Cara Memainkan Alat Musik Ceng Ceng

Cara memainkan alat musik ceng ceng adalah dengan membenturkan satu sama lainnya. Sekilas, alat musik ceng ceng Bali mirip dengan simbal dari cara memainkannya hingga bentuknya. Ceng-ceng.

Alat musik ceng-ceng terbuat dari logam (tembaga) dan dimainkan dengan cara diadu / di-benturkan satu sama lainnya. Bentuk ceng-ceng seperti simbal berukuran kecil  yang ditidurkan, pemainnya memegang pasangannya dan nanti memukulnya.

Alat musik Ceng Ceng

Ceng-ceng dikenal karena fungsinya memberikan kiasan-kiasan serta meramaikan sebuah komposisi suatu instrumen musik. Suaranya yang terdengar seperti “ceng-ceng-ceng” menjadi ciri khas dari alat musik ini.

cara memainkan ceng ceng
Gambar alat musik tradisional Ceng Ceng

Salah satu alat musik tradisional Bali ini bisa kita temukan ketika kita berkunjung ke Pulau Dewata tersebut. Tapi ingat ya teman-teman, demi kenyamanan baiknya kita dengarkan permainannya dulu sampai selesai barulah berkomentar.

Cara memainkan alat musik Ceng Ceng

Ceng-ceng juga memiliki model lain, yaitu ceng ceng kopyak yang dimainkan dengan kedua tangan kita. Meskipun kelihatannya mudah, ternyata ada teknik yang bisa digunakan dalam pertunjukannya, seperti:

  • Cek besik
  • Cek lima

Dan campuran dari keduanya juga turut meramaikan permainan ceng-ceng yang membuat penampilan semakin ramai. Untuk memainkannya kita harus:

  • Pertama, memegang ceng-ceng menggunakan (talinya diselipkan di antara jari-jari)
  • Kedua, memukul dengan sedikit tenaga (perkiraan saja) agar mengeluarkan suara.

Jika teman-teman tertarik, cobalah iseng membuka youtube atau wikipedia dan mengenal sedikit seperti apa alat musik ini. Saya pribadi belum bisa memainkan alat musik ini karena keterbatasan jarak dan waktu jadi hanya bisa belajar dari video saja.

Fungsi Alat Musik Ceng Ceng

Di daerah Bali sendiri jenis alat musik ceng ceng merupakan jenis alat musik tradisional yang sangat terkenal. Alat musik ini merupakan inti terpenting dalam seperangkat jenis alat musik gamelan Bali.

Jika Anda ingin mendengarkan merdu nya suara alat musik ceng ceng ini datang saja ke salah satu pagelaran tersebut. Misalnya Anda datang ke acara yang menampilkan Tari Barong Batubulan Bali.

Untuk menikmati penampilan dan cara memainkan alat musik ceng ceng, Anda bisa dengan mudah membeli tiket seharga Rp 100.000,- kurang lebih per orang. Anda bisa menyaksikannya di desa batu bulan yang terletak 10 km dari kota Denpasar bali.

Anda bisa mencapainya dengan berkendara motor atau-pun mobil pribadi melewati jalan utama raya batu bulan. pertunjukan akan ditampilkan setiap hari. mulai dari pukul 9.30 sampai dengan pukul 10.30 wib

Bentuk Alat Musik Ceng Ceng

Jenis alat musik ceng ceng pada umumnya terbuat dari bahan kayu nangka dan juga bisa menggunakan bahan dari tembaga. Alat musik ini terdiri atas 6 buah logam bundar yang terletak di bagian bawahnya dan 2 buah logam yang terletak dibagian atasnya.

Menurut situs panduan wisata. Di Bali, ceng-ceng yang dimainkan dengan cara saling diadu, berbentuk seperti kura-kura. Kura-kura mistis yang memiliki nilai sakral yaitu menyeimbangkan dunia di atas punggungnya.

Di atas perunggu ceng ceng terletak sehelai tali yang berguna untuk memegang alat musik ceng-ceng. Tali ini umumnya berwarna merah dan dibuat dengan sebagus mungkin. Tali ini biasa dikenal juga dengan “Bunga Ceng Ceng”.

Jika dilihat secara seksama, memang ceng ceng Bali mirip dengan alat musik simbal dan suaranya juga nyaring.Selain itu, teknik yang dipelajari juga banyak, sepertinya akan sangat seru jika mendengarnya langsung.