Cara Memainkan Alat Musik Flute

Bagaimana cara memainkan alat musik flute? flute merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Bentuk dan penggunaannya mirip dengan suling, hanya saja flute ini cukup dikenal diluar negeri, tetapi flute yang kita kenal dengan mereka berbeda.

Ada yang menganggap flute merupakan salah satu alat musik tradisional tiup yang biasanya terbuat dari bambu, beberapa alat musik modern yang dipanggil “flute” juga ada yang terbuat dari logam.

Keduanya memiliki lubang, tetapi jenis kayu dan logam berbeda desain lubang-nya.

Flute memang jarang ditemukan penggunaannya dalam pementasan dikarenakan fungsinya yang hampir sama dengan suling, sebagai pengiring dan juga pelengkap penampilan musik. Selain berat, tidak banyak juga yang paham bagaimana cara memainkan flute yang baik.

Alat musik Flute

Karakter suara yang dihasilkan dari permainan flute terkesan lembut dan timber suaranya bervariasi tergantung dari keahlian pemainnya.

Salah satu penampilan flute di Indonesia bisa teman-teman baca di artikel ini. Disini kita dapat mengambil asumsi bahwa semakin mahir seseorang memainkan flute, semakin nikmat juga suara yang dihasilkan.

Cara memainkan alat musik Flute

Flute dimainkan dengan cara ditiup pada salah satu bagian ujungnya, kemudian pemain menghasilkan suara yang bervariasi dengan cara menutup beberapa lubang lain yang terdapat pada tubuh flute.

cara memainkan alat musik flute
Gambar alat musik Flute

Cara memainkan alat musik flute lebih mirip klarinet, hanya saja ukurannya lebih kecil dari klarinet. Jangan lupa juga untuk membersihkan flute dan juga menutup bagian yang ditiup, hal ini untuk mencegah adanya kotoran yang menempel.

Baca juga: cara memainkan serunai

Berlatih dan terus berlatih memang menjadi kunci untuk menjadi bisa, tetapi terkadang ada juga perasaan jenuh yang datang. Jika saat ini datang, pastikan dulu kalian berlatih dengan cara yang betul, seperti:

  • Mempelajari alat musik flute akan menghabiskan banyak waktu, kalian bisa melihat di internet atau berguru dengan guru yang sudah mahir dibidang flute.
  • Banyak pengetahuan dasar dan teknik yang belum tentu bisa di pelajari sendiri.
  • Kita tidak dapat mengukur kemampuan kita sendiri secara akurat, hanya orang yang mahir mampu menilai keahlian kita.
  • Mulai lah meniup flute dibagian lubang dekat ujung flute
  • Tempatkan jari-jari di lubang angin dengan benar
  • Mainkan kunci agar udara yang dikeluarkan melalui lubang menghasilkan nada yang halus.

Dikarenakan suara yang dihasilkan tergantung dari permainan jari, sangat diperlukan ketelitian dan juga daya ingat yang baik untuk memainkan flute. Jika kalian tidak punya daya ingat yang baik, teruslah berlatih agar menjadi terbiasa, kita bisa karena biasa.

Mengenal Alat Music Tradisional Flute

Kesulitan dari berlatih permainan flute lebih terletak pada peletakan jari pada tiap lubang. Terkadang jari tidak bisa mengikuti keinginan pikiran dengan baik karena mungkin kita masih kaku dan belum terbiasa.

Selain itu, teman-teman juga bisa berlatih cara memainkan suling biasa sebelum menggunakan flute, kenapa? peletakan jari pada flute dan suling tidak selalu sama dan ada orang yang memiliki jari panjang dan sebaliknya.

Seperti misalnya pada pianika, piano dan organ. ketiganya memang terlihat sama, tetapi setelah kita pelajari lebih dalam ternyata memang ada bagian yang sama dan ada yang berbeda bukan?. Berikut tips dalam berlatih memainkan flute:

  • Tarik nafas Anda sebanyak mungkin lalu lantas tahan 4 detik terus hembuskan secara mendesis dan stabil lalu ulang terus sampai menghasilkan desiran panjang.
  • Tarik nafas Anda sebanyak mungkin lalu tahan sejenak dan lantas tiup-kan pada sebuah lilin yang hidup, akan tetapi api lilin yang Anda tiup jangan sampai mati apinya.
  • Ulang latihan tiup tersebut sampai tiupan Anda benar-benar panjang.

Demikian sedikit pembahasan tentang bagaimana cara memainkan alat musik flute, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca, sekian dan terima kasih.