Fungsi Seni Musik

Musik sudah menjadi hal yang sangat biasa di kehidupan kita sehari-hari, tidak hanya itu fungsi seni musik di era modern seperti saat ini bahkan sudah seperti menjamur di mana-mana, mulai dari tempat perbelanjaan, tetangga, mall mall besar, hingga perlintasan rel kereta api saja bahkan sudah memanfaatkan fungsi seni musik itu sendiri sebagai relaksasi agar pengemudi bersabar.

Adapun poin penting dari artikel ini antara lain membahas seputar:

  • Fungsi seni musik secara umum
  • Fungsi seni musik tradisional
  • Fungsi seni musik nusantara
  • Fungsi seni musik dalam kehidupan sehari hari

Kesenian musik memang sudah ada sejak lama sekali bahkan sebelum adanya istilah “musik” tercipta. Untuk itulah kita mempelajari seputar kesenian musik, kali ini alatmusikindonesia.com akan sedikit mengulas tentang pengertian musik menurut para ahli, fungsi seni musik dan contohnya juga tentunya pembahasan lengkapnya.

fungsi seni musik
Ilustrasi berbagai fungsi musik

Dibawah ini merupakan pengertian seni musik di mata para ahli:

  • Aristoteles mendefinisikan bahwa seni musik merupakan suatu curahan kemampuan tenaga yang asalnya dari gerakan rasa dalam sebuah rentetan nada yang berirama
  • Banoe mengaitkan kesenian musik dengan berbagai macam suara berpola yang dapat dipahami oleh akal manusia
  • Jamalus mengatakan bahwa alunan lagu yang mengekspresikan pikiran maupun rasa melalui unsur musik, entah itu irama, harmoni, lagu, ekspresi ataupun bentuk yang merupakan sebuah kesatuan.
  • Sylado mengutarakan bahwa menurutnya seni musik adalah wujud nyata dari kumpulan ilusi dan alunan suara yang melahirkan nada dan alunan musik yang dapat menggerakkan hati pendengar (penikmat).
  • Schopenhauer mendefinisikan bahwa fungsi seni musik sebagai melodi yang memiliki syair ibaratkan seperti alam semesta.

Fungsi Seni Musik

Musik yang sejatinya telah lahir lama telah berhasil bertahan hingga akhirnya hidup berdampingan dengan manusia, beberapa fungsi dari musik di bawah ini mungkin bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami patah hati atau sedang mencari referensi yang relevan.

Fungsi Seni Musik Secara Umum

fungsi seni musik secara umum
Helikon-Opera | via inyourpocket

Sarana Bisnis

Jika dilihat dari segi keuntungan, peluang bisnis dari industri musik merupakan salah satu industri kreatif yang menguntungkan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang ingin terlibat dalam industri musik. Pendapatan dari bisnis musik ini bisa didapatkan dari merchandise, tiken konser hingga sponsor, meskipun maraknya pembajakan musik yang membuat penjualan rendah.

Sarana Hiburan

Fungsi awal dari sebuah musik ialah sebagai salah satu media penghibur. Seni musik yang dimainkan secara berirama akan menghasilkan suara yang menghibur, beberapa musik juga dapat membangkitkan suasana hati kita yang sedang murung.

Hingga saat ini, telah banyak diadakan konser musik yang pastinya didatangi banyak orang, terlebih jika memang konser musik itu dihardiri oleh penyanyi atau band musik yang terkenal dan sedang naik daun. Disitulah pertanda bahwa orang-orang ini juga mencari hiburan dari musik.

Selain memang fungsinya sebagai penghibur, seni musik juga merupakan pilihan yang baik sebagai hiburan karena orang yang mendengarkan musik biasanya memiliki mood yang stabil. Tapi jangan salah, musik juga bisa menyebabkan orang menjadi malah dalam mengerjakan aktifitas kesehariannya.

Sarana Komersial

Banyak dari musisi dan seniman musik mencoba terjun menjadi mata pencarian mereka. Adanya fame atau ketenaran menjadi kunci utama dari para pemusik. Dari ketenaran inilah pada tiap konser mungkin sering teman-teman lihat beberapa banner dari berbagai jenis produk. Musik yang baik juga biasanya sering dikontrak sebagai musik pengiring sebuah film, televisi, radio, iklan, dan lainnya.

Sarana Pendidikan

Salah satu media yang sangat mudah dan cocok digunakan untuk sarana pendidikan adalah salah satu fungsi seni musik. Biasanya guru kesenian menggunakan metode ini untuk mengajarkan anak didiknya untuk mempelajari alat musik, tak jarang ada juga guru yang memanfaatkan musik sebagai pengiring pembelajarannya. Musik juga bisa diiringi dengan lagu yang berisi nasihat.

