Cara Memainkan Alat Musik Harpa

Harpa adalah alat musik yang cukup diminati karena suaranya yang lembut di telinga, cara memainkan alat musik harpa adalah dengan dipetik pada bagian senar atau dawai yang terbentang. Bentuk harpa bermacam-macam, ada yang kecil dan bisa di pangku ada juga yang besar dan harus ditopang.

Alat musik harpa dalam bahasa Inggris dikenal dengan Harp. Disana, harp sering digambarkan sebagai alat musik yang dimainkan oleh para malaikat bersayap yang turun ke bumi, atau dimainkan putri duyung. Harpa biasanya dibuat dengan bahan logam dan diberi warna emas berkilauan dan memiliki senar.

Baca juga: cara memainkan gitar

Jika teman-teman iseng melihat orkes di Youtube atau pertunjukan langsung misalnya, tak jarang harpa juga ada disana. Di Indonesia sendiri pemain harpa mungkin terbilang jarang, dikarenakan saya pribadi tinggal di kota dimana biasanya anak mudanya lebih memilih musik seperti k-pop dan musik club.

Alat Musik Harpa

Menurut saya pribadi sebagai pemula di dunia musik, harpa adalah salah satu alat musik yang sulit untuk dimainkan, bukan hanya “cukup sulit” tapi memang benar-benar butuh kesabaran untuk mempelajarinya.

Baca juga: cara memainkan sampe

Jika teman-teman perhatikan, biasanya harpa ditampilkan sebagai alat musik solo dan disorot lampu. Hal ini menandakan bahwa memang permainannya ditunggu. Harpa memiliki bentuk berbeda-beda tapi kebanyakan bentuknya seperti kotak yang sisinya tidak lurus.

cara memainkan alat musik harpa
Gambar alat musik Harpa

Untuk melihat permainan harpa tidaklah mudah, sangat jarang alat musik harpa dipertontonkan di acara kecil tetapi kita bisa menyaksikan permainan harpa di televisi atau lewat online.

Cara Memainkan Alat Musik Harpa

Cara memainkan alat musik harpa adalah dengan cara dipetik pada bagian dawainya, untuk memetiknya-pun juga tidak diperlukan alat petik khusus. Beberapa orang menggunakan jari tangannya ketika mereka masih belajar, dan menggunakan semacam pick yang diikat hingga dan berbentuk kuku untuk memetiknya.

Baca juga: alat musik tradisional yang dipetik

Dilihat dari bentuk, berat dan ukurannya. Walaupun harpa memiliki banyak variasi, namun tetap saja ada 3 bagian pokok yang ada di harpa, yaitu:

  • Papan Suara atau Sound Board
  • Leher atau Neck
  • Senar atau String

Untuk harpa yang berukuran kecil, biasanya anda bisa memainkannya dengan cara dipangku seraya dimainkan, tapi untuk harpa yang berukuran besar biasanya memiliki alas untuk diletakkan di tanah. Sebenarnya harpa merupakan salah satu dari banyaknya instrumen yang sangat tua karena sudah ada sejak zaman yunani.

Nama Pemain Alat Musik Harpa

Harpa bisa dimainkan dan didengarkan baik itu solo ataupun sebagai bagian dari sebuah pertunjukan musik. Terlepas dari permainannya, harpa memang mampu menghasilkan nada yang bagus dan enak didengar telinga meskipun pemainnya kurang ahli, berbeda dengan biola.

Baca juga: cara memainkan gitar

Sedangkan untuk harpa modern biasanya memiliki bentuk Triangular. Bahkan dari variasi tersebut bisa mencapai tinggi 60cm hingga 180cm dan memiliki senar sebanyak 22 hingga 37 buah senar.

Banyak pemain harpa diluar sana yang mahir dan mampu menghasilkan suara yang indah dengan memainkannya. Berikut adalah orang-orang mahir tersebut, diantaranya:

  • Angela July
  • Donna Angelina
  • Heidi Awuy
  • Jessica Sudarta
  • Lisa Gracia
  • Maria Pratiwi
  • Maya Hasan
  • Mesty Ariotedjo
  • Rama Widi
  • Shienny Kurniawati
  • Usy Pieters

Jika kalian tertarik untuk belajar cara memainkan alat musik harpa, mungkin kalian bisa mencoba untuk melihat video orang yang memainkan alat musik ini dan membayangkan apakah kalian sanggup untuk berlatih atau tidak, sekian dan terima kasih.