Cara Memainkan Alat Musik Aramba

Cara memainkan alat musik Aramba adalah dengan memukul dengan menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu. Bagian belakang aramba biasanya berlubang dan suara yang dihasilkan seperti lempengan besi yang dipukul, seakan bersuara “tang~ tung~ tang~“.

Aramba adalah salah satu alat musik tradisional Nias yang bisa kita temukan dalam tiap acara/pesta adat Nias. Aramba juga cocok untuk berkolaborasi dengan alat musik tradisonal lainnya, seperti Gendang (Gondra) , Faritia dan Doli-doli.

Alat musik Aramba

Aramba yang berukuran kecil menghasilkan suara keras dan yang berukuran besar bisa menghasilkan suara berdengung seperti Gong / Garantung. Fungsi alat musik aramba adalah sebagai pengiring irama.

cara memainkan alat musik aramba
Gambar alat musik tradisional Aramba

Alat musik tradisional yang dipukul ini dimainkan hanya dengan seorang pemain saja. Dengan memegang seutas tali yang diikatkan dan tangan lainnya memukulnya dengan stik.

Cara memainkan alat musik Aramba.

Aramba dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pukul. Selain bagian yang menonjol di tengahnya, bagian tepi dan sisinya juga bisa dipukul dan menghasilkan suara yang berbeda-beda.

Tali yang mengikat tubuh aramba bisa digantungkan atau bisa dipegang menggunakan tangan agar suaranya bisa beresonansi dengan maksimal.
Resonansi: bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luarkbbi

Aramba yang dipegang menggunakan tangan tidak bisa menghasilkan suara maksimal dikarenakan getaran yang tercipta berhasil diredam dengan tangan, alhasil suara juga kurang maksimal.

Bentuk alat musik Aramba

Dalam beberapa acara, kalian juga bisa menemukan cara memainkan alat musik aramba dengan cara digantung pada sebuah palang yang berbentuk horizontal. Alat musik ini seringnya dimainkan pada pesta adat masyarakat suku Nias.

Bentuk aramba umumnya berwarna polos gradient kontras seperti hijau-hitam dengan permukaan bidang dan ada sedikit tonjolan di bagian tengahnya. Ukuran tonjolan ini kecil, mungkin sekitar 1/4 dari permukaan aramba.

cara memainkan alat musik aramba nias
Gambar alat musik Aramba

Tonjolan itulah yang biasanya menjadi target untuk dipukul. Dari cara memainkannya, kita langsung bisa mengenali bahwa Aramba adalah jenis alat musik tradisional yang dipukul dari Nias dan ukurannya bermacam-macam.

Penggunaan alat musik Aramba

Ada beberapa jenis aramba yang digunakan dengan tujuan tertentu, seperti:

  • Aramba Fatao yang digunakan dalam persiapan upacara perkawinan dengan ukuran diameternya 40-50 (terbilang standar)
  • Aramba Hongo yang digunakan oleh keturunan bangsawan dengan ukuran diameternya 60-90 cm (besar)

Jenis dan fungsi aramba berbeda tergantung tujuan penggunaannya. Ada yang menggunakannya untuk sarana hiburan semata, ada juga yang menggunakannya untuk acara penting.

Aramba yang terbuat dari logam atau perunggu ini juga digunakan di berbagai kegiatan masyarakat, seperti acara pernikahan misalnya. Cara memainkan aramba tidak terlalu sulit bukan?

Jika dilihat dari suara yang dihasilkan, mungkin kita bisa berasumsi aramba adalah jenis alat musik perkusi.

Jadi begitulah sedikit pembahasan tentang cara memainkan alat musik Aramba dari kami, semoga dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.