Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Cara memainkan alat musik Bonang adalah dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu berukuran pendek yang dililit dengan kain. Bonang menghasilkan suara semacam berdengung namun nyaman didengar telinga.

Bonang cukup sulit dimainkan karena kita harus terfokus untuk memukul sehingga tidak meleset. Adapun pemainnya biasanya orang yang sudah berpengalaman dalam dunia gamelan.

cara memainkan alat musik bonang
Gambar alat musik tradisional Bonang

Bonang adalah salah satu alat musik tradisional yang digunakan sebagai susunan ansambel kesenian musik Gamelan yang hingga saat ini sudah dikenal di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Bonang juga dikenal sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Timur.

  • Jika dilihat dari jenisnya, alat musik Bonang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Bonang Barung dan Bonang Penerus.
  • Jika dilihat dari ukurannya, Bonang Barung memiliki ukuran yang lebih pipih dibanding Bonang Penerus dan memiliki nada oktaf yang cukup tinggi.

Untuk teman-teman yang sedang berkunjung ke daerah Jawa seperti datang ke Keraton Jogjakarta atau melihat pementasan gamelan, sempatkanlah waktu untuk melihat alat musik tradisional yang dipukul ini.

Alat musik Bonang

Alat musik bonang adalah alat musik tradisional yang dipukul pada bagian yang bentuk fisiknya mirip dengan gong yang ditidurkan. Adapaun bagian-bagian dari alat musik Bonang, seperti:

  • Soko, bagian yang berperan sebagai penyangga waditra
  • Benang tali, yang berfungsi sebagai tali penyangga penclon
  • Papalayu, bagian depan dan belakang dari waditra
  • Pongpok, Ujung pangkal dari ancak
  • Palipid, Bilah kayu yang terdapat di atas pongpok dan juga penghalang penclon

Bagian-bagian ini setidaknya harus kita kenali agar kita tahu.

Cara memainkan alat musik Bonang

Untuk mempelajari cara memainkan alat musik Bonang, pemain membutuhkan alat pukul yang terbuat dari kayu berukuran pendek dan pada bagian ujungnya sedikit diberikan lilitan kain hingga tali tersebut mengikat.

Dalam permainannya, kita juga menggunakan kedua tangan yang masing-masing mengatur tempo dan berganti-gantian. Bagian yang dipukul pada Bonang adalah bagian tengah Penclon Bonang.

Fungsi Bonang

Ketika Bonang dimainkan dalam sebuah ansambel musik, alat musik ini sering digunakan sebagai alat musik penuntun dan pembawa melodi pokok dan mengatasi pola nada yang akan datang.

Pada beberapa teknik tabuhan tertentu (Imbal-imbalan), alat musik Bonang Barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun. Ia membentuk pola lagi yang saling berkait-kaitan dengan Bonang Panerus.

Pada aksen penting, boneng juga boleh digunakan untuk membuat sekaran (lagu-lagu hiasan). Biasanya sekaran ini ada di akhir kalimat lagu.

Pembuatan Bonang

Jika dilihat secara langsung, ada 2 bagian yang dapat kita lihat dari alat musik Bonang yaitu Penclong dan Ancak.

  • Penclong

Bagian ini yang menjadi sumber bunyi. Seperti bagian lainnya, penclon terbuat dari logam besi, tapi umumnya terbuat dari perunggu

  • ¬†Ancak

Bagian ini terbuat dari kayu yang diikat dengan benang-benang. Ancak dibuat sebaik mungkin agar penclon-penclon Bonang dapat diletakkan dengan baik dan pas.

Jadi begitulah sedikit pembahasan tentang cara memainkan Bonang dari saya, semoga dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.