Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Cara memainkan alat musik kastanyet – kastanyet merupakan suatu alat musik ritmis yang biasanya sering digunakan dalam mengiringi tarian-tarian spanyol, yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung. Cara memainkan alat musik Kastanyet adalah dengan cara menepuk-nepuk tangan kiri dan Kastanyet dengan tangan kanan yg diletakan di Kastanyet itu sendiri[src].

Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

cara memainkan alat musik kastanyet
Gambar cara memainkan alat musik Kastanyet

Alat musik ritmis memiliki banyak jenis yang terdapat di dunia, seperti :

  • Drum, Drum adalah alat musik yang dipukul dengan menggunakan 2 buah stik yang terletak pada tangan dan tangan kiri pada pemain drum itu sendiri. Awalnya drum itu terdiri dari sebuah kulit yang direntangkan di sebuah penyangga. Cara memainkan Drum ini adalah dengan cara memukul Drum dengan menggunakan 2 buah stik yang drummer pegang. Drum itu sendiri terbuat dari bahan kulit dan plastik.
  • Gendang, Gendang merupakan suatu instrumen dalam gamelan Jawa demikianpun dengan Gendang Sunda. Fungsi dari Gendang ialah mengatur irama. Gendang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan telapak tangan kita sendiri ke bagian kulit yang direnggangkan.
  • Simbal Tangan, Simbal tangan merupakan suatu alat musik yang dimainkan sejak dahulu yang terdiri dari dua lempengan logam berbentuk lingkaran dan memiliki tonjolan dibagian tengahnya. cara memainkannya adalah dengan cara membenturkan ataupun menggesekan kedua lempengan itu. simbal tangan akan dapat dijumpai pada marching band.
  • Triangle, Triangle merupakan suatu alat musik yang berbentuk segitiga seperti namanya, suara yang dihasilkan dari triangle itu berasal dari getaran seluruh bagian pada alat musik tersebut. alat musik triangle ini tercipta dari bahan besi logam. cara memainkannya yaitu dengan cara memukulnya dengan batang pemukul yang terbuat dari sebuah besi.
  • Tamborin, Tamborin merupakan suatu alat musik yang terbuat dari sebuah logam dan biasanya berbentuk setengah lingkaran dan ada lekukan kebagian dalam pada alat musik tersebut. di setiap sisi dari alat musik ini terdapat logam bulat yang tipis satu rangkap. Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan cara menggoyangkannya bisa juga dihantamkan dengan halus ke tangan atau paha.
  • Kastanyet, Kastanyet merupakan suatu alat musik ritmis yang biasanya digunakan untuk mengiringi tarian-tarian spanyol yang terbuat dari sepasang kepingan kayu yang cukup keras dan berbentuk cekung. Cara untuk memainkan alat musik Kastanyet ini adalah dengan cara menaruh alat musik Kastanyet pada tangan kiri dan menepuk Kastanyet yang berada di tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan.
  • Konga, Konga merupakan salah satu alat musik yang terlihat seperti gendang, namun bentuk konga ini terlihat lebih panjang dan memiliki ciri-ciri tersendiri dari bentuknya. Kayu adalah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan alat musik yang bernama konga ini, pada permukannya menggunakan kulit hewan agar menciptakan bunyi yang khas. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa alat bantu.
  • Rebana, Rebana merupakan suatu alah musik yang menyerupai seperti gendang namun rebana memiliki ukuran yang lebih kecil. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul-pukulkan pada telapak tangan.
  • Tifa, Tifa merupakan salah satu alat musik yang memiliki asal dari Papua yang memiliki bentuk seperti sebuah gendang. bahan pembuatannya pun sama seperti sebuah gendang yaitu dengan kayu dan kulit hewan. perbedaannya hanya ada di ukuran dan kerampingan pada bagian tengahnya saja. Cara memainkan alat musik yang bernama Tifa ini ialah dengan cara dipukul seperti gendang namun Tifa memainkannya sambil berdiri.
  • Timpani, Timpani merupakan suatu alat musik ritmis yang biasanya dimainkan dengan dipukul dengan pukulan khusus yang bernama mallet timpaniMallet timpani tercipta dari buah kayu yang memiliki garis tengah sekitar 2 cm. Ujungnya terbalut oleh bola kapas yang tercipta dari bulu biri-biri yang sangat lembut dan berasal dari Eropa.
  • Marakas, Marakas merupakan suatu alat musik tradisional yang memiliki suara rincik dan semarak, marakas akan menciptakan suatu suara yang dihasilkan dari getaran yang dihasilkan karena didalam marakas diisi dengan sebuah butiran biji-bijian yang berukuran kecil.

Demikian postingan saya tentang Cara memainkan alat musik kasanyet ini dan saya juga menambahkan beberapa informasi semoga dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Yang kamu cari :

Baca Juga :  Cara Memainkan Alat Musik Ketipung