Cara Memainkan Alat Musik Saluang

Bagaimana cara memainkan alat musik Saluang? Saluang adalah alat musik tradisional Minangkabau yang terkenal akan suaranya yang terdengar sendu dan kental dengan suasana Melayunya. Tiap nagari di Minangkabau juga memiliki teknik tersendiri dalam peniupannya.

Alat musik saluang memiliki ciri khas dari suara yang dihasilkan. Jika dilihat dari fisiknya, saluang memiliki ukuran yang cukup panjang (lebih dari 30 cm).

Saluang memiliki diameter kurang lebih 3 cm, tetapi bahan yang digunakan tidaklah sembarangan. Idris Sutan Sati dan penyanyinya Syamsimar adalah salah satu pemain Saluang yang namanya telah melegenda.

Alat musik tradisional Saluang

Saluang terbuat dari bahan tertentu, beberapa golongan masyarakat Minangkabau juga yakin untuk bahan yang bagus adalah dari bambu talang yang digunakan untuk jemuran kain atau yang hanyut di sungai.

cara memainkan alat musik saluang
Gambar alat musik tradisional Saluang

Talang yang biasanya digunakan untuk wadah membuat lemang, juga bisa dimanfaatkan dan diubah fungsinya menjadi alat musik tradisional.

Alat musik tradisional Minang ini memiliki lubang lebih sedikit daripada Suling. Keutamaan dari para pemain Saluang yang terlatih adalah mereka bisa bermain Saluang sambil bernafas.

Cara memainkan alat musik Saluang

Saluang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik tradisional yang ditiup ini terlihat keistimewaannya ketika pemainnya bisa meniup sekaligus menarik nafasnya sambil bermain Saluang.

Mungkin bagi kita yang belum terbiasa akan batuk ketika mencoba menarik nafas melalui lubang tempat meniup, tentunya tidak disarankan menggunakan Saluang bersama-sama.

cara memainkan saluang
Gambar set alat musik Saluang

Seperti yang sudah sedikit disindir di atas, tiap daerah di Minangkabau memiliki teknik dan cara memainkan alat musik Saluangnya masing-masing, tetapi masih dengan cara ditiup melalui mulut.

Beberapa daerah yang memiliki teknik dari alat musik ini seperti Singgalang, Solok Salayo, Pariaman, Pauah dan Koto Tuo. Kabarnya alat musik ini juga bisa digunakan untuk ilmu hitam.

Beragam jenis Saluang

Salah satu jenis Saluang yang terkenal adalah Saluang Darek, Saluang yang berasal dari daerah pedalaman Minang. Jenis ini sering digunakan dan cukup populer dalam berbagai jenis seni pertunjukkan dan kerap dikolaborasikan dengan alat musik lainnya.

Ada juga Saluang Singgalang yang dimainkan hanya pada saat pembukaan awal lagu saja dan bisa dibilang cukup sulit, jenis ini juga sangat populer pada kalangan pemain karena tingkatnya sudah pada level yang berbeda.

cara memainkan saluang Minang
Gambar orang yang sedang memainkan Saluang

Alat musik Saluang bisa juga kita kategorikan jenis musik suling / namun pembuatannya lebih sederhana, hanya saja bahan penggunaannya tergantung dari pembuatnya. Saluang juga dikenal sebagai salah satu alat musik tradisional Sumatera Barat.

Lubang yang ada pada Saluang berkisar 2/3 dari ukuran Saluang itu sendiri. Tentunya, pembuat juga harus menentukan mana bagian atas dan mana bagian bawah tiap ujungnya.

Teknik dan cara memainkan alat musik Saluang memang menarik, tetapi sesuaikan dengan kemampuan dan jangan terlalu terburu-buru mempelajarinya.

Jika kita tidak memiliki bakat atau kelebihan dalam dunia musik, berlatih dan konsisten adalah cara termudah untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut.