Cara Memainkan Alat Musik Kendang

Cara memainkan alat musik kendang – Kendang merupakan sebuah alat musik tradisional Indonesia yang cukup sulit dibedakan dengan temannya, yaitu gendang atau gendhang. Pemberian nama yang hampir mirip cukup membuat kita terkadang sulit untuk membedakan perbedaan antara kendang dan gendang, namun kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kendang.

Sebelum kita memulai ada baiknya agar kalian meluangkan sedikit waktu untuk belajar alat musik ini karena mempelajari kendang apalagi belajar kendang jaranan, cara main kendang sunda bahkan teknik dan cara bermain kendang gamelan cukup menguras waktu dan tenaga.

Cara Memainkan Alat Musik Kendang

Cara memainkan alat musik kendang adalah dipukul. Instrumen ini sangat terkenal dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat karena salah satu fungsinya adalah untuk mengatur irama.

Kendang dibunyikan dengan menggunakan kedua telapak tangan tanpa alat bantu, berbeda dengan beberapa gendang yang terkadang membutuhkan alat pukul dari kayu.

cara memainkan alat musik kendang
Gambar alat musik Kendang

Kendang juga memiliki berbagai macam, seperti Kendang kalih yang dimainkan pada saat lagu atau gendhing yang memang berkarakter halus seperti ketawang atau ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat seperti pada pembukaan lagu jenis ladrang irama tanggung atau jenis lancaran. Untuk penggunaan di pentas wayangan ada satu lagi kendang yang khas, yakni kendang kosek.

Baca juga: cara memainkan gendang

Tak hanya sekedar pukul, kendang dimainkan oleh pemain yang memang sudah ahli atau istilahnya pemain gamelan profesional yang telah cukup lama mengarungi budaya Jawa. Semakin baik naluri pemain gendang maka akan semakin baik permainan kendang yang kita dengar, jadi tak heran jika permainan satu dengan yang lainnya berbeda nuansa permainannya.

Jenis Jenis Kendang

Nah, jika kita sudah puas dengan dasar dari permainan dan penggunaan dari alat musik kendang, berikut ini akan saya beritahu kan juga kepada teman-teman pembaca tentang jenis jenis kendang yang ada di negara kita Indonesia, antara lain:

1. Kendang Sunda

Terkenal di daerah Jawa Barat, kendang yang disebut-sebut dengan panggilan kendang Sunda ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan pecinta musik daerah. Kendang Sunda yang memiliki satu set lengkap biasanya minimal terdiri dari 3 buah kendang utama yaitu sebuah kedang indung dan 2 buah kendang kulanter/anak.

Baca juga: cara memainkan angklung

Kendang kulanter ini terbagi lagi menjadi dua buah jenis yaitu kendang katipung dan kendang kutiplak. Pembagian jenis ini juga dikarenakan suara yang dihasilkan berbeda yaitu tung dan pak. Kendang Sunda cukup banyak jenisnya jika dilihat dari fungsinya pada sebuah iringan, misalnya

  1. Kendang Kliningan
  2. Kendang Jaipongan
  3. Kendang Ketuk Tilu
  4. Kendang Keurseus
  5. Kendang Penca’ Silat
  6. Kendang Bajidoran
  7. Kendang Sisingaan

Dan mungkin masih banyak jenis kendang yang belum saya ketahui namanya, pada tiap-tiap kendang di atas juga memiliki perbedaan semisal dari segi ukuran, pola, ragam dan bahkan motif dari fisik kendang itu sendiri

Permainan kendang Sunda

Bagi teman-teman yang belum mengetahui, teknik cara main kendang Sunda sering disebut orang dengan Tepak. Tepak mungkin bahasa daerah sana yang berarti memukul atau menepak. Gaya atau style dari seseorang dalam memainkan kendangnya memiliki pola berbeda.

