Papua Barat Krombi

Alat musik ini terbuat dari bambu. Krombi adalah salah 1 alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian pada pesta adat masyarakat Papua. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan menggunakan sebuah kayu kecil lalu diketuk-ketuk pada bambu tersebut..


Selain itu, beberapa waktu lalu juga di Provinsi ini telah ditemukan “Gua” yang diyakini sebagai Gua terdalam di dunia pada tahun itu, yaitu Gua Esa’ala yang juga menjadi inspirasi serta lokasi pengambilan gambar film “Sanctum” pada. Meskipun posisinya sebagai gua terdalam sudah tergantikan dengan Krubera, Esa’ala adalah salah satu kekayaan alam di Indonesia yang wajib kita lestarikan.

Baiklah, sepertinya disinilah akhir dari artikel alat musik tradisional Papua Barat. Semoga tujuan saya untuk mengajak teman-teman pembaca untuk saling mengingatkan akan kesenian Indonesia tersampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat, Terimakasih.

Alat musik tradisional Papua Barat, ini sebelumnya sudah pernah saya angkat dalam artikel yang berjudul Alat musik tradisional Papua.