Cara Memainkan Alat Musik Sitar

Bagaimana cara memainkan alat musik Sitar? Sitar adalah alat musik yang diyakini berasal dari daerah asia selatan dan merupakan instrumen yang sering digunakan dalam musik klasik Hindustan (India) dan sebagai iringan tari-tarian di Negara tersebut.

Bentuknya seperti Rebab dari Timur Tengah dan juga memiliki 7 buah senar yang terbentang dari ujung ke body Sitar. Di India sendiri, Sitar dimainkan bersama alat musik lain seperti Tabla, Sarod, dan Tambura.

Sitar bukanlah alat musik yang mudah dipelajari dan dimainkan, selain harus menyesuaikan posisi tubuh yang nyaman, dari segi senar ataupun fretnya juga tak semudah Gitar. Selain itu ingat alat musik ini memiliki senar lebih banyak dari gitar biasa.

Baca juga: cara memainkan rebab

Alat musik ini jugalah yang digunakan dalam seni-seni musik berjenis klasik Hindustan sejak Zaman pertengahan. Sitar dipercaya telah diturunkan dari jenis sebuah instrumen kuno india yang dinamakan dengan Veena.

Alat musik Sitar

Sitar juga dipopulerkan oleh beberapa orang ternama dari India seperti artis Ravi Shankar. Suara sitar berasal dari resonansi dari senar dan juga body atau labu ruang resonansi. Sitar memiliki body yang lebih kecil dan lebih bulat dibandingkan gitar.

cara memainkan alat musik Sitar
Gambar alat musik Sitar

Sitar bukanlah alat musik yang baru, alat musik ini telah ada dan kemungkinan keberadaannya di India berasal dari orang-orang Timur Tengah yang hijrah ke India. Sitar terbuat dari kayu Jati, Mahoni atau Tun, Labu, Logam dan Tulang[sumber].

Untuk penjabaran historikal tentang alat musik Sitar, teman-teman bisa membacanya di Wikipedia atau di blog British Museum yang membahas tentang Ravi Shankar.

Cara memainkan alat musik Sitar

Sitar dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawainya. Dikarenakan usianya yang sudah lama, sangatlah mungkin jika Sitar dikategorikan alat musik tradisional yang dipetik asal India.

Untuk memainkan Sitar, pemain mengambil sikap seperti ketika ingin memainkan Gitar, selengkapnya teman-teman bisa membaca di artikel cara memainkan Gitar. Posisi duduk dan memegang juga hampir sama.

cara memainkan Sitar
Gambar alat musik petik Sitar

Ukurannya yang besar dan sangat panjang membuat pemainnya terkadang harus mengulurkan tangan lebih panjang untuk memegang dan mengatur nada menggunakan tangan kiri. Sitar bisa dimainkan secara solo atau berupa grup musik.

Jenis instrumen tersebut sudah dimodifikasi agar sesuai dengan selera masyarakat Persia dan diberi nama dengan sebutan alat Persia yang Setar yang berartikan “tiga senar” dan sejak itu alat musik setar mengalami cukup banyak perubahan.

Baca juga: cara memainkan alat musik Sampe

Alat musik sitar yang modern berkembang di Negara india sekitar abad ke – 18. Dawai Simpatetik adalah dawai yang berukuran sangat kecil dan mempunyai jumlah yang sangat banyak hingga 19, dan terletak pada tepat dibawah dawai utama.

Pembuatan Alat Musik Tradisional Sitar

Pembuatan sebuah alat musik sitar yang menghasilkan kualitas yang bagus membutuhkan proses yang kompleks. Dari segi bentuk leher sitar dan ruang utama dari sitar harus halus, biasanya dibuat dari kombinasi berbahan kayu mahoni dan jati.

cara memainkan alat musik tradisional Sitar
Gambar alat musik tradisional Sitar

Untuk pemilihan bahan kayu dan lainnya dibutuhkan bertahun-tahun pengetahuan dan kesabaran. Tentunya keahlian yang telah diwariskan dari keturunan para pembangun alat musik sitar ini.

Bisa dikatakan perlu waktu yang cukup panjang untung membentuk satu buah sitar yang berkualitas, Ahli sitar juga harus melihat dari jenis instrumen,suara, dan penampilan sitar dengan sangat teliti.

Baca juga: cara memainkan harpa

Alunan dari sebuah nada merdu yang dihasilkan dari alat musik berjenis sitar yang sering membawa ke pikiran-pikiran masyarakat jauh dapat membuat orang bahagia mendengar nya, bukanlah tanpa sentuhan sebuah kontemporer melainkan dari sebuah seni.

Begitulah sedikit artikel tentang cara memainkan alat musik sitar semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.