Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Marakas adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara memainkan alat musik marakas atau maraca terbilang mudah atau sangat mudah karena hanya menggoyangkan. Menurut saya pribadi tidak ada teknik atau-pun sekolah khusus untuk belajar cara memainkan marakas.

Isi konten

Alat musik Marakas

Jika dilihat dari cara memainkan-nya, alat musik marakas mirip dengan Tamborin. Keduanya dimainkan dengan cara digoyang-goyang, tetapi tamborin memiliki simbal-simbal kecil yang membuat suaranya lebih meriah dan ramai dibandingkan marakas yang berisi suara dari beras / biji yang digoyangkan.

Baca juga: cara memainkan angklung

Marakas biasanya berbentuk kecil dan pas dengan pegangan tangan siapapun yang ingin memainkannya. Di Indonesia sendiri, marakas juga bisa dibuat tanpa harus menggunakan kayu yang dibentuk sedemikian rupa seperti gambar di bawah ini, cukup dengan botol bekas dan diisi dengan beras atau pasir.

cara memainkan marakas
Gambar alat musik Marakas

Jika dilihat dari jenisnya, marakas mirip dengan alat musik kongo. Keduanya sama-sama alat musik yang tidak memiliki nada, kecuali kongo tersebut sudah dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan suara yang melodis (bernada). Kongo dan marakas juga biasanya digunakan sebagai backsound atau musik pengiring

Cara memainkan alat musik Marakas

Jangan khawatir karena setelah kalian melihat alat musik marakas, pasti kalian langsung mengerti bagaimana cara menggunakannya, karena:

  • Dari bentuk fisiknya yang memiliki ruang untuk mengisi biji-bijian kalian tinggal memegangnya dengan benar, jika tidak ada pegangannya berarti kalian harus menggenggam alat musik tersebut.
  • Biasanya marakas berbentuk seperti botol tabung, kemudian diisi dengan benda kecil yang keras dan bisa muat banyak karena cara memainkan alat musik marakas adalah digoyang.
  • Bunyi dari marakas terkadang mengganggu bagi beberapa orang yang tidak suka keramaian, jadi mainkanlah di lingkungan yang memang mendukung.
  • Untuk mengisi marakas carilah benda kecil yang tidak terlalu memakan ruang, keras dan jika beradu bisa menghasilkan suara, seperti kerikil, manik-manik, biji kedelai, pasir, beras, dll.

Alat musik ini juga masih ada hubungannya dengan genre musik reggae, memang rasanya sangat cocok bila alat musik ini disandingkan dengan genre musik yang santai dan memiliki nada yang asik untuk menggoyangkan tubuh

Marakas dan Reggae

Alat musik Marakas yang cenderung biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu santai ini juga banyak digunakan pada musik-musik santai, maka dari itu tidak heran jika marakas sering ditemui pada lagu beraliran reggae. Banyak juga musisi indonesia menggunakan marakas sebagai instrumen pengiring.

cara memainkan alat musik marakas
Alat musik yang digoyang, Marakas / Markas

Marakas adalah panggilan untuk alat musik ini di Indonesia loh, dan ada juga beberapa nama panggilan marakas menurut bahasa lain. Untuk mengetahui nama marakas dalam bahasa asing, kami telah merangkum beberapa nama panggilan bahasa asing, marakas mempunyai beberapa sebutan, seperti:

  1. Maracas,
  2. Maraca,
  3. Maracax’a,
  4. mbara’ka,
  5. Marak,

Walaupun banyak namanya, tetapi marakas tetap sama fungsinya dan masih tergolong musik ritmis juga.

Marakas Dulu dan Sekarang

Masyarakat yang tinggal pada benua Afrika dan Amerika Selatan pada jaman dahulu menggunakan alat musik marakas secara tunggal dan memiliki tujuan sebagai alat penyembuhan dalam berbagai ritual daerah. Namun marakas ternyata berperan menjadi bagian penting dalam beberapa grup musik di Amerika latin seperti Cuba Rumba, Trova Ensemble dan Charanga. Band besar dan orkes sering kali menggunakan alat musik ini.

Baca juga: cara memainkan tamborin

Untuk saat ini hampir alat musik marakas dapat ditemukan di beberapa negara, bahkan keberadaan marakas memiliki peran penting dalam musik-musik tertentu. Marakas memiliki pegangan atau biasa disebut kayu silinder yang berfungsi agar marakas mudah dipegang disaat akan dimainkan.

Alat musik marakas juga memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang bentuknya seperti buah apel yang besar, telur kecil, dan ada juga yang berbentuk lonjong. Dalam musik latin lainnya seperti salsa, biasanya menggunakan marakas yang berukuran besar maupun sedang. Dan biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah acara seperti karnaval terbuka.

Bagaimana? apakah kalian sudah lebih memahami tentang alat musik ini?  semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.