Cara Memainkan Alat Musik Harmonika

Bagaimana cara memainkan alat musik Harmonika? mungkin dilihat dari bentuknya saja kita sudah bisa mengetahui caranya, Harmonika dimainkan dengan cara ditiup pada bagian yang berlubang, kemudian harmonika akan menghasilkan suara.

Harmonika merupakan salah satu alat musik yang sempat terkenal di Indonesia, saat itu Iwan Fals sering menggunakan alat musik ini dalam tiap lagunya. Permainannya yang apik membuat lagu-lagunya juga dicintai dan menjadi legenda hingga saat ini.

Permainan harmonika juga umumnya sangat dinanti dan spesial, terlebih jika tampil secara solo karena pemainnya harus jeli lubang mana yang ditiup. Lubang yang ditiup juga belum tentu tepat sasaran karena mulut kita lebih besar daripada harmonika itu sendiri.

Alat musik Harmonika

Harmonika tidak mudah untuk dipelajari, terlebih jika kita otodidak. Lubang yang terdapat pada harmonika 10 lubang tetap dan 20 pelat getar yang membuatnya semakin tidak diminati oleh orang yang serba instan.

Fungsinya saat ini juga bisa digantikan dengan suara yang dihasilkan dari komputer atau dikenal dengan efek suara. Harmonika diyakini sebagai alat musik tradisional yang ditiup dari Cina yang bernama Sheng, keberadaannya sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

cara memainkan alat musik harmonika
Gambar alat musik harmonika

Sedangkan, harmonika modern ditemukan sekitar abad 18 oleh Christian Friedrich Buschmann. Instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari pelat-pelat getar logam yang disusun secara horizontal dengan model yang sederhana.

Cara memainkan alat musik Harmonika

Harmonika dimainkan dengan cara ditiup. Berbeda dengan cara memainkan flute dan cara memainkan suling, harmonika ditiup melalui lubang yang ada di sekeliling tubuh alat musik tersebut. Meskipun memang kelihatannya sulit, jika kalian berlatih tentu nantinya akan bisa.

Berikut ini beberapa tips untuk teman-teman yang ingin berlatih harmonika

1. Memilih Harmonika

Dalam keseharian kita, ada banyak jenis harmonika yang dijual dan tentunya harga serta kegunaannya bervariasi, untuk pemula belilah jenis alat musik harmonika diatonik atau kromatik. Dari kedua tipe ini dapat digunakan untuk memainkan sebagian besar musik populer seperti jenis aliran musik blues atau folk .

2. Serius Berlatih

Alat musik harmonika ini merupakan alat musik tiup yang biasanya menggunakan bahan kuningan dari tembaga. Kegunaan dari kuningan ini dapat memisahkan udara yang kalian tiup dan nada tarik melalui lubang yang menghasilkan nada.

Kuningan ini di tanam pada sebuah lempeng yang disebut dengan sebutan “lempeng kuningan” yang juga terbuat dari kuningan. Bagian dari harmonika yang ditempatkan untuk menanam kuningan dinamakan “comb“.

3. Melatih Nafas dan Meniup

Percobaan pertama dengan alat musik harmonika yang baru kalian beli adalah meniup-nya. Pilih salah satu lubang atau satu set lubang pada mouth piece dan mulai meniup dengan lembut pada lubang.

Carilah nada yang menurut kalian enak didengar, jangan lupa juga untuk mencoba menghasilkan suara dari lubang yang sama tetapi dengan metode menarik nafas.
Lubang yang bersebelahan dibuat untuk otomatis berharmonisasi satu sama lain, jadi cobalah untuk memainkan harmonika dengan meniup tiga lubang sekaligus untuk menghasilkan nada yang indah.

Sejarah alat musik Harmonika

Seperti yang sudah kami sindir di atas sedikit, alat musik harmonika merupakan alat musik tradisional dari negara Cina yang di beri nama dengan sebutan ‘Sheng’. Adapun informasi penting lainnya sebagai berikut:

  • Jenis dari alat musik harmonika ini telah di lestarikan dan digunakan sudah hampir sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya yang di gunakan sejak zamannya kekaisaran Nyu-Kwa.
  • Merupakan sebuah instrumen musik tiup yang terbentuk dari pelat-pelat getar dari bahan logam yang sudah disusun secara bentuk yang horizontal dengan model yang sangat sederhana dan hanya menghasilkan sebuah nada tiup kromatis.
  • Di tahun 1828 Ritcher mengembangkan sebuah variasi baru dengan harmonika yang mempunyai 10 lubang tetap dan 20 pelat yang getar, dengan pemisahan fungsi alat pelat yang ditiup dan yang hisap.

Kalian bisa membaca lebih lengkap tentang pranala luarnya di artikel ini. Dari sebuah model awal dari Buschmann (penemu harmonika modern) akhirnya banyak diikuti dan terus di sempurnakan menjadi lebih bagus.

Mempelajari cara memainkan alat musik harmonika memang tidak se-mudah kelihatannya, jadi teruslah berlatih. Salah satu contohnya yaitu harmonika buatan dari seorang yang bernama Ritcher yang membuat desain awal dari sebuah alat musik harmonika yang modern.

Tak berhenti disitu, selanjutnya nada yang dibuat olah Ritcher bisa di sebut sebagai nada diatonik yang merupakan nada yang standard untuk alat musik harmonika. Bahkan hingga saat ini mungkin sudah tak terhitung lagi merek yang memproduksi harmonika