Cara Memainkan Alat Musik Rebana

Cara memainkan alat musik rebana adalah dengan memukulnya menggunakan tangan. Biasanya orang mengambil sikap duduk/berdiri saat memainkan alat musik rebana kemudian memegangnya dengan menggunakan tangan kiri lalu memukulnya menggunakan tangan kanan.

Rebana merupakan salah satu alat musik tradisional yang dipukul menggunakan tangan langsung. Teman-teman juga mungkin sering melihat di sekolah atau tempat yang mengadakan acara ketika bulan Ramadhan datang.

Alat musik rebana merupakan alat musik yang imagenya sudah melekat sebagai sebuah perwujudan instrumen bernuansa Islami yang digunakan untuk mengiringi penampilan syair-syair lagu yang liriknya mengandung unsur islami.

Alat musik Rebana

Rebana merupakan salah satu alat musik yang sudah dikenal cukup lama, terutama di beberapa wilayah di DKI Jakarta, bahkan hingga keluar daerah Jabodetabek hingga luar negeri. Kabarnya penyebaran alat musik rebana ini datang bersamaan dengan suku Melayu.

cara memainkan alat musik rebana
Gambar alat musik rebana

Rebana adalah alat musik yang bentuknya seperti marawis (alat musik pukul yang bentuknya semacam gendang berukuran kecil). Bentuknya yang pipih membuatnya mudah untuk dipegang menggunakan sebelah tangan dan tangan yang lain bisa untuk memukul.

Baca juga: cara memainkan gitar

Saat ini ada 2 jenis rebana, yaitu rebana tradisional dan modern, rebana tradisional biasanya masih berupa rebana utuh dan belum dimodifikasi, sedangkan modern biasanya ditambahkan seperti simbal kecil di sekelilingnya dan lapisan yang digunakan bukanlah kulit hewan lagi.

Cara memainkan alat musik Rebana

Rebana dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membran-nya. Lapisan ini terbuat dari kulit hewan, tapi mungkin kalian bisa menemukan lapisan yang terbuat dari seperti plastik. Suara yang dihasilkan dari rebana bervariasi tergantung dari ukuran rebana, teknik dan cara memainkan alat rebana itu sendiri.

Baca juga: cara memainkan simbal

Selanjutnya dalam memainkan rebana, ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan, antara lain:

  1. Tenaga yang digunakan tidak boleh berlebihan dan tidak juga terlalu lemah
  2. Cara memukul harus benar agar tangan tidak sakit
  3. Memegang rebana dengan benar agar tidak terjatuh
  4. Mengenal jenis-jenis rebana lainnya

Untuk pemula, mungkin kalian bisa belajar cara memainkan alat musik rebana dari yang paling mudah yaitu mengenal suara yang dihasilkan dari tiap pukulan kalian.

Jika permainannya ingin dilakukan dalam berkelompok, setidaknya kalian membutuhkan 3 hingga 4 rebana yang dimainkan dengan sikap berhadapan. Kemudian, cobalah pukul dan cari ritme saling bersahut-sahutan (bukan memukulnya bersama-sama).

Penggunaan alat musik Rebana

Meskipun jika kita melihatnya “kesan” melayu yang ada di alat musik ini tentu sangat bisa kita rasakan. Bingkai yang ada pada rebana terbuat dari kayu yang dibentuk, salah satu tarian yang menggunakan alat musik rebana sebagai pengiringnya adalah tarian zapin, itupun jika posisinya belum digantikan dengan alat musik modern lainnya.

Rebana juga alat musik yang digunakan untuk kasidah-an dan ada juga rebana hadroh, hadroh adalah sebuah musikal yang kental dengan nuansa Islaminya. Biasanya menggunakan Sholawat Nabi dan diiringi dengan rebana hadroh.

Baca juga: cara memainkan tamborin

Dalam penampilannya, biasa ada juga alat musik lain yang menemani permainan rebana, seperti:

  • Bass Hadroh, wujudnya seperti drum bass biasa namun berbeda pada bagian belakangnya.
  • Ketipung, alat musik pukul yang menghasilkan suara untuk mengiringi jalannya penampilan
  • Marawis, yang mirip dengan rebana dari cara memainkannya, syair lagu yang dibawakan (bernuansa Islami) hingga tekniknya.
  • Dumbuk Batu, bentuknya seperti gendang, tetapi hanya memiliki 1 buah lapisan untuk dipukul, sisi lainnya memiliki diameter berbeda dan berlubang.
  • Dumbuk Pinggang, sebuah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul juga, bentuknya juga sama seperti Dumbuk Batu
  • Tamborin, alat musik yang termasuk jenis perkusi dan dimainkan dengan cara digoyang dan dipukul, suaranya sedikit berisik.
  • Tabla, sebuah alat musik yang biasanya dimainkan dalam musik keagamaan dan terkenal di daerah India. Bentuknya seperti gendang tetapi pendek.
  • Gendang & Bedug, kedua alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Dikarenakan namanya yang umum, mungkin tidak perlu banyak penjelasannya.
  • Gambus, alat musik petik yang berbentuk seperti gitar ini menghasilkan suara yang khas seperti suasana melayu-nya sehingga sering digunakan untuk mengiringi

Rebana memiliki beberapa jenis ukuran ada yang berukuran biasa ada juga Rebana yang besar diberi nama Rebana Ubi, biasanya Rebana jenis ini dimainkan pada hari-hari raya tertentu untuk mempertandingkan bunyi dan irama.

Dikarenakan zaman yang terus maju dan berkembang, sangatlah mungkin jika alat musik seperti rebana ini akan tergerus waktu. Semoga kita bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya, sekian dan terima kasih