Cara Memainkan Alat Musik Recorder

Tidak seperti namanya, recorder merupakan sebuah alat musik yang berbentuk seperti suling. Cara memainkan alat musik recorder adalah dengan meniupnya pada salah satu ujung lubang dan kemudian mengatur nada dengan menutup katup lubang di sekeliling tubuh recorder

Recorder adalah alat musik yang digolongkan alat musik melodis dan sumber bunyinya berasal dari tekanan udara yang dihembuskan oleh pemain, dikenal dengan istilah Aerophone.

Alat musik recorder atau yang orang sering sebut “seruling” juga sering digunakan di dunia pendidikan. Biasanya siswa akan diajak untuk mengcover sebuah lagu, baik itu lagu daerah atau lagu nasional.

Baca juga: cara memainkan suling

Jenis recorder yang sering digunakan di sekolah-sekolah adalah recorder sopran, sopranino dan alto, tentunya pemain harus menyesuaikan diri jika memiliki jari tangan yang tidak panjang.

Alat musik Recorder

Recorder banyak jenisnya dan tidak mudah untuk mempelajarinya, jadi jika kalian memiliki kelas musik yang mengajarkan cara memainkan recorder, perhatikan dengan baik karena not angka tidaklah mudah.

cara memainkan alat musik recorder
Gambar alat musik Recorder

Recorder umumnya memiliki wujud berupa alat musik yang berbentuk seperti suling, terbuat dari kayu dan bagian yang ditiupnya berbentuk seperti peluit atau corong tiup (jadi kalian bisa langsung membedakan bagian yang ditiup dan bukan).

Mengapa recorder dibedakan dengan seruling? ternyata adanya lubang untuk ibu jari yang berlawanan dengan 7 lubang di membuatnya unik. Recorder modern mungkin berbeda dengan adanya modifikasi, tetapi cara memainkannya sama saja.

Cara memainkan alat musik Recorder

Recorder dimainkan dengan cara ditiup pada corong tiup yang terdapat di salah satu ujung alat musik. Alat musik ini dikenal memiliki berbagai macam ukuran dan nama yang berbeda, beberapa orang juga mungkin bingung apakah recorder termasuk alat musik tradisional atau modern.

Baca juga: cara memainkan serunai

Rentang nada yang dihasilkan recorder berbeda. Selain itu, recorder juga bukan dari golongan alat musik ritmis (pengiring) melainkan melodis dan bisa dimainkan secara individu ataupun kelompok. Berikut hal yang harus kalian ketahui tentang recorder:

  1. Recorder merupakan jenis musik melodis yang sumber suaranya tercipta dari tekanan udara
  2. Pada umumnya fungsi recorder adalah digunakan untuk pelajaran di sekolah
  3. Recorder yang sering digunakan adalah jenis sopran, soprano, alto
  4. Tiap sekolah biasanya mengajarkan cara memainkan recorder dengan lagu mengheningkan cipta
  5. Suling recorder dikenal sebagai alat jenis melodis, bukan ritmis atau pengiring

Untuk era seperti saat ini dan paling umum digunakan adalah jenis Soprano, Alto, Tenor, dan Bass. Dalam sejarah alat musik recorder, bahan dasar untuk membuat alat musik ini adalah kayu dan gading.

Tips bermain Recorder

Semakin mahir kita memainkan recorder maka semakin sabar juga kita ketika mengambil nada. Setelah mengetahui nada dasar dari recorder, selanjutnya kalian akan belajar teknik yang sedikit advance, seperti not tinggi not rendah, dll.

Baca juga: cara memainkan flute

Ada beragam teknik dan cara memainkan alat musik recorder, tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan ketika bermain, seperti:

  1. Tangan kiri memegang seruling yang bagian atas sementara tangan kanan memegang bagian bawah.
  2. Untuk menghasilkan nada tinggi, lubang oktaf ditutup ibu jari tangan kiri dan dibuka 1/2 atau 3/4
  3. Kepala lurus tegak dan bahu tidak tegang
  4. Siku terangkat tidak menyentuh badan dan dada membusung kedepan
  5. Meniup dengan seperlunya tidak berlebihan
  6. Jangan memasukan recorder terlalu dalam ke mulut

Tidak lupa juga saya sertakan gambar untuk not huruf recorder di atas agar teman-teman tidak terlalu sulit untuk membayangkannya.

Peletakan jari dan jenis Recorder

teknik bermain recorder
Penempatan jari | Gambar: Elmi Marisa

Sebelum kalian mempelajari lebih dalam untuk memainkan recorder, ada baiknya untuk mengenali dulu jenis recorder apa yang sedang kita pelajari, beberapa jenis recorder seperti:

  • Recorder Sopranino
  • Recorder Soprano
  • Recorder Alto
  • Recorder Tenor
  • Recorder Bass
  • Recorder Great Bass (Contrabass)

Recorder yang telah dibedakan tadi memiliki karakteristiknya masing-masing, seperti recorder sopran yang mempunyai wilayah suara dari c’ (lubang ditutup semuanya). Untuk menghasilkan nada tinggi, kalian juga harus mempelajari peletakkan jari yang benar.

Bagaimana? ada sedikit gambaran kan? teruslah giat berlatih agar permainan kalian semakin halus. Jika kalian tidak berbakat dalam dunia alat musik, tentu hanya dengan berlatih dan berlatih kalian akan bisa memainkannya.