Cara Memainkan Alat Musik Gender

Cara memainkan alat musik Gender adalah dengan cara memukulnya (mengetuk dengan tenaga) pada bagian logam yang tersusun di atas sebuah resonator yang terbuat dari bambu atau seng.  Untuk memainkan gender, pemain menggunakan sebuah alat pukul yang terbuat dari kayu.

Gender adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah yang digunakan sebagai penyusun pada gamelan Jawa dan Bali. Alat musik gender memiliki 10 hingga 14 bilah logam yang biasanya terbuat dari kuningan.

Beberapa gendhing tersebut mempunyai pembuka sendiri-sendiri yang dapat dimainkan gender barung, Gendhing ini biasa dinamakan dengan nama gending gender.

Alat musik Gender

Alat musik gender adalah alat musik tradisional yang dipukul yang mirip Gangsa pada gamelan Bali dan Slenthem yang ada pada gamelan Jawa. Cara memainkan alat musik gender adalah dipukul (diketuk) dengan menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu yang dilapisi kain.

cara memainkan alat musik gender
Gambar alat musik tradisional Gender

Nada yang dihasilkan dari alat musik gender berbeda-beda tergantung dari tangga nada yang digunakan (Gender yang dipukul). Pada gamelan Jawa terdapat tiga gender, yaitu: Slendro, Pelog pathet nem dan lima & pelog pathet barang.

Cara memainkan alat musik Gender

Cara memainkan alat musik gender adalah dengan cara dipukul pada bagian logam. Gender umumnya digunakan sebagai alat musik penyusun gamelan Jawa dan Bali.

Suara yang dihasilkan dari Gender bisa dibilang sedikit horror dan berdengung cukup panjang. Jika teman-teman sering menonton film horor, biasanya ada suara musik gamelan dan sangat mungkin Gender inilah yang dimainkan.

Baca juga: cara memainkan gong

Gender terlihat seperti demung (salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah) dan Slenthem, tetapi wilahannya lebih besar sedikit. Sangat cocok dimainkan di ruangan terbuka karena suaranya sangat panjang berdengung di telinga.

Teknik memainkan alat musik Gender

Untuk menghasilkan suara, Gender haruslah ditabuh/dipukul/diketuk pada wilahannya. Pemain gender haruslah mengerti tentang tempo yang digunakan, nada yang diambil hingga teknik menabuhnya agar aransemen melodi yang dihasilkan enak didengar.

Baca juga: cara memainkan angklung

Teknik / Pola yang digunakan untuk menabuh gender memiliki pola berbeda seperti pola gembyang dan kempyung. Tapi, jika teman-teman ingin mempelajari gender, baiknya kenali dulu nada yang dihasilkan.

Berikut ini beberapa rumus yang bisa digunakan untuk berlatih menabuh gender, seperti :

  • Jenis tabuhan gender gembyang mbukak (terbuka)
  • Jenis tambuhan gender gembyang nutup (tertutup)
  • Jenis tambuhan gender gembyang minggah
  • Jenis tambuhan gender gembyang mandha
  • Jenis tabuhan gender mipil
  • Jenis tabungan gender imbal (untuk lancara, palaran, srepeg)

Atas dasar itulah, mengapa seorang pemain gender adalah orang pilihan karena wilahan yang dipukul bukanlah 1 atau 2 buah wilahan saja. Tangan kiri menabuh wilahan dengan nada rendah dan tangan kanan digunakan untuk menabuh nada-nada tinggi.

Jenis alat musik Gender

Sebelum mempelajari, kenali dulu jenis gender apa yang sedang kita gunakan agar tekniknya tidak asal-asalan. Beda jenisnya tentu beda teknik yang bisa kita gunakan.

Gender Panerus

Gender penerus adalah gender yang memiliki ukuran kecil dan oktafnya tengah hingga tinggi. Gender penerus biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dengan yang mengharuskan ajeg dan cepat.

Gender Barung

Gender barung adalah gender yang memiliki ukuran agak besar dan memiliki oktaf rendah hingga menengah. Biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dengan pola ketukan cengkok yang dapat menghasilkan irama yang terasa tebal.

Susunan alat musik Gender

Gender terdiri dari bilah-bilah logam atau perunggu yang dibentangkan dan tegangkan dengan tali di atas sebuah bumbung resonator dan kemudian pemainnya akan menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu pendek dan dilapisi kain di ujungnya.

Baca juga: cara memainkan tifa

Dalam seperangkat instrumen gamelan yang lengkap biasanya terdapat 3 buah gender, yaitu: Gender slendro, Gender pelog barang dan Gender pelog bem seperti yang sudah saya sindir sebelumnya

Dalam permainannya, Gender membutuhkan waktu untuk dipelajari dan juga banyak teknik yang bisa digunakan tergantung dari keahlian menabuh dan mengatur tempo dari si pemain itu sendiri.

Kesimpulan

Gender adalah salah satu dari nama Gending yang memiliki pembuka sendiri-sendiri. Dalam penampilannya, gender bisa digunakan untuk mengiringi lagu atau wayang dengan peran tertentu.
Gender adalah salah satu alat musik tradisional yang dipukul/diketuk yang tidak mudah untuk dikuasai, sehingga teman-teman yang ingin mempelajari-nya harus bersabar dan tetap fokus berlatih.

Disinilah akhir dari artikel saya, namun bukan akhir dari cerita saya membagikan informasi seputar alat musik. Semoga segala bentuk kebudayaan Indonesia dapat terus dikenang dan dilestarikan ke generasi-generasi berikutnya, terima kasih.