Cara Memainkan Alat Musik Suling

Bagaimana cara memainkan alat musik Suling? apakah hanya dengan ditiup saja sudah bisa dibilang bisa memainkan? apakah ada teknik yang mudah untuk para pemain pemula? Suling memang terlihat mudah, tapi ternyata tidak demikian.

Suling merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah melekat hampir di tiap-tiap daerah, bahkan masing-masing daerah tersebut memiliki nama atau penyebutan yang berbeda untuk nama Suling ini.

Penggunaan suling bermacam-macam, ada yang menggunakannya sebagai sarana hiburan, ada juga yang menggunakannya untuk mencari uang (membuat grup musik dan tampil pada acara), suling juga digunakan di dunia pendidikan.

cara memainkan alat musik suling
Gambar alat musik tiup, Suling

Sangat disayangkan memang dimana anak generasi setelah kita kurang memiliki minat untuk mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik tradisional yang ditiup ini, selain itu posisi suling juga kebanyakan digantikan dengan teknologi.

Selain suling, ada juga alat musik lain yang serupa dan mungkin memudahkan kalian untuk mempelajari-nya seperti yang sudah saya tulis di artikel cara memainkan serunai, cara memainkan recorder, cara memainkan saluang, dan cara memainkan flute.

Cara Memainkan Alat Musik Suling

Suling dimainkan dengan cara ditiup pada bagian tiup yang berbentuk seperti peluit di salah satu ujung suling. Sebelum menggunakannya jangan lupa untuk membersihkan-nya terlebih dahulu, apalagi jika suling pernah dipinjam.

Berikut beberapa hal unik yang bisa kita temukan ketika sedang mempelajari suling, yaitu:

  1. Suling hampir bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia, terlebih di sekitar pulau Jawa.
  2. Suara yang dihasilkan Suling lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya
  3. Alat musik tradisional yang ditiup ini memiliki banyak fungsi atau multifungsi
  4. Suling tradisional umumnya terbuat dari bambu, suling modern berbahan plastik dan biasanya berwarna krem keputihan.
  5. Suling biasanya memiliki 6 – 7 lubang nada dan ada lubang penghias di dekat ujungnya

Untuk dapat mempelajari teknik bermain Suling, seorang pemain juga harus bisa membaca not nada yang digunakan pada lagu tertentu, berbeda dengan gitar yang bertulisan C, G, Am, biasanya not suling bertuliskan angka disertai titik.

Pembuatan Suling

Suling tradisional yang terbuat dari bambu, biasanya menggunakan bambu yang memiliki tekstur tipis agar lebih mudah dilubangi dan dibentuk. Selain itu, umur dan tingkat kekerasan bambu juga diperhatikan demi mendapat kualitas yang maksimal.

cara memainkan suling
Gambar alat musik Suling

Bambu yang digunakan biasanya berumur sekitar 5 tahun atau lebih karena di tahun tersebutlah bambu tidak terlihat keriput ketika dikeringkan, selain itu 5 tahun juga dianggap umur yang pas dan tidak terlalu terlihat tua.

Nantinya, ada beberapa tahap yang akan dilalui bambu hingga akhirnya menjadi suling, yaitu:

  1. Proses pemilihan bambu yang menjadi bakal suling.
  2. Proses pemanasan dan pengeringan bambu bisa dilakukan di bawah sinar matahari atau di atas tungku perapian
  3. Pendinginan bambu yang sudah di keringkan dengan “di-angin-anginkan”

Untuk proses pemanasan/pengeringan, cara yang bisa dibilang paling baik adalah dengan menggunakan panas matahari, kenapa? ternyata panas mataharilah yang paling bisa disesuaikan oleh bambu dan dapat merubah waarna secara natural.

Tetapi, jika kita memanaskan dengan tidak tepat malah bisa berakibat fatal, bambu bisa cepat pecah dan pudar. Jika dipanaskan di atas tungku, kekurangannya ada di bercak hitam yang menempel pada bambu dikarenakan asam dan percikan dari tungku apinya.

Lama waktu yang biasanya diperlukan dalam tahapan ini berkisar 10 hingga 16 jam tergantung dari kadar air yang terdapat di dalam bambu.

