Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Cara memainkan alat musik kolintang adalah dengan cara dipukul pada bagian wilahan yang biasanya berjumlah 9 buah. Pada bagian wilahan inilah seorang pemain memukul kolintang yang nantinya akan menghasilkan suara tergantung dari teknik dan cara memukul alat musik tersebut.

Memainkan kolintang membutuhkan skill agar menghasilkan nada yang diinginkan. Meskipun kalian mampu mengatur tenaga untuk memukulnya, suara yang dihasilkan tetap harus diatur dan dikenali agar menciptakan lantunan melodi yang diinginkan.

Baca juga: cara memainkan talempong

Di beberapa daerah, kolintang memiliki nama sebutan kulintang. Namun, intensitas penggunaannya masih sama. Dalam perkembangannya, kolintang telah melewati berbagai budaya dan pengaruh dari agama-agama yang ada di Indonesia.

Alat Musik Kolintang

Alat musik Kolintang adalah alat musik yang bentuknya berupa susunan dari beberapa wilahan yang disusun secara mendatar, bentuk dari wilahan ini berupa logam pipih yang bila dipukul mengeluarkan suara seperti “ting~”. Kolintang juga alat musik tradisional yang sering digunakan untuk mengiringi penampilan musik.

cara memainkan alat musik kolintang
Gambar alat musik tradisional Kolintang

Meskipun bentuknya pipih panjang, kolintang adalah alat musik yang masih bagian dari keluarga gong yang ada di Asia dan sudah lama ada di Indonesia. Diyakini permainannya telah ada sejak berabad-abad yang lalu terutama di daerah Asia Tenggara, hingga akhirnya berkembang sampai saat ini.

Kolintang adalah alat musik yang dimainkan dengan menggunakan alat bantu yang terbuat dari kayu dan bagian ujung dari pemukulnya diberikan seperti semacam bantalan atau ditutup sekadar dilapisi dengan kain yang diikatkan.

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang dipukul, bisa dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan tergantung dari keadaan. Kolintang menghasilkan suara yang apik dan cocok untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan beberapa alat musik modern bukanlah pilihan yang buruk.

Baca juga: cara memainkan saron

Adapun beberapa penamaan yang akan kalian dengar dalam mempelajari alat musik ini, antara lain:

  1. Melodi Satu (Ina Esa)
  2. Melodi ke dua (Ina rua)
  3. Juke (Katelu)
  4. Ukulele/Benjo 1 (Uner Esa)
  5. Ukulele/Benjo 2 (Uner Rua)
  6. Gitar 1 (Karua Esa )
  7. Gitar 2 (Karua Rua)
  8. Cello (Sella)
  9. Bass (Lowa)

Di Indonesia, alat musik kolintang merupakan masih dianggap alat musik jenis perkusi bernada. Kolintang juga merupakan salah satu dari sekian banyak alat musik tradisional Sulawesi Utara. Seiring perkembangannya, kolintang memiliki nama panggilan lain salah satunya adalah Tong Ting Tang.

Kemudian, ada beberapa hal yang bisa digantikan posisinya dengan kolintang dan perlu teman-teman perhatikan dalam mempelajari cara memainkan alat musik kolintang, yaitu:

1. Melodi

Melodi dihasilkan dengan menggunakan 2 buah pemukul untuk menghasilkan nada yang panjang dengan cara memukul atau menggetarkan-nya dengan nada panjang. Pemain yang bisa menggunakan teknik ini setidaknya mampu menggantikan posisi dari melodi alat musik ritmis seperti gitar, biola dan lainnya.

Kelemahan dari teknik ini adalah suaranya yang tidak terlalu nyaring, sehingga jika ada 2 buah melodi yang saling mengisi barulah bisa digunakan untuk mengiringi penampilan penyanyi-nya, atau bisa juga dengan memainkan kolintang dengan nada tangga oktaf yang berbeda, yang satu pokok dan yang lainnya improvisasi

2. Juke

Juke juga diperlukan pada orkes keroncong dan posisi ini bisa diisi dengan baik dengan kolintang. Juke dimainkan dengan 3 orang pemain, pemukul satu dipegang tangan kiri dan dua pemukul di tangan kanan. Untuk menguasai teknik ini lumayan sulit karena dari memegangnya saja sudah susah.

Posisi memegang tangan kiri seperti memegang pemukul biasa, namun untuk pemukul yang ada di tangan kanan harus diletakkan di sela jari-jari pemain. Kemudian pemain harus memukul sambil menahan pemukul tersebut agar tidak jatuh.

3. Benjo

Mungkin kalian mengenali kata benjo sebagai nama alat musik. Benjo dalam permainan kolintang lebih ke teknik memainkannya yang berperan seperti Benjo. Dalam penampilannya, ada sekitar 5 hingga 10 pukulan cepat yang bisa dimainkan oleh seorang pemain dan tempo yang digunakan juga sangatlah mempengaruhi nada yang dihasilkan.

4. Gitar

Gitar memang alat musik yang sangat fleksibel untuk mengiringi lagu, tari-tarian atau sekadar sebagai hiburan. Tak hanya disitu, gitar juga masih cocok meskipun lagu yang digunakan adalah lagu tradisional, dengan sedikit aransemen dan jadilah sebuah iringan musik yang indah.

Baca selengkapnya di artikel cara memainkan gitar

Dalam pementasannya, kolintang juga mampu mengisi kekosongan yang seharusnya diambil dengan alat musik gitar, meksi permainannya pastilah terbatas karena tidak semua lagi cocok dengan alat musik kolintang.

5. Bass

Bass mungkin terlihat sepele namun ternyata sangat krusial dalam beberapa penampilan dan lagu tertentu, kolintang mungkin tidak terlalu sama suaranya dengan gitar bass namun suara bassnya juga tidak terlalu buruk untuk digunakan sebagai pengiring.

Nada yang dihasilkan-pun tidak terlalu panjang, sehingga pemainnya juga tidak terlalu repot untuk mengatur seberapa panjang suara yang harus dihasilkan. Kesulitan yang tentunya pemain hadapi adalah mereka hanya bisa memukul 1 balok per-pukulannya dan pastinya melelahkan

Alat musik yang masih termasuk golongan alat musik perkusi ini juga bisa teman-teman baca keterangannya dalam artikel alat musik tradisional Sulawesi Utara dan alat musik tradisional Bengkulu.

Begitulah cara memainkan alat musik kolintang dan penggunaannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya jika kita ingin mempelajarinya akan memakan waktu yang lama, tapi setidaknya kita sudah mengetahui gambaran seperti apa kolintang itu, sekian dan terima kasih.