Cara Memainkan Alat Musik Serunai

Cara memainkan alat musik serunai adalah dengan meniupnya pada lubang yang terdapat pada salah satu ujungnya. Serunai juga memiliki sebutan berbeda tiap daerahnya, demikian juga dengan suara yang dihasilkan tiap tiupannya.

Serunai merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Serunai bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, tetapi alat musik ini dikenal berasal dari daerah Minangkabau.

Pada awalnya alat musik ini diyakini berasal dari India yang menggunakannya untuk penampilan ular. Kemungkinan sebelum kedatangannya ke Indonesia, Serunai dikenal dengan nama Shehnai, alat musik yang berasal dari India Utara.

Seiring berjalannya waktu, Serunai mulai dikenal oleh seluruh masyarakat Minang dan Sumatera Barat, kemudian dipopulerkan ke seluruh Indonesia baik dari acara maupun oleh para Imigran.

Alat musik Serunai

Serunai atau yang dikenal dengan panggilan puput serunai merupakan alat musik yang bentuk dan cara memainkanya mirip dengan suling. Serunai memiliki bentuk panjang sekitar 10 – 12 cm dan pada bagian ujungnya seperti terompet (seperti bunga mekar).

cara memainkan alat musik serunai
Gambar alat musik tradisional Serunai

Serunai memiliki motif hiasan yang berbeda-beda, bahkan ada yang keseluruhannya berwarna hitam dan motifnya yang berwarna terang. Serunai memiliki beberapa lubang yang berfungsi sebagai keluarnya suara dan juga pengatur irama.

Alat musik tradisional Minang ini juga cocok dimainkan dalam berbagai acara, mulai dari pawai, pentas seni, pertunjukan musik bahkan mengisi waktu luang acara tertentu.

Menjadi bagian dari alat musik tradisional Barat, Serunai bukan satu-satunya alat musik tradisional tiup yang dimainkan. Jika dimainkan secara solo, mungkin hanya sedikit orang yang menyukai suaranya.

Cara memainkan alat musik Serunai

Teknik memainkan serunai hampir sama dengan suling, kita mengatur suara/nada yang dihasilkan dengan cara menutup beberapa lubang yang ada pada Serunai. Puput Serunai biasanya dimainkan pada acara adat yang ramai.

Alat musik tiup ini juga dimainkan secara bebas, alat musik ini juga bisa mengusir penat ketika bekerja di ladang. Serunai juga dimainkan bersamaan dengan alat musik seperti talempong, gendang dan alat musik lain yang menghasilkan irama khas Minang.

cara memainkan serunai
Gambar alat musik Serunai

Serunai biasanya dimainkan bersama dengan kendang/gendang. Di Malaysia sendiri, Serunai juga dikenal sebagai salah satu alat musik pengiring penampilan silat yang tentunya bersama dengan alat musik lainnya.

Di era modern seperti saat ini, banyak alat musik modern yang menggantikan posisi Serunai. Selain itu, kedatangan musik budaya barat yang bermacam-macam lebih diminati oleh kaum muda, sehingga peminat alat musik tradisional Minangkabau semakin sedikit.

Bahan alat musik Serunai

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian kita saat membuat/mencoba Serunai, yaitu lubang peniup, bahan yang dibutuhkan dan tentunya berapa jumlah dan besar lubang yang harus dibuat.

Menurut situs ManafMansor91, Serunai Minang bisa dibuat dari beberapa bahan seperti batang padi, kayu/buluh, tanduk hewan dan/atau daun kelapa. Kayu yang panjangnya mencapai 20 cm tersebut diberi 4 lubang yang berjarak kurang 2,5cm

Serunai
Gambar alat musik tiup, Serunai

Fungsi dari lubang tersebut adalah untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Bagian yang akan ditiup pada alat musik serunai biasanya terbuat dari kayu bambu talang, atau batang padi yang sudah tua.

Bagian ini disambungkan oleh bagian penyambung yang berfungsi untuk pangkal puputnya tersebut. Panjangnya berukuran 5cm dan terbuat dari bahan kayu yang keras. Penyambung ini dilubangi yang berfungsi untuk saluran udara yang ditiup, yang berhubungan dengan poros badan dan poros yang corong.

Di bagian belakang terdapat bagian penyambung juga yang bentuknya corong, dengan diameter kurang dari 2 cm. Bagian corong yang terletak di ujung serunai yang dibentuk besar seperti halnya ujung akhir alat musik jenis terompet. Sekian pembahasan cara memainkan alat musik serunai, terima kasih.