Cara Memainkan Alat Musik Arumba

Bagaimana cara memainkan alat musik Arumba? Arumba adalah sebuah grup musik yang memiliki kepanjangan dari Alunan Rumpun Bambu yang susunanya diisi dengan berbagai macam alat musik tradisional lainnya.

Arumba merupakan pengembangan dari musik angklung yang sudah sejak lama ada di Jawa Barat. Selain menyuguhkan instrumentalia, musik yang diiringi dengan arumba juga bisa berupa nyanyian seperti lagu pop dan bahkan dangdut.

Alat musik arumba merupakan salah satu kesenian musik rakyat yang ada dan bisa dijumpai hampir di tiap daerah di Jawa Barat. Perangkatnya terbuat dari bambu pilihan seperti Awi temen, wulung (bambu hitam) dan tali.

Alat Musik Musik Arumba

Arumba merupakan sebuah grup yang awalnya ditemukan pada tahun 1960-an di Jawa Barat, oleh karena itu banyak orang yang mengenali bahwa Arumba merupakan alat musik tradisional Jawa Barat.

Cara memainkan alat musik arumba
Gambar alat musik tradisional Arumba

Selain menjadi alat musik, arumba juga termasuk sebuah ensembel yang artinya ia juga memiliki fungsi seni musik tersendiri.

Lalu ada juga sejarah yang menceritakan sedikit tentang awal mula nama “Arumba” muncul dan digunakan pada sebuah grup musik, teman-teman bisa membaca di bagian bawah artikel ini.

Cara memainkan alat musik Arumba

Arumba adalah alat musik yang dimainkan dengan cara berbeda-beda dikarenakan di antara waditranya terdapat angklung yang bertangga nada diatonis, secara garis besar Arumba dimainkan dengan cara dipukul.

Dalam sebuah set arumba biasanya sudah terisi lengkap dengan posisi-posisinya, seperti angklung melodi, kendang, bas pukul, gambang melody dan pengiringnya. Beberapa grup musik arumba yang fokus dalam permainan Arumba, antara lain:

  • Arumba Cirebon
  • Nawawi Ensemble
  • Karamba Ensemble

Arumba yang tadinya menggunakan tangga nada pentatonik berkembang hingga akhirnya menggunakan tangga nada diatonik. Meskipun kelihatannya Arumba lengkap, Arumba juga bisa dikolaborasikan dengan instrumen lain.

Permainan Arumba

Alat musik tradisional Arumba kecil
Gambar alat musik Arumba (kecil)

Arumba juga bisa mengisi kekosongan alat musik, seperti dalam sebuah susunan ensemble gambang, biasanya ada beberapa alat musik yang mengisi, misalnya:

  • Angklung Solo

Berupa 1 set angklung, biasanya yang terdiri dari 31 buah dan digantung pada sebuah palang. Angklung ini dimainkan satu orang saja, itulah mengapa disebut angklung solo tetapi pada momen tertentu hanya 2 angklung saja yang bisa digetarkan.

Lebih lengkapnya, teman-teman bisa membaca artikel cara memainkan alat musik angklung

  • Gambang Melodi

Gambang ini berfungsi untuk memainkan nada melodi pada lagu, permainannya seakan saling mengisi suara dengan angklung, seperti rempel pada kesenian musik marawis. Gambang ini dimainkan satu orang dengan 2 alat pukul.

  • Gambang Pengiring

Seperti namanya, alat musik ini dimanfaatkan untuk menghasilkan suara yang akor (tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis) dan dimainkan oleh seorang pemain dengan menggunakan 4 alat pukul.

  • Gendang

Seperti gendang lainnya, gendang pada arumba berfungsi untuk pembawa irama. Gendang juga digunakan untuk meramaikan dan menggemuruhkan suara permainan musik.

Gendang merupakan alat musik tradisional yang dipukul dan masih termasuk keluarga alat musik membranofon

Lebih lengkapnya, teman-teman bisa membaca artikel cara memainkan alat musik gendang

  • Bass Lodong

Bass lodong biasanya terdiri dari tabung-tabung bambu berukuran besar yang dipukul agar pembawaan musik hasilnya ada nuansa nada rendahnya

Sejarah Arumba

Penamaan Arumba awalnya dimulai oleh seorang pemusik Yoes Roesadi, pada tahun 1964 ia membentuk sebuah grup musik khusus yang menambahkan alat musik tradisional Sunda yaitu Angklung dalam ansambelnya.

Yoes Roesadi dan teman grup musiknya mendapat ide untuk memberikan nama grup musik mereka Arumba (Alunan Rumpun Bambu) yang pada saat itu mereka sedang naik daun.

Alat musik tradisional Arumba besar
Gambar alat musik Arumba (besar)

Kemudian, pada tahun 1968 Muhammad Burhan dari juga membentuk sebuah grup musik yang seluruhnya memainkan alat musik bambu yang juga ia beri nama Arumba.

Selanjutnya, pada tahun 1969 Grup musik Arumba yang menggunakan alat musik yang sejenis juga satu persatu muncul dan menggunakan nama Arumba sehingga muncul perselisihan antar penggunanya

Pada akhirnya istilah kata “Arumba” melekat pada ensembel musik bambu dari Jawa Barat ini.

Begitulah sedikit ulasan tentang alat musik arumba dan cara memainkan alat musik arumba dan penjelasannya, semoga menambah wawasan kita bersama, sekian dan terima kasih.