Cara Memainkan Alat Musik Siter

Bagaimana cara memainkan alat musik Siter? Siter merupakan salah satu alat musik tradisional penyusun ansambel musik Gamelan yang sangat terkenal, terutama di daerah Jawa. Alat musik ini dikenal dengan panggilan Siter dan Celempung.

Siter dan Celempung merupakan satu paket di dalam gamelan Jawa. Keberadaannya juga masih memiliki hubungan dengan Kecapi yang ada pada Gamelan Sunda.

Selain Siter dan juga Celempung, teman-teman juga bisa membaca tentang cara memainkan alat musik lain yang digunakan sebagai perangkat gamelan, seperti:

Siter dan Celempung memiliki berbagai ukuran, terutama dalam instrumen khas Gamelan Siteran. Meskipun begitu, Siter juga dipakai dalam jenis Gamelan lainnya.

Alat musik Siter

Siter memiliki 11 senar, Celempung memiliki 13 senar dan keduanya direntangkan di antara kotak resonator. Ciri khas dari alat musik tradisional Jawa Tengah ini adalah setelannya yang menggunakan nada pelog dan senar lainnya bernada Slendro.

Penyebutan Siter berasal dari bahasa Belanda, yaitu Citer. Baik siter ataupun Celempung, keduanya dimainkan dengan kecepatan yang sama tergantung tempo yang ingin dimainkan.

Cara memainkan alat musik Siter

Siter adalah salah satu dari daftar alat musik tradisional yang dipetik dari pulau Jawa. Siter dipetik pada bagian senarnya menggunakan ibu jari, jari yang lainnya digunakan untuk menahan getarannya.

Umumnya pemain Siter menggunakan tangan kanan untuk memetik dan jari tangan kiri digunakan untuk meredam getaran. Siter dan Celempung dimainkan bersama atau dikenal sebagai penerusan.

cara memainkan alat musik siter
Gambar alat musik tradisional Siter

Alat musik Siter berukuran sekitar 40 cm panjangnya, sedangkan Celempung 90 cm. Dikarenakan ukurannya yang pas dengan tangan dewasa, tidak terlalu sulit jika teman-teman ingin mempelajarinya, bukan berarti mudah mempelajarinya.

Siter bisa mengisi banyak posisi, jika dilihat dari pokok gendingnya, Siter digunakan sebagai pengolah lagu. Siter memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan instrumen lainnya.

Peran Siter dalam Gamelan

Kelebihan inilah yang dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan nada yang didengar penonton. Semakin ahli petikan seorang pemain, semakin indah juga suara yang dihasilkan.

Suara dari Siter mampu mengimbangi permainan Saron dan Gong yang ada pada ansambel Gamelan, ibaratnya Siter adalah Treble yang menjadi variasi di antara nada-nada bass.

Meskipun suara yang dihasilkan Siter enak didengar, tetap saja digunakan untuk mengiringi alat musik lain nya.

Kalian juga bisa membaca sedikit ulasan tentang siter di artikel cara memainkan alat musik Rebab, Siter dan Saron di blog ini.