Cara Memainkan Alat Musik Recorder

Cara memainkan alat musik recorder – Sebutkan jenis alat musik recorder, jelaskan cara menyetem recorder, penjarian recorder adalah hal dasar yang masih diajarkan oleh sekolah kepada anak didiknya, teruntuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah ikutilah ajaran dari guru kalian dengan benar karena belajar recorder dengan not angka tidaklah mudah, apalagi tanpa ada yang mengajarkan

Cara memainkan alat musik recorder
Ilustrasi cara memainkan alat musik recorder

Recorder merupakan sebutan atau nama lain dari alat musik yang biasanya terbuat dari kayu, yang masih dalam keluarga seruling dengan corong tiup seperti peluit. Recorder dapat dibedakan dari seluring dikarenakan adanya lubang untuk ibu jari di atas dan 7 lubang (3 di atas 4 di bawah) tetapi bentuk ini hanyalah bentuk yang dulu, mungkin telah banyak dimodifikasi.

Cara Memainkan Alat Musik Recorder

Alat musik recorder merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup selain itu, recorder termasuk alat musik yang tergolong cukup tua dan sudah cukup lama dikenal bahkan sejak abad pertengahan. Recorder dibuat dengan barbagai macam ukuran dan nama yang berbeda.

Rentang nada yang diciptakan juga berbeda, untuk era seperti saat ini dan paling umum digunakan adalah jenis Soprano, Alto, Tenor, dan Bass. Dalam sejarah alat musik recorder, bahan dasar untuk membuat alat musik ini adalah kayu dan gading.

Permainan dan Fungsi Recorder

Jenis alat musik recorder
Gambar jenis alat musik recorder

Seperti yang kita ketahui kunci recorder atau not angka recorder tidak mudah untuk dibaca, apalagi bagi kita yang masih baru mempelajari alat musik tersebut. Berikut hal yang harus kalian ketahui tentang recorder:

  1. Recorder merupakan jenis musik melodis yang sumber suaranya tercipta dari tekanan udara
  2. Pada dasarnya fungsi recorder adalah digunakan untuk pelajaran disekolah
  3. Recorder yang sering digunakan adalah jenis sopran, sopraninio, alto
  4. Tiap sekolah biasanya mengajarkan cara memainkan recorder lagu mengheningkan cipta sebagai dasar
  5. Dengan dan kunci suling recorder termasuk alat jenis melodis, bukan ritmis atau pengiring

Setelah mengetahui hal dasar dari alat musik ini, mari kita lanjut kedalam materi pengenalan dasar dan teknik cara memainkan alat musik recordernya

Teknik Bermain Recorder

Sebelum mengenal teknik, perlu kita ketahui bersama tidak ada sesuatu yang mudah, jadi teman-teman haruslah tetap sabar dalam mengenal dan memahami not not recorder seperti not tinggi dan not rendah pada recorder

Not huruf recorder
Gambar not huruf recorder

Adapun hal yang harus kita perhatikan dalam bermain, yaitu:

  1. Tangan kiri memegang seruling yang bagian atas sementara tangan kanan memegang bagian bawah.
  2. Untuk menghasilan nada tinggi, lubang oktaf ditutup ibu jari tangan kiri dan dibuka 1/2 atau 3/4
  3. Kepala lurus tegak dan bahu tidak tegang
  4. Siku terangkat tidak menyentuh badan dan dada membusung kedepan
  5. Meniup dengan seperlunya tidak berlebihan
  6. Jangan memasukan recorder terlalu dalam ke mulut

Tidak lupa juga saya sertakan gambar untuk not huruf recorder di atas agar teman-teman tidak terlalu sulit untuk membayangkannya, sumber gambar berasal dari blog 0raetlabora.

Demikian artikel cara memainkan alat musik recorder dari alatmusikindonesia.com dan semoga dapat menambah wawasan kita semua, teruslah berlatih notasi recorder karena semua kesuksesan harus dimulai dari hal kecil, terimakasih.