Cara Memainkan Alat Musik Ketipung

Bagaimana cara memainkan alat musik Ketipung? Ketipung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sangat terkenal, terutama di kalangan masyarakat yang menyukai musik keroncong dan dangdut.

Ketipung berbentuk seperti gendang namun dengan ukuran yang lebih kecil, bisa dibilang ukurannya setengah dari gendang ukuran standar. Ketipung terbuat dari kayu yang telah dibubut dan dilapisi semacam membran di ujungnya.

Bagian tengah ketipung berlubang dengan ukuran 20 cm hingga 40 cm, ketipung sangat enak didengar telinga dan seakan mengajak kita untuk menari mengikuti irama yang dihasilkan.

Alat musik tradisional yang dipukul ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu bernuansa Melayu dan Timur Tengah. Tak jarang, corak hiasan sengaja diberikan untuk memberikan nuansa khas Indonesia.

Cara memainkan alat musik Ketipung

Ketipung dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh pada kedua sisinya. Meskipun bentuknya kecil, suara yang dihasilkan ternyata cukup terdengar dari jauh. Hal ini mungkin disebabkan membran yang melapisi terbuat dari kulit ternak yang sudah ditipiskan.

cara memainkan alat musik ketipung
Gambar alat musik Ketipung

Ketika menabuh ketipung, tidak disarankan menggunakan alat bantu yang terlalu keras, tidak juga disarankan untuk molekulnya terlalu keras. Dikarenakan lapisannya sengaja dibuat tipis dan dikencangkan, bisa saja merusak lapisan tersebut atau sobek.

Baca juga: cara memainkan rebana

Ketipung juga bisa dan sering digunakan pada saat penampilan musik keroncong dan dangdut. Biasanya alat musik ini diikat/dijejerkan dengan ketipung lainnya, hal ini sengaja dilakukan agar mempermudah pemain memainkan musiknya.

Meskipun banyak yang beranggapan ketipung merupakan alat musik tradisional Jawa Timur, ketipung juga bisa ditemui di beberapa daerah lainnya seperti di Kalimantan Timur.

Belajar memainkan Ketipung

Musik ketipung di Indonesia sendiri sudah dikenal oleh para pecinta musik dangdut. Dalam permainannya, ketipung dimainkan dengan beberapa cara, seperti:

  • Teknik memukul 1 jari dalam teknik menggulung
  • Cara mengeluarkan bunyi dung adalah dengan memukul bagian tengah ketipung
  • Cara mengeluarkan bunyi tak adalah dengan membuka tangan ketika memukul ketipung
  • Ritme ketipung bisa dipercepat, asalkan penyanyinya bisa mengimbangi permainan

Tentunya sebelum mendalam cara memainkan alat musik ketipung lebih dalam, seorang pemain biasanya dibimbing oleh seorang yang sudah ahli atau setidaknya paham memainkan ketipung. Ketipung dan kendang suaranya hampir sama.

Baca juga: cara memainkan tifa

Untuk belajar memainkan ketipung, kalian setidaknya mengikuti beberapa langkah ini

  1. Kenali dulu suara yang dihasilkan tiap-tiap pukulannya
  2. Ketahui bagian mana yang sakit untuk dipukul dan bisa dipukul
  3. Pahami pukulan dasar (tidak usah aneh-aneh)
  4. Memainkan sedikit musik dasar dan mempelajari menggunakan 1 jari
  5. Pelajari terus tiap pola yang berbeda tiap musiknya.

Nah, begitulah sedikit tips dan anjuran ketika kalian mempelajari cara memainkan ketipung. Tentunya kalian tidak harus mengikutinya persis, berikan kenyamanan pada diri kalian ketika bermain maka permainan kalian akan berkembang.
Beberapa musik ketipung juga sudah terkenal, teman-teman bisa melihat pertunjukan musiknya di Youtube. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.