Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

Cara memainkan alat musik Tamborin adalah dengan cara ditabuh dengan menggunakan tangan. Tamborin memiliki bentuk seperti rebana dan marawis bahkan cara memainkan dan suara yang dihasilkan juga mirip.

Tamborin juga sering dimainkan sebagai alat musik perkusi untuk meramaikan sebuah pementasan / penampilan instrumen musik. Tamborin juga masih termasuk dalam keluarga alat musik membranofon.

Ukuran dari tamborin juga bermacam-macam tergantung kebutuhan, ada yang disebut tamborin anak dan juga tamborin dewasa tergantung dari ukuran dan beratnya, namun untuk pembuatannya sama saja.

Alat musik Tamborin

Menurut Wikipedia, tamborin sudah ditemukan sejak abad ke 17 oleh Mozart yang pertama kali menggunakan alat musik ini pada salah satu instrumen dalam musiknya pada tahun 1782.

Dikarenakan tamborin memiliki simbal mini yang mengelilinginya tiap sisi, tamborin menghasilkan suara gemerincing ketika kita memukulnya.

cara memainkan alat musik tamborin
Gambar alat musik tamborin

Salah satu jenis tamborin lainnya adalah tamborin sabit yang tanpa ada membran untuk dipukul. Penggunaannya memang terlihat lebih sering kita lihat, namun jangan memukulnya terlalu keras karena tangan akan terasa sakit nantinya.

Suara tamborin sabit lebih gemerincing dibandingkan tamborin dengan membran karena memang dibuat untuk meletakkan banyak simbal-simbal kecil di sekeliling bingkainya.

Cara memainkan alat musik Tamborin

Tamborin memiliki lapisan membran sebagai bagian yang dipukul. Selain dipukul, cara memainkan alat musik tamborin juga digoyangkan agar suara gemerincing dari simbal kecil yang menempel.

Baca juga: cara memainkan rebana

Bunyi tamborin dengan selaput hologram lebih nyaring dari pada yang terbuat dari kulit binatang atau plastik transparan. Selain menghasilkan suara dari pukulannya, simbal kecil yang ada di sekeliling bingkai kayunya.

tamborin sabit
Gambar alat musik tamborin tipe sabit

Ada 2 macam cara memainkan alat musik tamborin, yaitu:

  1. Memegang dan menggoyangkan tamborin dengan tangan kiri dan memukulnya dengan tangan kanan, atau sebaliknya
  2. Memegang dan menggoyangkan tamborin dengan tangan kanan dan memukulnya dengan tangan kiri.

Bunyi tamborin dengan selaput hologram lebih nyaring dari pada yang terbuat dari kulit binatang atau plastik transparan. Di beberapa Gereja juga menggunakan alat musik tamborin sebagai bagian dalam pujian dan ibadah mereka tiap minggunya.

Tak ada yang berbeda dari penggunaan tangan, hanyalah kenyamanan saja. Kecuali jika kalian menjadi penari dan membawa tamborin yang mengharuskan memegangnya menggunakan tangan kanan.

Penyebaran alat musik Tamborin

Menurut situs majalah praise, selain berbentuk lingkaran, ada juga yang memiliki bentuk lain mulai dari bulat, segi delapan, bujur sangkar, dan ada juga yang berbentuk setengah lingkaran.

Tamborin memiliki membran pelapis yang terbuat dari kulit sapi atau plastik.

Tamborin juga sudah ada sejak lama. Selain Mozart. Hector Berlioz maupun Igor Stravinsky dengan kelompok baletnya “Petrushka” juga menggunakan alat musik perkusi ini dalam penampilannya.

tamborin double
Gambar alat musik tamborin tipe double

Kalangan militer-pun juga telah menggunakan tamborin pada parade-parade kemiliteran mereka sejak abad ke-19. Tamborin yang awalnya berasal dari Eropa ternyata memiliki kemiripan dengan yang ditemukan di negeri China, India, Peru dan Asia Tengah.

Tamborin yang tradisional awalnya dimainkan oleh kelompok musik yang diyakini berasal dari tentara Turki yang dikenali dengan sebutan Janissaries. Terlepas dari dari mana asalnya, Tamborin juga merupakan salah satu alat musik yang setidaknya kita kenali.

Baiklah, sepertinya itu saja artikel dari alatmusikindonesia.com tentang cara memainkan alat musik tamborin semoga bermanfaat untuk teman yang mencari bacaan atau referensi tugasnya, terimakasih.