Cara Memainkan Alat Musik Pianika

Cara memainkan alat musik pianika adalah dengan cara meniupnya seraya menekan tuts yang disediakan dari not putih hingga not hitamnya. Pianika menghasilkan suara dari tuts yang ditekan dengan tambahan tiupan dari pemain.

Bentuk dari pianika mirip dengan piano, hanya saja bentuknya lebih kecil dan tutsnya tidak sebanyak yang ada di piano. Adapun tangga nada yang kita kenali untuk berlatih adalah Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do’ yang sebenarnya adalah C, D, E, F, G, A, B, C’ sebagai nada standar penempatan not dan tutsnya.

Meskipun bukan termasuk alat musik tradisional, permainan pianika cukup digemari oleh masyarakat terutama anak muda, karena adanya musik-musik pop yang bisa di-cover menggunakan alat musik ini.

Alat musik Pianika

Pianika merupakan alat musik yang terbuat dari plastik dan biasanya dibuat dengan tangan robot pabrik lalu ditutupi dengan plastik sebagai frame bingkainya, inilah mengapa jika pianika tidak berbunyi kalian bisa membuka dan mencoba memperbaikinya sendiri.

cara memainkan alat musik pianika
Gambar alat musik pianika

Pianika sering digunakan di dunia pendidikan. Salah satu tujuannya adalah mengenalkan murid kepada alat musik dan juga mengasah kreatifitas mereka dalam menggunakan alat musiknya, selain itu mereka juga bisa semakin dekat dengan temannya.

Bentuk pianika menyerupai piano, namun dengan ukuran mini / lebih kecil. Warna pianika yang dominan digunakan adalah berwarna biru (bukan merk), meskipun banyak variasi warnanya dan tidak ada bedanya, hanya kesukaan saja.

Cara memainkan alat musik Pianika

Pianika dimainkan dengan cara ditiup melalui selang. Disaat yang bersamaan, jari menekan tuts yang tersedia, besar kecil suara yang dihasilkan tergantung dari tenaga tiup yang diberikan. Semakin kencang kita meniup, semakin keras suaranya.

Biasanya kita akan menandai pianika kita dengan angka, mulai dari angka 4 (rendah) dari paling kiri dan 7 (tinggi) di bagian kanan. Hal ini digunakan untuk mempermudah kita dalam memainkan pianika.

belajar pianika
Gambar via bukalapak

Tuts pada pianika memiliki fungsi berbeda, yaitu:

  • Tuts putih berperan memainkan nada asli
  • Tuts hitam berperan memainkan nada kromatis

Alat musik tiup yang mirip dengan pianika adalah harmonika, namun harmonika lebih sulit karena suara yang dihasilkan tergantung dari lubang mana yang ditiup, sedangkan pianika masih bisa diatur dengan menggunakan tangan kita (menekan tuts).

Mempelajari teknik memainkan Pianika

Untuk memulainya teman-teman bisa mencoba untuk mengatur nafas yang harus digunakan, kemudian dilanjutkan dengan mengenali suara yang dihasilkan dari tuts yang ditekan, terakhir cobalah untuk membaca tangga nada sebuah lagu.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sejak awal berlatih, seperti:

  • Permainan lima jari
  • Pengambilan nafas
  • Penempatan jari

Kenapa harus diperhatikan sejak awal? karena nantinya ini akan berimbas pada permainan kita. Hal yang sering dilakukan akan menjadi kebiasaan, maka dari itu pilihlah kebiasaan yang baik.

Teknik memainkan pianika yang sering digunakan biasanya menggunakan tangan kiri untuk memegang pianika dan tangan kanan untuk memainkan melodi lagunya, sementara kita meniup menggunakan mulut.

Pianika vs Piano

Tentunya sangat banyak perbedaan pianika dan piano dan diantaranya yang sudah jelas adalah ukurannya. Selain itu, piano juga memiliki jumlah tuts atau tangga nada yang lebih banyak dibanding pianika.

Perbedaan piano dan pianika
Piano (via primanda) vs Pianika (via lazada)

Pianika memerlukan selang atau saluran lain untuk saluran udaranya (kecuali pianika elektrik), sedangkan permainan piano tidak perlu ditiup. Piano memiliki pedal yang juga tidak dimiliki pianika.

Fungsi pedal pada piano nanti akan saya bahas dalam artikel tentang cara memainkan piano, salah satu alat musik melodis.

Kemudian, pianika juga bisa dimanfaatkan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, mengiringi lagu bahkan mengcover sebuah lagu, baik itu lagu tradisional atau modern. Biasanya anak sekolah yang sering melakukan hal ini.

Sebelum kita bisa dan mampu untuk memainkan pianika, tentunya kita akan dihadapkan dengan berbagai macam kondisi. Mempelajari pianika juga tidak salah bagi teman-teman yang nantinya ingin bermain piano.

Begitulah sedikit ulasan cara memainkan alat musik pianika dari kami, semoga menambah wawasan kita bersama, sekian dan terima kasih.