Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Cara memainkan alat musik triangle adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan stik berukuran kecil yang terbuat dari bahan besi. Suara yang dihasilkan biasanya seperti “ting~“. Triangle termasuk alat musik ritmis dan tidak bernada.

Triangle merupakan salah alat musik jenis ritmis. Sebelumnya saya juga pernah membahas sedikit tentang bagaimana cara memainkan gitar dan tentunya cara memainkan alat musik piano juga.

Selain triangle, ada juga alat musik tradisional yang bisa dibilang alat musik tidak bernada seperti tamborin, marakas, kastanyet dan kongo.

Triangle masih terbilang alat musik modern. Penggunaannya juga bisa ditemukan di beberapa sekolah ketika pelajaran seni.

Alat musik Triangle

Triangle adalah sebuah tipe alat musik idiofon dan termasuk keluarga instrumen perkusi yang terbuat dari metal seperti besi atau berilium copper yang kemudian dibentuk menjadi segitiga. Biasanya di bagian atasnya terikat tali untuk memegang.

cara memainkan alat musik triangle
Gambar alat musik Triangle

Jika dilihat secara seksama, salah satu dari sudutnya pasti ada yang tidak menyatu yang menyebabkan instrumen menjadi tidak stabil dan suaranya berdengung tinggi. Di era modern, triangle tidak berubah bentuknya, yang bervariasi hanyalah alat pukulnya saja.

Cara memainkan alat musik Triangle

Alat musik triangle adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Uniknya ketika kita memukulnya triangle akan bergetar, tapi ketika kita menekan salah satu ujungnya nanti alat musik ini akan berhenti mengeluarkan suara.

Baca juga: cara memainkan pianika

Jarang sekali ada orang yang memainkan alat musik ini secara solo. Jika ada-pun mungkin ia hanya berlatih jam (seorang drumer), triangle tidak terlalu berat dan mudah dibawa-bawa. Alat musik ini berasal dari Inggris dan ada sejak abad ke-16.

Fungsi alat musik Triangle

Dikarenakan triangle termasuk dalam keluarga instrumen musik perkusi jenis idiofon, triangle baru bisa menghasilkan suara ketika dipukul dan bergetar. Beberapa instrumen yang mirip dengan triangle seperti Gong dan Simbal, ketika getarannya dihambat, suaranya akan berkurang.

Penggunaan triangle biasanya hanya sebatas alat musik bantu pada instrumen atau paduan suara. Ada juga yang menggunakannya untuk penentu intro dan mengatur tempo musiknya.

Harga alat musik triangle

Triangle terbuat dari bahan dasar logam semacam besi dan tembaga dan nanti dibentuk menjadi bentuk segitiga dengan salah satu ujungnya yang tidak disatukan.

Di bagian atasnya disediakan lubang untuk diikatkan tali untuk pegangan, jika dilihat dari pasaran di Indonesia, normalnya harga triangle berkisar dari Rp. 100.000 hingga Rp 200.000

Untuk bisa memainkan alat musik dengan baik hanya ada 2 hal yang bisa kita yakini, bakat dan latihan yang konsisten, jika kita tidak memiliki bakat, kita masih bisa mengasah-nya dengan berlatih secara konsisten.

Begitulah sedikit penjelasan tentang cara memainkan alat musik triangle, semoga dapat menambah wawasan kita, sekian dan terima kasih