Cara Memainkan Alat Musik Gendang

Bagaimana cara memainkan Gendang? apakah dengan hanya sekedar memukulnya saja sudah bisa disebut bisa memainkan-nya? ternyata ada beberapa teknik yang seakan kita lupakan dan lebih menuruti naluri permainan pribadi.

Gendang adalah sebuah alat musik yang badannya terbuat dari sebuah kayu, sedangkan bagian depannya yang terbuat dari kulit hewan, yang digunakan adalah kulit kambing, kulit lembu dan kulit sapi. Jadi di artikel ini saya akan membahas tentang pengertian alat musik gendang dan cara memainkan alat musik gendang.

Alat musik gendang ini adalah alat musik tradisional atau biasa juga di sebut juga dengan Kendang dan merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membran atau gendang-nya, alat musik ini biasa di mainkan dengan tangan atau bisa juga di gunakan dengan alat pemukul untung alat musik gendang.

Baca juga: cara memainkan kendang

Hampir semua daerah di negara Indonesia memiliki alat musik gendang ini dengan bermacam-macam ciri khas nya masing-masing. Gendang juga merupakan jenis alat musik membranofon yang hingga saat ini masih digunakan

Cara Memainkan Alat Musik Gendang

Gendang dimainkan dengan cara dipukul, tetapi teknik memukulnya juga tidak sembarangan. Mungkin kalian merasa menemukan ritme yang cocok dan enak didengar telinga, tapi apakah itu sudah benar?

cara memainkan gendang
Gambar alat musik tradisional Gendang

Adapun beberapa tips untuk belajar cara memainkan alat musik gendang yang satu ini adalah dengan cara berikut:

  1. Hal Pertama yang harus kita lakukan dalam bermain alat musik gendang adalah dengan meletakkan tangan kanan di bagian gendang yang berukuran kecil, sedangkan tangan kiri diletakkan di bagian gendang yang berukuran lebih besar. Buat senyaman mungkin dan jangan terlalu tegang/ragu karena dapat mempengaruhi dalam permainan Anda sendiri.
  2. Untuk tangan yang bagian kanan cara memukulnya lebih menggunakan jari telunjuk dan jari manis di bagian badan gendang. Buatlah ketukan sesuai dengan lagu yang di mainkan. Untuk mengetahui sebuah ketukan di dalam lagu hal yang harus dilakukan adalah dengan menghayatinya terlebih dahulu dan mengingat ketukan tersebut, lalu menuangkannya dalam permainan yang anda mainkan sendiri
  3. Untuk tangan yang bagian kiri cara memukulnya-pun berbeda, Memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis diikuti menggunakan tangan bagian dalam sebagai perpaduan musik yang Anda mainkan.

Cara memainkan alat musik gendang yang di atas adalah penjelasan tata cara memainkan yang baik, yang mana biasa Anda pelajari di rumah atau dimanapun Anda bermain. Di daerah Jawa sendiri mempunyai alat musik gendang yang biasa di sebut juga dengan kendang yang mana sudah sering di pakai dan di mainkan pada jaman kerajaan.

Perkembangan Alat Musik Gendang

Perkembangan alat musik gendang kini tidak hanya di nikmati olah kalangan-kalangan menengah ke atas saja gendang sekarang bisa di mainkan dan di nikmati oleh siapa saja dan biasa populer dalam musik seperti dangdut yang biasa di pertunjukan dalam sebuah acara, gendang memang sangat enak di dengarkan membuat siapa saja yang ingin menikmatinya.

Jenis Gendang

  1. Gendang yang berukuran kecil biasa disebut ketipung
  2. Gendang yang yang berukuran sedang biasa disebut dengan ciblon/kebar,
  3. Gendang gedhe, Biasa nya digunakan berpasangan dengan ketipung yang biasa di sebut juga gendang kalih.

Gendang kalih ini sering dimainkan dengan diikuti irama atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk landrang irama dadi dan kethuk kalih. Bisa juga dimainkan dengan cara cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi gendang yang khas nya yaitu biasa di sebut gendhang kosek.

Gendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan yang sudah profesional yang sudah lama menyelami khas budaya jawa. Gendang kebanyakan di mainkan sesuai pikiran penggendang sehingga apabila dimainkan oleh satu orang dengan orang lain maka akan berbeda nuansa (suasa).