7 Tips dan Cara Memainkan Alat Musik Suling yang Benar

Cara memainkan alat musik suling –  Alat musik tradisional suling ini merupakan alat musik yang di mainkannya dengan cara di tiup, Jadi di artikel ini saya akan membahas tentang Pengertian, Fungsi , Cara membuat alat musik tradisional suling dan cara memainkan alat musik suling[src].

Cara Memainkan Alat Musik Suling

Cara memainkan alat musik suling
Ilustrasi cara memainkan alat musik suling

Sehubung kita sedang membahas tentang fungsi dan pengertian alat musik tradisional suling saya akan menjelaskan tentang penjelasan dan cara membuat alat musik tradisional suling.

  • Alat musik suling ini merupakan alat musik yang dapat kita temui di seluruh daerah di negara Indonesia, Suara suling ini yang berciri lembut dan dapat di gabungkan(dipadukan) dengan alat musik lainnya dengan baik dan mudah.
  • Fungsi alat musik tradisional suling. Alat musik suling ini pada umumnya yang terbuat dari bahan bambu secara fisik, suling yang terbuat dari bambu memiliki 6-7 lobang nada yang terdapat pada  batangnya dan lubang pemanis pada dibagian ujungnya.

Cara Membuat Alat Musik Tradisional Suling

Cara membuat alat musik suling bahan yang digunakan umumnya menggunakan Bambu semat sebab memiliki tekstur yang sangat tipis dan dapat mudah dibentuk lobang.

Bambu yang di pilih harus berkisaran berumur kurang lebih sekitar 5 tahun hal ini dimaksudkan agar bambu-bambu itu benar-benar terlihat tua dan tidak akan keriput ketika waktunya dikeringkan, waktu pengambilan bambu yaitu sekitar setiap bulan Juni, Juli dan Agustus dikarenakan bulan ini adalah bulan kemarau sehingga lebih memiliki kadar air yang sedikit.

Sebagai perhitungannya adalah pada waktu jam 10 sampai dengan 12, 14 dan sampai dengan 16 tersebut merupakan saat di mana kadar air di dalam bambu yang akan berkurang. Kemudian penebangannya pun tidak harus dilakukan dimulai dari akarnya namun bisa disisakan satu sampai 1 sampai dengan 2 ruas yang berasal dari akar ini.

Dari cara membuat alat musik tradisional suling yang di atas ini saya akan menjelaskan cara-cara yang akan di jalani pada saat membuat alat musik suling ini.

  1. Cara pertama yaitu: Dengan di jemur di bawah panasnya matahari, cara ini adalah cara yang paling baik dan berguna karena sumber panas matahari yang alami dapat mengubah warna bambu akan lebih muncul, namun jika waktu pengeringannya tidak tepat bahan bisa cepat pecah dan pudar.
  2. Cara yang kedua yaitu: Bambu yang dipanaskan di atas tungku perapian tempat masak orang desa dikarenakan dapat melemahkan tekstur bambu dan akan mengalami noda berwarna hitam karena disebabkan oleh asam atau percikan api daru tungku itu sendiri.
  3. Cara ketiga yang terakhir ini adalah: Bahan di angin-angin di daerah rumah kekurangannya cara ini membutuhkan waktu yang lama lebihnya bahan akan tahan terhadap kemungkinan pecah dan yang terakhir adalah di oven (Di panggang) . Cara ini memang tidak alami namun produksi dalam pembuatan lebih mudah karena proses yang pengeringannya tidak memrlukan waktu yang sangat lama.

Mengenal lebih dalam tentang alat musik tradisional suling di artikel ini saya akan membahas tentang cara memainkan alat musik suling.

Cara Memainkan Alat Musik Suling

Suling adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup, yang cukup terkenal pada awal abad ke- 14. Alat musik ini dapat menghasilkan suara yang lembut seperti flute.Jika dibandingkan dengan jenis alat musik lainnya.

