Cara Memainkan Alat Musik Gender

Cara memainkan alat musik gender – Alat musik gender ini adalah alat musik tradisional yang dipukul pada logam yang terbagi menjadi bagian perangkat alat musik gamelan Jawa dan Bali. Jenis alat musik yang satu ini memiliki 10 hingga 14 bilah logam atau kuningan. Berikut cara memainkan alat musik gender dan pengertiannya[src].

Cara Memainkan Alat Musik Gender

Sama dengan cara memainkan alat musik gong, Gender ini kebanyakan dimainkan oleh pemain-pemain gamelan yang profesional, yang sudah lama mendalami budaya di daerah Jawa, instrumen yang menyerupai slenthem namun dengan wilahan yang lebih kecil. Salah satu dari jejeran daftar alat musik tradisional Jawa Tengah ini juga ternyata memiliki daya tarik tersendiri di mata para turis

Cara memainkan alat musik gender
Cara memainkan alat musik gender gambar via wikipedia

Terdiri dari bilah-bilah metal atau perunggu yang ditegangkan dengan tali di atas bumbung-bumbung oleh resonator. Gender ini dimainkan dengan 2 jenis tabuh yang berbentuk bulat dan dilingkari lapisan kain dengan menggunakan sebuah tangkai yang pendek.

Sama halnya dengan jenis alat musik Gambang pada seperangkat berbagai-bagai instrumen gamelan yang lengkap terdapat 3 buah gender, yaitu Gender slendro, Gender pelog barang dan juga gender pelog bem.

Teknik Memainkan Alat Musik Gender

Membunyikan dan mengembangkan sebuah tabuhan pada nada gender didasarkan kepada perkembangan atau penjabaran refrensi dari nada. Kecepatan penjabaran atau penurunan referensi nada balungan menjadi suatu susunan tabuhan gender yang terdiri dari satu susunan nada-nada. Akan menjadi dasar bagi pembentukan suatu aransemen melody.

Dalam situasi seperti ini dibutuhkan kemampuan dan kecepatan gerak tangan dalam menjabarkan referensi sebuah nada menjadi suatu susunan tabuhan nada gender barung. Tangan kiri digunakan untuk menabuh dan membunyikan nada yang rendah dan tangan kanan digunakan untuk menabuh atau menyembunyikan nada-nada yang tinggi.

Untuk tabuhan gender berpola gembyang dan kempyung referensi nada berada pada tabuhan nada geender yang akan dimainkan menggunakan tangan kiri. Untuk tabuhan gender berpola gembyang dan kempyung 1 referensi sebuah jenis nada yang dijabarkan atau diturunkan menjadi 4 tabuhan nada gender barung.

Pada pengembangan tabuhan gender yang bersikap tingkat lanjutan yaitu ke arah pembentukan aransemen melody.

Berikut rumus-rumus untuk menabuh gender yang tediri dari 12cara yaitu:

  • Jenis tabuhan gender gembyang mbukak (terbuka)
  • Jenis tambuhan gender gembyang nutup (tertutup)
  • Jenis tambuhan gender gembyang minggah
  • Jenis tambuhan gender gembyang mandha
  • Jenis tabuhan gender mipil
  • Jenis tabungan gender imbal (untuk lancara, palaran, srepeg)

Siter

Alat musik Siter merupakan jenis instrumen yang dimainkan dengan cara dipetik, terbuat dari bahan kayu yang berbentuk kotak berongga. Pada biasanya jenis site mempunyai 12 nada yaitu dari nada kiri ke kanan :2,5,3,1,6,7,3,2,3

Ciri khasnya satu senar disetel jenis nada pelog dan senar lainnya dengan menggunakan nada slendro. Umumnya sitar memiliki panjang kurang lebih dari 30 cm dan dimasukan dealam sebuah kotak ketika dibunyikan.

Jenis Alat Musik Gender

Tidak hanya puas untuk mempelajari Gendernya saja, kita juga harus mengetahui jenis gender apa yang sedang kita pelajari dan mainkan karena beda jenis tentu beda teknik

Gender panerus

Jenis alat musik gender panerus yang berukuran kecil dan beroktaf tengah sampai meninggi. Alat musik gender panerus ini cara memainkan lagunya pada pola lagu ketukan ajeg dan cepat.

Gender Barung

Jenis alat musik gender barung ini berukuran besar dan beroktaf rendah sampai menengah. Sebuah jenis dari instrumen yang pertama, jenis alat musik gender barung ini memainkan berbagai pola-pola lagu yang berketukan cengkok yang dapat menghasilkan suatu tekstur sonoritas yang tebal dan juga dapat menguatkan rasa plathet gendhing.

Kesimpulan

Beberapa gendhing tersebut mempunyai pembuka sendiri-sendiri yang dapat dimainkan genderbarung, Gendhing ini biasa di namakan dengan nama gendhing gender.

Dalam sebuah penampilan wayang maupun penampilan lainnya pemain yang memainkan alat musik gender ini mempunyai peran utama yang harus memainkan jenis-jenis instrumennya hampir tidak pernah berhenti selama semalam suntuk dalam sebuah permainan gendhing, grimingan dan juga bisa sulukan.

Sekian yang dapat alatmusikindonesia.com sampaikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca tentang cara memainkan alat musik gender dan dapat dijadikan referensi bacaan, terimakasih.

Artikel Terkait
Baca Juga :  Cara Memainkan Alat Musik Kendang