Fungsi Seni Musik Tradisional

fungsi seni musik tradisional
Penampilan musik tradisional | via Indonesia36

Ciri Khas Kebudayaan Lokal

Budaya lokal merupakan salah satu hal yang harus dilestarikan, salah satu ciri khas dari kebudayaan lokal ialah dengan adanya musik, biasanya tiap negara di dunia termasuk Indonesia sendiri pastinya memiliki kesenian musik tradisional sebagai salah satu penanda atau ciri khas daerah tersebut. Seakan ketika kita mendengar nama dari alat musik tersebut, kita pasti langsung teringat dengan daerahnya.

Pengiring Tarian

Mengiringi tarian pastilah dengan musik karena memang terasa aneh jika adanya tarian tanpa adanya suara musik atau sekedar perkusi yang terdengar di telinga kita. Musik yang selaras dengan tarian, tidak terlalu monoton, lembut tapi tegas dapat mempengaruhi affection dari penonton sehingga mereka seakan terbawa suasana dan ikut menari.

Sarana Berkomunikasi

Di masa lalu sebelum era yang serba teknologi sepert saat ini. Seni musik seperti memukul Bedug atau Gendang dengan irama tempo tertentu merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dalam jarak yang terdengar. Misalnya ketika adanya pesta desa, nikahan daerah, atau memanggil warga untuk berkumpul.

Sarana Ritual

Salah satu fungsi yang unik dan mungkin masih ada adalah fungsi seni musik sebagai ritual. Di beberapa daerah yang masih memiliki kepercayaan akan ritual keagamaannya, mereka biasanya memanfaatkan alat musik sebagai pengiringnya dengan tujuan para pengikutnya dapat menjalani ritual dengan lebih serius dan khidmat.

Salah satu kepercayaan yang masih memanfaatkan fungsi seni musik ini adalah umat Hindu di Bali. Beberapa daerah lainnya juga ikut menggunakan musik ketika menyambut kelahiran, hari raya, perayaan pernikahan hingga dalam musik gamelan khas Bali.

Fungsi Seni Musik Nusantara

fungsi seni musik nusantara
Kumpulan anak yang sedang bermain musik | via flickr

Melambangkan Sesuatu

Tempo dan irama musik yang digunakan bisa digunakan oleh seorang pemusik untuk melambangkan sebuah keadaan, semisal ketika tempo nya bernuansa lambat dan menggunakan nada tinggi yang melambangkan kesedihan. Musik dengan penggunaan alat tertentu juga bisa melambangkan sebuah negara atau daerah seperti penggunaan marakas pada tarian di negara tertentu.

Pengiring Kegiatan Upacara

Hampir di seluruh sekolah dengan tingkatan minimal menengah pertama pastinya sudah mulai untuk melakukan upacara pagi tiap harinya. Salah satu fungsi seni musik adalah sebagai pengiring lagu kebangsaan yang biasanya dinyanyikan saat pengibaran bendera.

Bahkan di daerah tertentu ada juga jenis upacara lain yang bersifat magis dan juga memanfaatkan fungsi dari alat musik ini sebagai pengiring upacara mereka tersebut. Mereka masih meyakini bahwa alat musik tertentu memiliki kekuatan magis yang tinggi.

Pengiring Pertunjukan

Di Indonesia, sebuah pertunjukan seperti pentas drama atau drama musikal selalu mampu menghipnotis penontonnya agar selalu terpaku pada jalannya acara. Fungsi seni musik inilah yang dimanfaatkan oleh pembuat pertunjukan untuk menambah kesan pada pertunjukan yang digelar dan membuat penonton lebih memahami kondisi yang digambarkan.

Penyambutan Tamu

Di daerah tertentu, terutama daerah yang masih desa. Ada sebuah moment atau saat-saat tertentu dimana kesenian musik digunakan untuk penyambutan tamu, apalagi tamu penting seperti kepala daerah. Musik lokal biasanya juga digunakan untuk penyambutannya.

Sebagai contoh kita bisa melihat penggunaan musik pada pertandingan sepak bola, ketika para pemain lawan yang datang hendak masuk lapangan.

Sarana Tari

Kesenian tari daerah juga masih sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan fungsi seni musik nusantara. Keduanya seakan menjadi 1 paket lengkap yang tak mungkin lagi bisa dipisahkan. Kesenian tari dan musik sama-sama memiliki pola dan ritme tertentu yang saling mengisi satu sama lainnya.

Seni tari tanpa musik sangat tidak sempurna, dan seni musik tanpa tarian akan terasa membosankan lama kelamaan. Selain itu, tempo dari musik dan penggunaan nada juga membantu seorang penari dalam menemukan dan menggunakan gerakannya.

Fungsi seni musik dalam kehidupan sehari hari

fungsi seni musik tradisional dalam kehidupan
Pertunjukan musik tradisional | via wikiwand

Memeriahkan Acara

Memeriahkan acara dan mengisi rasa sepi merupakan hal mudah jika kita mengenal musik. Dengan adanya musik, suasana akan terasa lebih rama dan kita tidak akan merasa sendirian. Terkadang saat kita melakukan perjalanan jauh juga akan merasa bosan jika tanpa adanya suara musik di kendaraan kita bukan?