  1. Melakukan persiapan, Untuk para pemula Anda bisa memulainnya dengan cara membeli suling yang terbuat dari plastik yang harganya tidak terlalu mahal. Suling plastik biasanya digunakan oleh anak-anak sekolah dikarenakan suling ini sangat mudah dirawatnya.
  2. Merakit suling. Rakit suling biasanya terdiri dari atas tiga bagian. Bagian atas yang berguna untuk meniup, bagian tengah yang berlubang-lubang berguna untuk jari, dan bagian bawah yang berbentuk seperti jenisnya lonceng. Gabungkan bagian-bagian tersebut dengan cara memuntirnya dengan cara perlahan-lahan.
  3. Memainkan nada pertama, Nada pertama yang biasanya dipelajari dengan di awali dengan kunci B, Mulailah dengan menutup lubang di bagian belakang dengan ibu jari tangan bagian kiri. Setelah itu tutuplah bagian tutuplah lubang paling atas di bagian depan yang tepatnya berada tepat di bawah tempat meniup dengan menggunakan telunjuk tangan kiri.
  4. Pahami lah panduan untuk menempatkan jari-jari Anda. Ada panduan yang cukup sederhana untuk menunjukkan nada-nada pada alat musik suling. Panduan penempatan jari-jari ini terdiri beruma angka-angka 0 sampai dengan 7, dimana angka 0 ini digunakan untuk menggantikan ibu jari yang tangan kiri. 1 menggantikan jari telunjuk tangan kiri, 2 menggantikan jari tengah tangan kiri.Contohnya yaitu nada B yang baru saja Anda mainkan akan diwakili oleh panduan yang menempatkan jari-jari berikut  01——. Setiap aangka mewakili lubang yang akan di tiup dan tanda kurang menggantikan lubang yang dibiarkan terbuka. 
  5. Pelajari Nada-nada Yang Menggunakan Tangan kiri. Nada-nada pertama yang akan anda pelajari untuk memainkan suling dengan tangan kiri adalah kunci B yang baru saja anda memainkannya, A dan G ke dua nada berikutnya yang akan Anda mainkan dengan tangan kiri adalah kunci C’ dan D’. Tanda apostrof di sudut kanan atas nada ini menunjukan bahwa ini yang mempunyai nada-nada tinggi contoh nya : Untuk memainkan nada A gunakan posisi yang sejenis dengan Nada B, tetapi kali ini Anda akan tempatkan jari tengah kiri ini pada lubang yang ke 2 teratas.  Untuk memainkan nada G gunakan posisi tangan yang akan digunaan untuk nada A, Meskipun kali ini Anda tempatkan jari manis kiri Anda tepatnya pada lubang ke 3 paling atas,
  6. Cobalah berlatih memainkan lagu yang lebih sederhana. Setelah Anda bisa memahami semua nada-nada ini, Anda bisa menggabungkannya untuk memainkan beberapa lagu yang cukup sederhana untuk di mainkan berikut jenis lagu sederhana yang bisa Teman-teman mainkan : Lagu Mary Had a Little Lamb menggunakan kunci. B,A,G,A,B,B, A,A,A,B,D,D,B,A,G,A,B,B,B,A,A,B,A,G.
  7. Berlatihlah Untuk Memainkan Nada-nada Yang Tinggi. Cara memainkan nada-nada yang terbilang tinggi bisa dibilang lebih sulit. Untuk memainkan nada D’ diperlukan teknik kemampuan yang biasa dikatakan juga dengan “membuka sebagian lubang-lubang dengan ibu jari” Tutup lah 2/3 sampai dengan 3/4 lubang dibagian belakang suling yang menggunakan ujung ibu jari Anda. Rapatkan bibir Anda lalu tiuplah sedikit lebih kencang dari biasanya meniup suling biasa.

Berikut pengenalan tentang cara memainkan alat musik suling dan keterangannya” semoga bermanfaat dan berguna bagi teman-teman pembaca

Yang kamu cari :