Cara Memainkan Alat Musik Simbal

Cara memainkan alat musik simbal adalah dengan memegang kedua simbal dengan kedua tangan lalu saling diadukan. Simbal menghasilkan suara yang sangat keras tergantung dari tenaga yang dikeluarkan pemainnya. Ada pula jenis simbal yang dipukul (contohnya yang ada pada drum).

Simbal merupakan alat musik yang bisa disebut juga alat musik perkusi dan sudah digunakan sejak zaman kuno. Salah satu pembuat simbal terkenal ada di daerah Turki yang membuat simbalnya dengan bahan campuran logam yang masih dirahasiakan.

Adapun beberapa merk simbal terkenal yang bisa kita temui, seperti:

  • Avedis Zildjian Company
  • Italian Bellotti Cymbals
  • Meinl
  • Paiste
  • Sabian
  • Stagg
  • UFIP
  • Yamaha
  • Wuhan
  • Istanbul cymbals
  • Istanbul Agop
  • Orion Cymbals
  • Rolling

Dan mungkin masih banyak alat musik simbal yang tidak saya ketahui pribadi. Contoh mudahnya, teman-teman bisa melihat simbal pada alat musik drum yang bentuknya seperti piringan logam dan umumnya berwarna emas.

Alat musik Simbal

Simbal merupakan instrumen musik perkusi yang berbentuk lingkaran, terbuat dari logam (biasanya tembaga) dan biasanya digunakan untuk meramaikan sebuah penampilan instrumen musik.

cara memainkan alat musik simbal
Gambar alat musik Simbal

Simbal memiliki tonjolan pada bagian tengahnya yang berbentuk juga, namun diameternya sekitar 1/2 atau 1/3 nya saja. Untuk simbal yang dipukul biasanya bagian tengahnya dilubangi dan simbal yang diadu biasanya ada tali yang mengikatnya.

Cara memainkan alat musik Simbal

Ada 2 jenis simbal yang bisa kita temui dan sudah ada sejak zaman kuno, ada yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, ada juga yang dimainkan dengan cara saling diadu.

Cara memainkan alat musik simbal juga tidak sembarangan dan tidak asal pukul. Cukup pukulnya di daerah tepinya saja dan usahakan untuk tidak memukulnya terlalu keras.

Salah satu contoh mudah untuk mempelajari cara memainkan simbal adalah dengan melihat penampilan marching band atau menonton tutorialnya di internet (youtube misalnya)

Jenis alat musik Simbal

Simbal yang bagus tentunya memiliki kualitas logam pilihan yang diyakini bagus juga. Ada berbagai jenis simbal yang bisa kita mainkan, seperti:

Simbal Hi-Hat

simbal hi hat
Gambar Simbal Hi Hat

Simbal Hi-Hat adalah simbal yang terdiri dari dua simbal yang diletakan dengan posisi saling berhadapan, pada umumnya ketebalan alat musik jenis simbal ini untuk bagian bawah memiliki ketebalan yang sama dengan Hi-hat untuk bagian yang atas.

Simbal Crash

simbal crash
Gambar Simbal Crash

Jenis simbal crash dapat menghasilkan suara yang cenderung keras dan tajam, simbal berjenis crash biasanya digunakan untuk membuat aksen-aksen pada sebuah pukulan dan penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (sinkopasi) .

Untuk musik tertentu terutama musik yang bergenre rock dan metal, simbal crash juga dapat dimainkan sama hal nya dengan simbal jenis Hi-hat.

Simbal Ride

simbal ride
Gambar Simbal Ride

Simbal Ride adalah simbal yang mempunyai ukuran cukup besar, ukuran yang paling umum berkisar 20 inci. Suara yang dihasilkan dari simbal ride mempunyai kecendrungan yang jernih.

Fungsi dari simbal ride hampir sama dengan simbal Hi-Hat yang menciptakan sebuah aliran groove, terutama untuk memainkan musik jenis jazz swing.

Memainkan alat musik Simbal

Alat musik simbal terdiri dari 2 buah logam yang bentuknya seperti tutup panci namun lebih pipih dan bahannya dari logam yang nantinya dipukul menggunakan stik kayu atau saling diadu.

Untuk teman-teman yang memiliki riwayat jantung atau tidak kuat dengan suara yang terlalu bising, saya pribadi menyarankan untuk tidak terlalu dekat atau menutup telinga.

Sekian sedikit ulasan cara memainkan alat musik simbal versi kami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman pembaca, terima kasih.