Pengiring Kegiatan Olahraga

Mungkin teman-teman yang sekolah di era modern seperti sekarang tidak bisa merasakan lagi asiknya melakukan senam pagi di sekolah. Pemanfaatan fungsi seni musik selanjutnya adalah sebagai pengiring olahraga, sebagai contoh mudahnya teman-teman bisa melihat tiap adanya poco-poco pasti dan pasti ada musik untuk mengiringi.

Peningkat Kecerdasan

Beberapa orang meyakini bahwa mendengarkan musik dengan volume dan tingkatan frekuensi tertentu dapat meningkatkan kualitas dari kerja otak, tak hanya mendengarkan, orang yang pandai bermain musik juga biasanya memiliki reflek yang baik juga. Tak jarang ada juga orang tua yang mendengarkan musik klasik halus untuk bayi kecil mereka.

Sarana Ekspresi Diri

Terkadang kita merasa stress, tertekan, dan merasa jatuh hingga akhirnya kita harus mendengarkan musik untuk membuat suasana menjadi lebih baik. Musik memberikan kita dorongan untuk lebih ekspresif, nada-nada pada musik juga mewakili ekspresi dari pembuat /penyanyinya.

Sarana Mengungkapkan Emosi

Melupakan emosi dalam musik entah itu menyanyikan lagu atau bahkan menulis sebuah lirik lagu merupakan salah satu cara yang baik karena tidak merugikan orang lain. Beberapa orang mencoba mengalihkan emosi mereka dengan mendengarkan musik Pop. Mendengarkan musik dengan nuansa musik tertentu juga bisa mengubah suasana hati.

Sarana Penenang Jiwa

Beberapa seni musik berbentuk melodi ringan lembut dan enak didengar telinga dapat membantu tubuh untuk lebih rileks saat beristirahat. Kalian bisa juga mencoba mendengar musik relaksasi. Alunan musik dengan tempo tertentu juga cocok untuk mediasi atau melakukan yoga.

Sarana Terapi

Terapi dengan menggunakan musik saat ini mungkin sudah sangat banyak, mengenal penggunaan teknologi yang semakin mudah dan efisien. Pada zaman dulunya, musik digunakan untuk melakuan terapi pada korban peperangan, penyakit mental hingga penyakit pikiran lainnya dengan harapan dapat menyegarkan sistem kerja otak kembali seperti semula.

Fungsi Seni Musik di Masyarakat

fungsi seni musik di masyarakat
Penampilan musik daerah | via wikiwand

Adapun beberapa fungsi seni musik yang belum sempat dijelaskan di atas, antara lain:

Kejiwaan (Psikologis)

Tentu banyak dari kita yang pernah, sering atau bahkan sedang menghadapi rasa galau atau sedih karena sesuatu atau kondisi sekitar. Jika digunakan dengan benar, salah satu fungsi seni musik juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan suasana atau bahkan semakin menurunkan semangat orang. Misalnya adanya lagu dengan nada mellow ada juga yang berjenis EDM.

Pendidikan (Pedagogis)

Seni musik yang dapat membangkitkan semangat atau dapat digunakan sebagai ladang uang, juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar mengajar dalam dunia pendidikan, misalnya ketika kita masih di Kindergaten School atau masa kecil saat masih di PAUD atau TK, musik anak-anak membuat kita lebih mengerti dan menghafal huruf.

Sosiologis

Salah satu fungsi seni musik dari segi sosiologis bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, kesenian ini bisa dimanfaatkan oleh orang media untuk menggait minat pendengar dan penonton karena dari keunikan dalam mengiringi sebuah acara.

Kebudayaan (Kultural)

Harga dari sebuah kesenian musik jika dilihat dari segi kultural sangatlah mahal karena nilai seni ini tak ternilai dengan apapun. Kebudayaan lokal yang telah ada sejak dulu haruslah tetap dilestarikan.

Sejarah (Historis)

Beberapa waktu yang lalu kita sempat melihat atau membaca penemuan tentang fosil dari makhluk zaman dulu. Jika kita menelusuri lebih dalam, musik juga telah digunakan sejak zaman dulu terlebih jika kita menyukai dokumenter tentang lukisan goa yang menggambarkan penggunaan sejenis benda yang dipukul yang dipercaya adalah alat musik zaman dulu

Bagaimana fungsi seni musik menurut anda? tentunya pendapat anda juga merupakan pandangan tersendiri tentang musik dan fungsinya, apa-pun itu tidak akan ada kata salah dalam pembahasan “Opini”. Di sinilah akhir dari artikel saya tentang fungsi seni musik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama, terima kasih.