Cara Memainkan Alat Musik Talempong

Cara memainkan alat musik talempong adalah dengan memukulnya pada bagian yang seperti menonjol. Bentuk dari talempong mirip dengan gong yang di-tidurkan, hal ini memudahkan pemainnya untuk memukul bagian yang nantinya dipukul.

Alat musik talempong adalah salah satu alat musik tradisional Minangkabau yang penggunaannya hampir sama dengan bonang yang ada dalam perangkat gamelan. Alat musik talempong memiliki bentuk yang kecil dan nantinya dijejerkan dengan yang lainnya di sebuah wadah.

Di Negeri tetangga, Malaysia, Talempong memiliki sebutan lain yaitu Caklempong. Penggunaannya-pun sama, suku Minangkabau yang telah melakukan migrasi dari Sumatera Barat-lah yang kemungkinan membawa alat musik ini kesana dan akhirnya berkembang.

Alat musik Talempong

Alat musik talempong yang menjadi salah satu alat musik khas suku Minangkabau merupakan alat musik yang senantiasa hadir dalam berbagai acara penting, seperti Tari piring, tari pasambahan, bahkan sebagai alat musik untuk menyambut tamu istimewa.

Untuk memainkan alat musik ini, seorang pemain dituntut untuk jeli setiap pukulannya karena memang yang nantinya dihadapi bukan hanya 1 buah saja melainkan lebih dari 5 buah alat musik yang disusun rapi berbaris dengan nada yang berbeda-beda.

cara memainkan alat musik talempong
Gambar alat musik Talempong

Dalam penampilannya, alat musik talempong juga biasa diiringi dengan alat musik lainnya seperti akordeon, saluang, serunai dan alat musik tradisional Minang lainnya juga turut meramaikan iringan musik dari talempong.

Cara memainkan alat musik Talempong

Talempong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Talempong mengeluarkan nada, ketika kita memukul bahkan dengan sedikit tenaga nantinya akan menghasilkan suara “ting~” itulah mengapa pemain membutuhkan kejelian ketika sedang memainkan talempong.

Baca juga: cara memainkan bonang

Adapun urutan cara memainkan alat musik talempong, adalah:

  1. Carilah talempong yang sesuai dengan ukuran tangan kalian
  2. Temukan posisi yang pas dengan genggaman dan jepitan jari
  3. Siapkan alat pukul yang tidak terlalu tajam sehingga tidak merusak alat musik
  4. Ikuti ritme dari pemberi intro (tidak perlu jika belajar sendiri)
  5. Berlatih terus dan terus agar semakin mahir

Cara memainkan talempong adalah dengan memukulnya menggunakan alat pukul pada bagian tengahnya (bagian menonjol) untuk menghasilkan suara yang diinginkan. Perlu diperhatikan bahwa alat musik ini menghasilkan nada yang berbeda-beda, tergantung dari teknik memukul, tenaga yang dikeluarkan, dan bahan pembuatnya.

Untuk memainkannya-pun kalian tak perlu susah-susah mencari wadah untuk meletakkan talempong kalian, bisa digantungkan di jari tangan kiri dan memukulnya menggunakan tangan kanan, jadi fleksibel saja tergantung keadaan.

Teknik memainkan alat musik Talempong

Talempong yang kita kenal mungkin berupa seperangkat alat musik yang disusun di atas meja dan didekatkan dengan bahan pembuatannya merupakan campuran dari beberapa jenis logam, seperti tembaga, besi putih dan timah putih. Stik pemukul yang digunakan terbuat dari kayu.

Baca juga: cara memainkan aramba

Tapi kembali lagi ke inti dari pembahasan bahwa cara memainkan alat musik talempong tetap membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tentunya ada beberapa teknik yang bisa teman-teman pembaca pelajari, seperti:

  1. Teknik Tradisional dengan cara dimainkan oleh 2 hingga 3 pemain, masing-masing dari mereka juga memainkan 2 buah talempong yang digantung di jari-jari tangan dan memukulnya menggunakan alat pukul kayu, cara ini memang paling efisien dan tidak terlalu repot.
  2. Teknik Modern yang membutuhkan sebuah meja khusus yang dirancang sedemikian rupa untuk tempat alat musik tersebut, kemudian pemain berdiri sambil memukul dengan menggunakan stiknya, cara ini mungkin terlihat mudah tapi membutuhkan racakan untuk tempat talempong.

Setelah mempelajari teknik dan cara memainkan alat musik talempong, mungkin teman-teman akan semakin tertarik untuk mencoba menerapkan penggunaan alat musik tersebut, seperti ketika upacara adat (pengangkatan penghulu), acara perkawinan, atau sekedar menyambut tamu.

Bentuk dan Penggunaan Talempong

Alat musik talempong berbentuk lingkaran dengan diameter 15 – 17 cm, bagian bawah berlubang dan bagian tengah atasnya terdapat lingkaran yang menonjol dengan diameter 1/3 (se-pertiga) dari besar talempong sebagai bagian yang dipukulnya.

Bentuk dari talempong mirip dengan bonang yang ada pada perangkat instrumen gamelan. Umumnya, talempong terbuat dari bahan kuningan, tapi ada juga yang terbuat dari batu dan kayu. Untuk saat ini lebih banyak yang terbuat dari bahan kuningan

cara memainkan Talempong
Gambar alat musik tradisional Talempong

Selain acara di atas, tak lupa juga ada tari-tarian tradisional yang juga menggunakan alat musik talempong dalam iring-iringannya seperti tari piring, tari pasambahan dan juga tari galombang.

Taleompong adalah sebuah jenis alat musik tradisional yang dipukul dari Suku Minangkabau. Bentuknya hampir mirip dengan instrumen bonang yang dalamnya terdapat  perangkat alat musik gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari bahan kayu dan juga batu.

Dikarenakan zaman yang terus maju dan berkembang, sangatlah mungkin jika alat musik tradisional Sumatera Barat seperti talempong ini akan tergerus waktu. Semoga kita bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya, sekian dan terima kasih.