Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Cara memainkan alat musik Kastanyet adalah dengan cara memegangnya dengan tangan dan menekan nekannya. Dikarenakan bentuknya yang seperti Kerang, kastanyet menghasilkan suara dari tiap benturan antar fisiknya.

Suara yang dihasilkan seperti suara tepuk tangan, hanya saja jauh lebih keras dan perlu ketelitian dalam memainkannya atau anda bisa kesal sendiri. Kastanyet memiliki tali kecil atau semacam karet untuk mengencangkan pegangan

Alat Musik Kastanyet

Kastanyet hanyalah satu dari banyaknya alat musik ritmis yang biasanya digunakan dalam mengiringi tari-tarian Spanyol. Kastanyet umumnya terdiri dari sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung.

Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Beberapa sumber mengatakan bahwa Kastanyet dimainkan dengan cara menepuknya. Sebenarnya tak perlu dijelaskan terlalu rinci sekali karena ketika kalian melihatnya tentu langsung memahami bagaimana cara memainkan alat musik kastanyet.

cara memainkan alat musik kastanyet
Gambar alat musik Kastanyet

Selain kastanyet, ada beberapa alat musik ritmis yang bisa digunakan dalam penampilan kastanyet, seperti:

  • Drum

Drum adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan 2 buah stik yang terletak pada tangan kiri dan kanan. Awalnya drum itu terdiri dari sebuah kulit yang direntangkan di sebuah penyangga.

  • Gendang

Gendang dimainkan seperti drum. Fungsi dari Gendang ialah mengatur irama, Gendang juga merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan kita sendiri ke bagian kulit atau membrannya.

  • Konga

Konga memiliki wujud seperti Gendang, namun bentuknya lebih panjang. Kayu adalah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan alat musik yang bernama konga ini, pada permukaannya menggunakan kulit hewan agar menciptakan bunyi yang khas.

Konga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, suara yang dihasilkan tidak terlalu besar dan dibutuhkan stamina yang cukup untuk memainkan alat musik ini.

  • Marakas

Marakas memiliki suara gemericik, marakas akan menciptakan suara yang dihasilkan dari getaran dan gesekan antar biji-bijian yang ada di dalam marakas. Marakas bisa digunakan dalam tarian Magalenha. Cara memainkan marakas adalah dengan digoyang-goyang.

Jika dilihat dari segi penggunaannya, Kastanyet dan Marakas jarang terlihat di Indonesia. Tetapi jika kita pergi ke negara seperti Brazil, Spanyol, Argentina dan Portugal. Kastanyet bisa dijumpai di sana.

  • Rebana

Rebana merupakan suatu alat musik yang menyerupai seperti gendang namun rebana memiliki ukuran yang lebih kecil. Cara memainkan alat musik Rebana adalah dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

Rebana lebih mirip marawis dari segi bentuk dan cara memainkannya. Selain itu, rebana juga biasanya dimainkan dalam sebuah grup yang diisi berbagai alat musik tradisional maupun modern lainnya.

  • Simbal

Simbal tangan merupakan suatu alat musik yang dimainkan sejak dahulu yang terdiri dari 2 buah lempengan logam berbentuk lingkaran dan memiliki tonjolan di bagian tengahnya. Cara memainkan Simbal adalah dengan cara membenturkan keduanya.

Simbal tangan juga dijumpai pada penampilan marching band atau pawai. Suaranya sangat kencang dan bisa dibilang berisik, sangat disarankan membawa penutup telinga.

  • Tamborin

Tamborin adalah alat musik yang terbuat dari sebuah plastik dan biasanya berbentuk setengah lingkaran. Terdapat lekukan ke bagian dalam pada alat musik tersebut. Di tiap sisinya terdapat logam bulat yang tipis satu rangkap.

Logam besi kecil tersebut mengeluarkan suara gemericik. Cara memainkan alat musik Tamborin dengan menggoyangkannya atau bisa juga dihantamkan dengan halus ke tangan atau paha pemain.

  • Tifa

Tifa merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia. Bahan pembuatannya sama seperti gendang, yaitu kayu dan kulit hewan. Cara memainkan alat musik Tifa ialah dengan cara dipukul seperti Gendang, namun Tifa biasanya dimainkan dengan berdiri.

  • Timpani

Timpani merupakan alat musik ritmis yang biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang bernama mallet timpani. Mallet timpani terbuat dari kayu. Ujungnya ditutup dengan bola kapas dari bulu biri-biri yang lembut.

  • Triangle

Triangle merupakan alat musik yang berbentuk segitiga, suara yang dihasilkan dari triangle itu berasal dari getaran seluruh bagian pada alat musik tersebut. Alat musik triangle ini terbuat dari bahan logam.

Cara memainkan triangle yaitu dengan cara memukulnya dengan batang pemukul yang terbuat dari sebuah besi. Triangle bukanlah alat musik tradisional Indonesia namun terkadang masih bisa kita jumpai dalam pementasan musik

Semoga pembahasan cara memainkan alat musik kastanyet di atas bermanfaat, sekian dan terima kasih.