Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Cara memainkan alat musik marakas – Alat musik marakas-pun mempunyai perbedaan sangat jauh dengan alat musik seperti kongo, tetapi tetap termasuk jenis alat musik kita. Jadi di artikel ini kita akan mengulas cara memainkan alat musik marakas dan keterangannya[src].

Cara memainkan Alat Musik Marakas

Cara memainkan alat musik marakas
Ilustrasi cara memainkan alat musik marakas

Alat musik marakas ini mempunyai perbedaan yang jauh dengan alat musik kongo, mulai dari bentuk dan cara memainkan alat musik kongo. Meskipun berbeda tapi kedua alat musik ini masih termasuk jenis alat musik ritmis karena tidak memliki nada.

  • Dari bentuknnya yang seperti botol bola yang berisi butiran-butiran kecil yang cukup keras dan cara memainkan alat musik marakas ini dengan cara menggoyang-goyang dengan keras sehingga akan menghasilkan bunyi yang cukup gemerisik.
  • Pada umumnya material luar instrumen alat musik perkusi ini yang terbuat dari bahan labu kering atau kulit kering yang bisa juga dijahit juga bisa di buat dari bahan kayu, jerami, plastik, jerami dan sejenis dengan buah squash,yang bisa diisi dengan biji-bijian atau batu kerikil.
    • Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan bunyi yang gemetar dan juga yang enak untuk didengar. Sedangkan jumlah bahan yang di masukan dalam alat musik marakas ini tergantung dengan pemainnya sendiri.

Sehubung kita sedang membahas cara memainkan alat musik marakas dan keterangannya saya akan menjelaskan tentang alat musik marakas yang berjenis reggae dunia.

Alat Musik Marakas dan Reggae

Alat musik marakas ini juga bisa di gunakan dalam musik reggae dunia. Sebagai bagian dari aransemen dari ciptaan nya tersebut, Sebut saja Bob Marley dan The Wailers,sedangkan pada jenis musik reggae di Indonesia ada beberapa group band ataupun musisi reggae di Indonesia yang juga menggunakannya sebagai bagian dari aransemennya tersebut.

Namun masih bisa juga disebut menjadi bagian penting ataupun alat musik yang sangat dibutuhkan dalam berbagai aransemen jenis musik reggae yang ada di Indonesia. Mengenal lebih dekat dengan jenis alat musik marakas saya akan membahas lebih dekat dalam artikel ini.

Alat Musik Ritmis Marakas

Dalam bahasa asing marakas mempunyai beberapa sebutan seperti berikut:

  1. Maracas,
  2. Maraca,
  3. Maracax’a,
  4. mbara’ka,
  5. Marak,

Dari jenis-jenis tersebut  marakas adalah salah satu alat musik ritmis atau bisa di sebut juga dengan perkusi jenis idiophonesatau autophones.

Marakas Dulu dan Sekarang

Marakas menjadi sebuah bagian penting dalam beberapa musik di Amerika latinseperti Cuba Rumba, Trova Ensembledan Charanga.Band besar dan orkestra sering kali menggunakan jenis alat musik ini. Pada zaman dahulu biasa menggunakan jenis instrumen alat musik marakas hanya bisa dimainkan dengan cara tunggal yang bertujuan sebagai alat penyembuhan dalam berbagai ritual di daerah benua Afrika dan Amerika Selatan.

Saat ini hampir semua jenis alat musik serupa marakas ini dapat dijumpai di beberapa negara bahkan keberadaannya-pun menjadi sebuah bagian yang penting dari musik-musik tertentu. Tiap alat musik marakas mempunyai tongkat atau biasa di sebut batang kayu silinder yang berfungsi agar dengan mudah dipegang ketika memainkan alat musik ritmis tersebut.

Alat musik marakas mempunyai beragam dan mempunyai berbagai ukuran, ada yang bentuknya seperti buah apel besar, telur kecil dan berbentuk lonjong.Dalam musik latin lainnya yaitu biasa di sebut dengan salsa, marakas yang digunakan berukuran besar dan berukuran sedang. Biasanya digunakan untuk mengeringi sebuah acara seperti karnaval terbuka.

Sekian penjelasan tentang cara memainkan alat musik marakas dan keterangannya semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman pembaca.

Yang kamu cari :

Baca Juga :  Cara Memainkan Alat Musik Aramba