2. Kendang Jaipong

Kendang Jaipongan atau kendang Jaipong merupakan salah satu kendang sunda yang fungsinya adalah pengiring tari Jaipongan. Kendang ini juga termasuk salah satu kendang sunda yang sukses menyebar ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga keluar mancanegara. Cara memainkan alat musik kendang ini juga berhasil mempengaruhi berbagai kesenian di tanah air, seperti:

  • Wayang golek
  • Keluk Tilu
  • Campursari
  • Wayang Kulit
  • Jatilan
  • Bajidoran, dll.

Di beberapa daerah semisalnya Semarang, kendang Jaipong dimanfaatkan dalam kesenian Gambang Semarang, begitu pula dengan Banyumas yang digunakan pada Angklung Banyumas atau Wayang Kulit. Di Bali sendiri, kendang ini juga terkadang digunakan pada kesenian Joged Bumbungkein.

Baca juga: cara memainkan triangle

Bentuk dari kendang Jaipong ini adalah sagongan atau dari gong ke gong (tina goong ka goong). Dari strukturnya terdiri dari beragam tepak intro, ragap tepak pangjadi, ragam tepak bukaan, ragam tepak ngeureunkeun dan juga tepak mincid

Permainan kendang Jaipong

Teknik tepak pada kendang Jaipongan diyakini diciptakan oleh Suwanda, seorang seniman musik yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Teknik ini diciptakan bersumber dari berbagai jenis kesenian yang pada saat itu berkembang di masyarakat, khususnya daerah Jawa Barat.

Baca juga: alat musik tradisional yang dipukul

Salah satu hal yang menjadi ciri khas tepak kendan Jaipongan ialah sebuah teknik yang bernama diteunggeul (dibaca: ditenggel). Tepak diteunggeul berarti memainkan kendang dengan energik, bertenaga, keras dan semangat.

3. Kendang Ciblon

Kendang ciblon atau dalam istilah lainnya sering disebut sebagai kendang batangan, memiliki karakteristik suara yang lebih tinggi jika dibanding dengan kendang lainnya. Karakter suara yang khas ini paling cocok jika diggunakan untuk mengiringi musik klenengan dan iringan tari.

Notasi Kendang Ciblon

Di bawah ini adalah contoh potongan dari kendangan ciblon ladrang irama rangkep (wiled) yang saya kutip dari blog belajar gamelan jawa berikut selengkapnya:

K b/, K , P , K b/, K , P , P , b , K b/, Kt KP tb Pl d

bd .P lP Pl Kt t t dl .b Pl bd b bd bt .t d dd d d t

d t d b t d t b t d t b tb Pl d P l b d b Pl .P tb Pl

d tb Pl d bb b b b . , . (0)/gong ==>  dados iramaangkep

A./ 5x Sk 2 + .b d P P .P tb Pl d tb Pl d P l b d b

bd b . .t .t t . . tb Pl d P l b d b Pl .P tb Pl d tb Pl d bb b b b . . , . ) N1

B./ 5x Sk 2 + .b d P P .P tb Pl d tb Pl d P l b d b

bd b . .t .t t . . tb Pl d P l b d b Pl .P tb Pl d tb Pl d bb b b b . . , . ) N2

C./ 5x Sk 2 + .b d P P .P tb Pl d tb Pl d P l b d b

dl t , P , P . . Pl t , b , b . . dl t , P , P . . Pl t , b , b . . ) N3

D./ dl t , P , P . . Pl t , b , b . . dl t , P , P . . Pl t , b , b . .

. P P . . b b . tb Pl Pl Pt b d b d b d b d .P tb Pl d bd .P lP Pl kt t t dl

.b Pl bd b bd bt .t t bd bt .t t bd bt .t t .b d P P .P tb Pl d tb P P P

t .b Pl d Pl d . . P Pl .P t .P t . . P Pl t d Pl t d Pl t d Pl d bd b d b t d b (0)/N4

Demikian akhir dari artikel cara memainkan alat musik kendang dari alatmusikindonesia.com dan semoga artikel ini semakin menambah wawasan kita akan kekayaan dan budaya di Indonesia kita, sekian dan terimakasih.