Tips memainkan Suling

Suling adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup, yang cukup terkenal pada awal abad ke- 14. Alat musik ini dapat menghasilkan suara yang lembut seperti flute. Jika dibandingkan dengan jenis alat musik lainnya.

cara memainkan suling sunda
Suling, alat musik tradisional yang ditiup

1. Melakukan persiapan

Untuk para pemula bisa memulainya dengan cara menggunakan suling yang terbuat dari plastik yang harganya tidak terlalu mahal. Suling plastik biasanya digunakan oleh anak-anak sekolah dikarenakan suling ini sangat mudah untuk dirawat.

2. Merakit suling

Sebenarnya ini cukup sulit dilakukan, untuk merakit suling biasanya ada tiga bagian. Bagian pertama untuk meniup, bagian tengah yang berlubang-lubang berguna untuk jari, dan bagian bawah yang berbentuk lonceng (opsional).

3. Memainkan nada dasar

Nada dasar yang biasanya dipelajari diawali dengan kunci B, Mulailah dengan menutup lubang di bagian belakang dengan ibu jari tangan bagian kiri. Setelah itu tutuplah bagian tutuplah lubang paling atas di bagian depan yang tepatnya berada tepat di bawah tempat meniup dengan menggunakan telunjuk tangan kiri.

4. Penempatan jari

Dalam memainkan suling, penempatan jari sangatlah berisiko karena variasi nada yang dihasilkan suling berasal dari lubang-lubang yang ditutup dan dibuka, selain itu jika kita bermaksud memainkan nada B tapi salah menutup lubang maka suara yang dimaksud akan gagal.

5. Menggunakan tangan kiri

Untuk yang satu ini mungkin bisa kalian lakukan nanti ketika sudah sedikit paham, kecuali kalian memang kidal dan sudah bisa menggunakan tangan kiri lebih baik.
Tanda apostrof di sudut kanan atas nada ini menunjukan bahwa ini yang mempunyai nada-nada tinggi misalnya :

  • Untuk memainkan nada A gunakan posisi yang sejenis dengan Nada B, tetapi kali ini kalian tempatkan jari tengah kiri ini pada lubang yang ke 2 teratas.
  • Untuk memainkan nada G gunakan posisi tangan yang akan digunaan untuk nada A, meskipun kali ini kalian tempatkan jari manis kiri kalian tepatnya pada lubang ke 3 paling atas

Nada-nada pertama yang baik untuk dipelajari pemula dalam memainkan suling dengan tangan kiri adalah kunci B kemudian C’ dan D’, tetapi temukan sendiri gaya bermain kalian agar tidak terlalu dipaksakan.

6. Memainkan lagu sederhana

Memainkan nada dasar sudah bisa, meletakkan jari sudah benar, artinya kalian sudah siap untuk mencobanya dengan memainkan lagu dasar, misalnya lagu Twinkle Twinkle Little Star

D D A A B B A
G G F# F# E E D

atau Mary Had a Little Lamb

B A G A B B B
A A A
B D’ D’
B A G A B B B
A A B A G

Nah tentu lebih baik jika kalian sudah menyiapkan lagu yang kalian inginkan untuk dipadukan dengan Suling ini. Ingat!, berlatih dengan giat akan membantu kalian untuk bermain lebih baik lagi kedepannya.

7. Berlatih teknik lainnya

Ada beberapa teknik yang mungkin nanti kalian temukan dan merasa kesulitan dalam menguasainya, seperti memainkan nada tinggi, memainkan nada setengah dan teknik glissando. Jangan menyerah dan tetaplah berlatih.

Baca juga: cara memainkan simbal

Selain itu, selalu ingat untuk merawat suling kesayangan kalian. Kami sendiri tidak merekomendasikan meminjam-minjamkan suling kepada orang lain, selain mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (rusak, pecah, dsb), kuman dan bakteri mulut bisa saja menempel di Suling kita.
Dalam bermain alat musik suling, kunci terbesar dalam permainan adalah pernafasan. Jika kita terlalu kencang meniup, suara akan terlalu melengking. Selain itu, sangat disarankan untuk memainkan suling dengan posisi punggung yang tegak.