Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara memainkan alat musik Tifa adalah dengan memukulnya pada bagian membran yang secara tradisionalnya terbuat dari kulit binatang yang diikat tali dengan kuat. Tifa Maluku dan Papua memiliki beberapa perbedaan.

Tifa merupakan alat musik tradisional Indonesia bagian Timur, terutama daerah Papua dan Maluku. Alat musik tradisional yang dipukul ini terbuat dari kayu yang dibentuk seperti tabung kecil dan sangat tebal.

Tifa menghasilkan suara yang semarak dan seringnya dimainkan secara berkelompok sambil bernyanyi. Alat musik ini juga semakin cantik dengan hiasan yang diukir berbagai ornamen pada bagian luarnya.

Alat musik Tifa

Alat musik tradisional Tifa adalah salah satu alat musik yang sering digunakan masyarakat Papua dalam upacara-upacara besar dan juga untuk mengiringi lagu daerah atau tari-tarian tradisional.

cara memainkan alat musik tifa
Gambar alat musik tradisional Tifa

Beberapa sumber mengatakan bahwa tadinya alat musik pukul ini berasal dari Maluku, kemudian dibawa ke Papua. Namun mengingat bahwa sejarah alat musik ini adalah persepsi masing-masing individu.

Tifa, merupakan alat musik tradisional yang mirip dengan gendang, hanya saja ukurannya lebih kecil dan memanjang. Bagian luarnya diukir dengan ornamen yang menggambarkan kehidupan sukunya.

Cara memainkan alat musik Tifa

Tifa adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Bagian yang dipukulnya terbuat dari kulit binatang seperti, kangguru, rusa dan biawak yang diikatkan dengan kuat pada salah satu ujungnya.

cara memainkan tifa
Gambar alat musik Tifa

Tifa menghasilkan suara yang tidak terlalu kencang namun bisa didengar samar-samar dari kejauhan. Ada beberapa macam alat musik Tifa seperti Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Meskipun kelihatannya Tifa sangatlah langka, sangat disayangkan bukan jika salah satu kesenian daerah ini jika sampai hilang, tetapi dari segi pemainnya pun umumnya orang yang diajarkan secara turun-temurun oleh orang tua mereka.

cara memainkan alat musik pukul tifa
Gambar alat musik pukul Tifa

Setelah sedikit membahas cara memainkan alat musik tifa, kita akan mengenal bagaimana proses pembuatan salah satu alat musik tradisional Maluku dan Papua ini.

Sebelum teman-teman membaca secara ringkas pada bagian ini, keseluruhan proses pembuatan alat musik tifa bisa teman-teman saksikan di youtube dengan judul TIFA Alat Musik Tradisional Papua Pt 02 oleh Kominfo Merauke atau bisa lanjut dengan link di bawah ini

Video pembuatan alat musik Tifa oleh Kominfo Merauke

Proses pembuatan alat musik Tifa

Tifa terbuat dari kayu yang berasal dari pohon susu atau secara bahasa kita kenal dengan pohon Kokota, bisa juga menggunakan kayu waru, Apo dan Kokota ini. Pohon yang akan diambil kayunya adalah yang memiliki diameter 25 hingga 30 cm.

Batang kayu yang dipilih akan dipotong sesuai keinginan pembuatnya, selanjutnya bagian tengahnya akan dilubangi menggunakan linggis yang telah dipanaskan. Proses ini memakan waktu hingga 2 jam atau lebih tergantung panjang alat musiknya.

proses pembuatan tifa
Proses memilih & memotong kayu

Bekas lubang yang terbuat akan dimasukkan dengan bara api dan kemudian ditiup menggunakan corong dari bambu. Proses ini memakan waktu yang sangat lama, setelah itu bagian dalamnya akan dikeruk untuk mengeluarkan ampas yang hangus.

Proses melubangi dan mengeluarkan ampas dilakukan dari kedua sisi batang kayu, dan pembuat akan memangkas kulit pohon sesuai dengan lubang yang telah dibuat. Parang dan pahat atau disebut Baramo memegang peran penting disini.

proses membuat tifa
Proses melubangi

Proses pembuatan badan Tifa yang terbuat dari kayu tersebut bisa memakan waktu hingga 3 hari lamanya, setelah selesai barulah waktunya memasangkan kulit hewan sebagai bagian membran yang dipukul nantinya.

Sebelum memasangkan kulit, permukaan mulut Tifa akan diolesi/digosok dengan kapur yang dicampur dengan putih telur. Bagian yang dipukul berasal dari kulit hewan, seperti Kangguru (saham), biawak atau rusa.

proses pembuatan tifa
Proses memilih & memotong kayu

Setelah terpasang dengan kuat, bagian tersebut akan diikat dengan tali dari pohon waru dan diperkuat dengan lilitan anyaman dari rotan. Setelah terpasang dengan baik, Tifa selanjutnya akan diasapi hingga kulitnya merekat.

Setelah selesai, Empu alat musik ini akan memberikan getah damar di beberapa titik pada membran yang dipukul. Hal ini dilakukan untuk memperindah suara TIfa yang akan dimainkan nanti, tetapi hal ini tidak selalu dilakukan.

Semoga dengan adanya artikel cara memainkan alat musik tifa dan juga gambar pembuatannya menambah wawasan teman-teman pembaca, sekian dan terima kasih.