Cara Memainkan Alat Musik Saron

Cara memainkan alat musik saron – Saron merupakan salah satu nama dari alat musik tradisional Indonesia. Saron memiliki nama lain pada beberapa wilayah, yaitu ricik. Ricik atau Saron ini merupakan salah satu instrumen gamelan yang masih termasuk dalam keluarga balungan[src].

Dalam sebuah set gamelan biasanya terdapat 2 hingga 4 saron tergantung dari kebutuhannya dan ralashnya juga seimbang yakni pelog dan slendro. Saron menghasilkan nada lebih tinggi daripada demung 1 oktaf namun ukuranyna lebih kecil.

Cara Memainkan Alat Musik Saron

Dalam mempelajari teknik dan cara memainkan alat musik saron, kita memerlukan sebuah tabuhan kayu yang bentuknya menyerupai palu. Benda ini diperlukan sebagai alat untuk memukul saron agar dapat menghasilkan suara.

Cara memainkan alat musik saron
Ilustrasi cara memainkan alat musik saron

Untuk dapat menyaksikan permainan saron langsung, biasanya kita bisa menjumpainya ketika ada acara adat daerah yang masih menggunakan gamelan sebagai salah satu instrumen musik yang digunakan di daerah tersebut, bentuknya seperti kotak yang di atasnya terdapat beberapa wilahan besi atau kuningan.

Teknik Memainkan Alat Musik Saron

Teknik memukul Saron juga bermacam-macam, jika kalian mengamati dengan seksama, ada jenis tabuhan yang menyesuaikan dengan nada aslinya, nada imbal ataupun menabuh secara bergantian antar saron 1 dengan saron lainnya, begitulah cara memainkan alat musik saron.

Selain itu, dalam permainannya, saron dikomandoi oleh pemain gendang dan gendhingnya. Komando ini biasanya untuk mengatur cepat atau lambatnya tempo permainan dan memukul saron, contoh:

  • Pada Gendhing Gangsaran yang permainannya menggambarkan peperangan, permainan saron ini biasanya keras dan cepat.
  • Pada Gendhing Gati yang permainannya bernuansa ke-militeran. Saron atau ricik ini dimainkan dengan lambat namun keras dan tegas.

Teknik dan cara memainkan alat musik saron yang paling umum digunakan adalah dengan memainkan saron menggunakan tangan kanan untuk memukul dan tangan kiri untuk memencet wilahannya sehingga dengungan yang tersisa dari pukulan itu menghilang.

Demikian, artikel tentang bagaimana cara memainkan alat musik saron dari alatmusikindonesia.com semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca ataupun yang mencari informasi relevan terkait alat musik tersebut, terimakasih.